Langsung ke konten utama

Postingan

Harus Di Paksa Untuk Selalu Bersyukur oleh Atasan

Suatu waktu di sebuah perusahaan. Baru tersadar, kenapa Allah menempatkan saya disini. Ternyata saya memang kurang bersyukur. Sehingga saya harus banyak belajar ngelafazkan rasa syukur. Saya di perusahaan ini seolah-olah di paksa untuk ucapkan rasa syukur atas apa saja yang saya alami setiap harinya. Bayangkan saja, setiap sebelum tidur saya harus WA di Group yang ada atasan saya, apa saja yang harus saya syukuri atas hari-hari yang sudah dilewati. Minimal setiap harinya 9 poin. Jika pada malam itu saya tidak mengirimkan postingan WA tersebut, maka besoknya saya harus bayar denda Rp. 5.000,- kepada atasan saya. Pada awalnya saya amat bingung apa saja poin syukur yang mesti saya tuliskan. Rasanya dalam sehari itu tidak banyak kejadian yang perlu saya syukuri. Pada hari kedua saya semakin terlatih untuk membuat poin-poin hal yang mesti saya syukuri. Hari pertama 9 poin rasanya lama banget memikirkan dan menuliskannya. Pada hari kedua, sudah mulai terlihat 9 poin saja tidak cukup. Banyak

Pengalaman Pertama Kirim Paket Lewat Jalur Darat via Aplikasi Trawlbens.id

Suatu malam, saya keluar dari rumah hendak membeli nasi goreng langganan. Gerobak si abang penjual nasi goreng tersebut berada di pinggir jalan utama. Ketika saya ingin melintas jalanan utama, saya sempat terhenti melihat satu unit mobil CDD yang bermerek trawlbens.id , logonya berwarna merah. Saya pikir ini kemungkinan ekspedisi baru lagi nih, sahut saya pada istri yang waktu itu juga pengen ikut keluar beli nasi goreng. Beberapa waktu kemudian saya iseng dan cek, ternyata betul. Trawlbens.id ternyata sebuah start up cargo darat, penggunaannya full via aplikasi. Biasanya kalau saya ingin kirim paket ke Padang atau ke Jambi dari Jakarta, saya tinggal WA, nanti akan ada kurir yang datang menjemput, kemudian saya bayar transfer baru paket di berangkatkan. Namun, via trawlbens.id ini kita kudu install aplikasi dahulu dari playstore. Untuk Appstore mereka masih pengembangan ya (Agustus 2021). Info CS-nya yang saya hubungi di nomor 081399000000 mungkin sekitar 1-2 bulan lagi baru sudah te

Jangan Meremehkan Email Penawaran

Saya mulai berkantor di kantor pusat bertepatan seminggu Jakarta akan di lockdown. Otomatis ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya, bagaimana bisa mendapatkan klien dengan akses yang terbatas. Ketika di coba untuk menghubungi langsung kantor calon klien, banyak yang tidak mengangkat. Toh, kalau pun ada yang mengangkat, kebanyakan orang yang di tuju sedang WFH. Untuk jadwal masuk banyak yang tidak saling mengetahui, karena resepsionis sebagai pengangkat telpon kantor juga tidak hafal jadwal orang yang dituju. Yang mengetahui jadwal WFH orang yang saya tuju mungkin hanya orang satu tim dengan beliau. Akhirnya, sejak saat itu saya mulai intensif menyusun penawaran kerjasama yang saya ramu berdasarkan kebutuhan klien.  Misalkan untuk online, begini bunyi penawarannya. Instansi pemerintah, begini postingan tulisan penawarannya. Adapun untuk enabler, marketplace begini model email penawarannya. Setelah database email atau WA saya kumpulkan sesuai dengan jenis usaha masing-masing calon kl

Tim Pemburu Status

Dahulu pada saat saya masih di cabang, ada satu orang pegawai yang ditugaskan untuk melakukan push ke tim delivery. Mulai pagi sampai sore, beliau di tugaskan untuk memastikan proses delivery selalu bergerak atau berubah. Jika statusnya masih itu-itu saja sampai berhari-hari, berarti ini tentunya pasti terdapat sebuah persoalan. Jika tidak diatas sedari dini, maka dapat dipastikan komplenan akan semakin datang bertubi menghajar cabang. Saya jadi ingat cerita dari suami adik ipar saya. Beliau kebetulan juga berkerja sebagai driver di perusahaan ekspedisi pesaing kami. Bagaimana proses beliau bekerja di sana, setiap saat di pantau dan di awasi statusnya.    Jika dalam sekian jam belum ada perubahan, maka akan muncul bunyai ting..ting..ting, group wa akan heboh sampai status berhasil di update. Jika belum juga dan melewati waktu yang ditentukan, bisa dipastikan akan keluar kata-kata kerja lelet, kerja tidak becus. Besoknya tinggal tunggu surat cinta dari atasan. Itulah dia tim pemburu sta

