Langsung ke konten utama

Pengalaman Pertama Kirim Paket Lewat Jalur Darat via Aplikasi Trawlbens.id

Suatu malam, saya keluar dari rumah hendak membeli nasi goreng langganan. Gerobak si abang penjual nasi goreng tersebut berada di pinggir jalan utama.

Ketika saya ingin melintas jalanan utama, saya sempat terhenti melihat satu unit mobil CDD yang bermerek trawlbens.id, logonya berwarna merah. Saya pikir ini kemungkinan ekspedisi baru lagi nih, sahut saya pada istri yang waktu itu juga pengen ikut keluar beli nasi goreng.

Beberapa waktu kemudian saya iseng dan cek, ternyata betul. Trawlbens.id ternyata sebuah start up cargo darat, penggunaannya full via aplikasi.

Biasanya kalau saya ingin kirim paket ke Padang atau ke Jambi dari Jakarta, saya tinggal WA, nanti akan ada kurir yang datang menjemput, kemudian saya bayar transfer baru paket di berangkatkan.

Namun, via trawlbens.id ini kita kudu install aplikasi dahulu dari playstore. Untuk Appstore mereka masih pengembangan ya (Agustus 2021). Info CS-nya yang saya hubungi di nomor 081399000000 mungkin sekitar 1-2 bulan lagi baru sudah tersedia di Ios.

Saking penasarannya saya coba lah nih aplikasi. Selesai install, kita wajib daftar dahulu. Tinggal input nama lengkap, email, nomor WA, kata sandi dan ulangi kata sandi, kemudian centang "Saya Menyetujui Ketentuan Layanan dan Kebijakan Privasi." Terus pencet tombol daftar deh.

Nanti akan masuk ke sms nomor notifikasi kita, dan input nomor di aplikasi trawlbens.id setelah itu kita sudah bisa gunakan aplikasi untuk pengiriman.

Layanan Trawlbens.id ini sebenarnya ada delapan, yaitu Trawlpack, Trawlmover, Trawlcarrier, Trawlheavy, Trawlfeet, Trawltruck, Trawlboat, dan Trawlexim. Setelah saya coba pencet semua yang baru bisa digunakan yaitu Trawlpack. Selebihnya masih bertuliskan, “Kami sedang menyiapkan sesuatu”.

Sehubungan dengan rencana saya kirim koper orang tua ke Padang dan kirim koper satu lagi ke adek di Jambi. Beratnya kisaran 8 dan 12 Kg.  Jika dikirimkan via darat kan lumayan gede nih ongkos kirimnya. Ini sifatnya juga gak terlalu urgent. Maka saya coba kirim koper tersebut dengan aplikasi ini. Saking sering saya kirim paket ke Padang dan Jambi, sehingga berapa tarif baik layanan udara dan darat saya jadi hafal.

Karena kita kirimnya paket, maka menu yang di pencet pada aplikasi yaitu trawlpack. Setelah itu, akan muncul nama pengirim, nomor hp, kota/kab. Asal, alamat lengkap serta lokasi penjemputan dalam bentuk maps. Jadi nanti, kurir akan mengetahui share location kita secara langsung. Wah, mantap nih.

Di bawahnya kita juga input nama penerima, nomor HP penerima, provinsi tujuan, kota/kab. Tujuan, kecamatan, kelurahan dan alamat lengkap. Nah, untuk kode pos gak perlu diisi ya, karena udah otomastis terisi sendiri. Udah lengkap input semua, langsung tekan tombol lanjut.

Setelah pencet lanjut, nanti akan keluar detail barang, kita pencet tambah barang. Isikan deskripsi barang apa. Perkiraan panjang, lebar dan tinggi, serta perkiraan beratnya berapa. Perkiraan saja ya. Input juga jumlah paket yang akan dikirimkan untuk satu alamat tersebut berapa banyaknya. Lanjut jangan lupa cantumkan juga perkiraan harga satuan barang. Kita juga bisa centang ganti rugi 90% dengan biaya premi yang murah banget yaitu 0,2% dari nilai paket yang kita cantumkan. Kemudian pencet tombol simpan.

Dibawah tombol simpan, nanti ada logo foto barang, pencet tombol tambah dan kita foto paket yang akan dikirimkan. Setelah foto disimpan, nanti akan ada rekomendasi armada penjemputan. Ini secara otomatis kita hanya bisa pilih armada yang lebih besar dari paket yang kita ambil.

Karena saya kirim koper dua untuk dua tujuan, maka saya pilih armada penjemputan yaitu MPV. Kalau hanya satu koper tentu saya bisa centang BIKE untuk armada penjemputannya. Setelah diisi tinggal lanjut.

Nah, kita tinggal tunggu kurir datang melakukan penjemputan. Biasanya beberapa waktu setelah itu, kita akan dihubungi kurir atas pesanan tersebut dan memberikan estimasi waktu jemputan paket.

Apakah kita langsung bayar saat kurir jemput?