Salah Satu Strategi Jitu Dalam Menambah Loadment Kiriman Pada Satu Klien

  Dahulu sewaktu saya masih menjadi sales ekspedisi pada salah satu cabang perusahaan tempat saya bekerja saat ini. Saya banyak mendapatkan klien baik klien perseorangan atau pun perusahaan termasuk instansi pemerintah. Pesaingan pada industri jasa pengiriman sangatlah ketat, terlebih lagi pada saat ini banyak bermunculan perusahaan yang sejenis dengan kapital yang lebih gede, serta teknologi yang lebih mumpuni.   Saya banyak banget mendapatkan klien yang beranekaragam jenis dan kebutuhan pengiriman mereka. Sehingga saya bisa hafal diluar kepala apa saja yang mereka butuhkan, dan dari kebutuhan tersebut saya bisa meracik layanan komprehensif yang bisa kita sajikan.   Rerata bagi perusahaan jasa pengiriman yang baru muncul tidak akan mudah bisa masuk ke klien. Butuh waktu yang tidak singkat, serta strategi yang tepat hingga bisa masuk dan “klik” dengan klien.   Salah satu klien saya sebuah perusahaan asuransi milik BUMN.   Awalnya mereka sudah memiliki dua vendor jasa pengiriman, satu m

Klien Lempar Tanggungjawab Soal Pembayaran Invoice Perusahaan

Sore ini selepas sholat Ashar, dan sembari menunggu mesin cuci selesai berputar, masuk sebuah chat WA di hp. Seketika langsung saya lihat dan ternyata dari klien yang menunggak pembayaran perusahaan tempat saya bekerja. Mereka adalah klien online. Awal mula bekerjasama saya tektokan dengan Person in Charge mereka di Jakarta. Saya kira dari bahasanya beliau yang punyai usaha ini, sampai pernah bilang,” apakah bisa juga gudang saya di Jember, bekerjasama juga dengan perusahaan bapak? “ Bisa sahut saja seketika. Saya juga mengira bahwa  PIC mereka di jember adalah saudara klien saya yang di Jakarta ini. Apalagi semua pembayaran dan lari uang CODnya ke rekening PIC yang di Jember semua. Selepas lebaran kemaren, ternyata mereka keluar dari group klien dan perusahaan saya, lantas saya cari info dong, kenapa keluar begitu saja tanpa permisi dan penjelasan.  Sebelum saya hubungi kedua PIC ini, saya hubungi dahulu staf mereka yang Alhamdulillah masih saya simpan nomornya hingga saat ini. Dari h

7 Sumber Inovasi

Pada malam yang hening ini, saking heningnya hembusan AC ½ PK terasa kencang meniup dan mendinginkan badan.  Sendirian di kamar, sambil menunggu istri pulang dari yasinan, waktu luang dimanfaatkan untuk membaca buku. Kali ini melanjutkan buku yang sudah diangsur dibaca sejak kemaren yang berjudul “ Agar Kamu Menjadi Pribadi Kreatif, ” karya Risye Amarta, terbitan Sinar Kejora, cetakan pertama Oktober 2013. Saya pun tidak tahu ini buku dari siapa sehingga datang ke rumah, namun yang jelas buku ini ditemukan bersama beberapa buku lainnya pada kotak box, peninggalan adik ipar yang sudah pindah ke Palembang.  Memang buku terbitan lama, namun ada beberapa “Aha” yang harus dicatat kembali dan di posting pada blog ini agar bisa melekat di ingatan diri. Istilah kreativitas merupakan proses timbulnya ide baru, sedangkan inovasi adalah pengimplementasian ide itu sehingga dapat mengubah dunia.  Kreativitas hanya membuat perbedaan, sedangkan inovasi membuat perbedaan tersebut memiliki nilai komers