Kita gak perlu siapkan duit ongkir dulu. Biarkan kurir bawa paket kita dahulu. Nanti mereka akan timbang dan foto berapa berat paketnya. Termasuk ukuran paket akan diperbaharui, yang tadinya kita hanya memperkirakan saja.

Setelah mereka timbang di kantornya, akan muncul notifikasi kembali di hp kita. Beratnya aktualnya berapa, dimensi aktualnya berapa, berat volumenya juga berapa. Jika berat volume terbesar maka sistem akan ambil berat tersebut. Berat aktual koper saya ternyata Cuma 8 Kg, dihitung volume ternyata jadi 12 Kg. Setelah udah keluar beratnya, dan total ongkos kirim, kita hanya perlu mencet tombol setuju dan memilih menu pembayaran.

Pembayarannya saat ini dengan virtual account, Mandiri, BNI, BRI dan Qris. Karena rekening utama saya di Bank Mandiri, maka saya pilih virtual account Bank Mandiri.

Sebelum ke aplikasi mobile mandiri, saya pencet dulu salin nomor virtual accoutnya. Kemudian buka aplikasi mandiri mobile dan pilih menu pembayaran.

Setelah itu pilih buat pembayaran baru dan pilih multipayment. Kemudian pilih sumber rekening. Pencet penyedia jasa dan input Fastpay dan cantumkan nomor virtual account, kemudian isi keterangan dengan nomor virtual account tersebut dan keluar angka tagihan terus pencet deh, masukkan pin transaksi selesai.

Untuk bukti transfer kita gak perlu kirimkan lagi. Secara otomatis nanti pada aplikasi trawlbens.id akan tertulis pembayaran berhasil dan paket dip roses pengiriman.

Mungkin karena baru coba dan pengalaman pertama, maka langkah demi langkahnya kelihatan agak panjang. Namun, dari sini lain ini prosesnya sangat transparan, beratnya kelihatan dan ada foto pendukung.

Pembayarannya mudah langsung by sistem, serta resinya akan nonggol otomatis di menu historynya. Termasuk tidak perlu catat ini dan itu. Dimenu history ini juga kelihatan langsung posisi paket udah dimana. Termasuk semua paket yang kita kirimkan pada hari itu. Kelihatan pergerakan paketnya.

Makanya disini, customer yang kirim diminta untuk install aplikasi agar mempermudah transaksi dan juga memonitor pengiriman paket mereka masing-masing.

Bagi hpnya yang belum atau tidak support bisa gunakan HP suami, istri anak dan teman-teman lainnya.

Otomatis, gak perlu hubungi kantor dan karyawannya trawlbens.id, karena sangat mudah aksesnya, semua orang pasti bisa gunakan, semudah gunakan aplikasi gojek.

Nih, bagi yang mau ada pengiriman paket via darat dari Jabodetabek kemana saja, silahkan coba deh trawlbens.id. Info lebih lanjut silahkan ke CS mereka ya di nomor 081399000000.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Pertama Ganti Regulator Gas

Sudah tiga hari kami tidak bisa masak di rumah. Kompor gas di rumah tidak bisa menyala. Ketika tabung gas yang habis kami ganti, pas mau pasang tabung yang baru, selalu ada bunyi sssssssts.... Ini pertama saya mengalami hal seperti ini, biasanya pas pasang pertama keluar bunyi seperti itu, dibuka dan coba lagi pasang gak ada bunyi untuk yang kedua. Namun kali ini, sudah berkali-kali di coba tetap saja keluar bunyi mendesis dan tercium aroma gas di dapur. Regulator yang kami gunakan sejak awal pasang kompor gas di rumah bermerek Star Cam seperti gambar di atas. Produk ini sangat bagus dan gampang pasangnya, namun untuk tabung gas yang berisi 3 kilo. Ketika tabungnya bentuk pegangannya tidak sesuai ukuran lekukannya atau mungkin penyok, maka agak sulit memasang regulator tersebut yang sesuai presisi. Sehingga, saya sering meluruskan dulu gagang tabung gas, dengan memukul dengan palu atau batu. Ketika regulator gak lurus pasangnya, sering terdengar suara mendesis...issst dan tercium b

Cara Cek Kiriman Standar Express untuk Penerimanya di Padang

Saya sering kali mendapatkan telpon dari sipenerima paket Standard Express untuk penerima dalam Sumatera Barat . Tidak hanya ke nomor pribadi saya, ke kantor SAP Express yang beralamat di jl. Jhoni Anwar No. Q 8 Ulak Karang Padang juga begitu, terlebih ke nomor telpon kantor 0751-446508. Setiap kali sipenerima bilang standard express, CS SAP Express langsung bilang saja, maaf salah sambung, Ini kantor SAP Express.  Ada juga yang ngotot dan menghubungi saya kembali dari nomor telpon yang berbeda. Lalu, saya jawab lagi, maaf Bu, sudah saya sampaikan bahwa kami bukan Standard Express, tetapi kami adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Kalau yang Ibu tanyakan tadi, mohon maaf saya tidak mengetahui. Memang benar, saya belum pernah mendengar apa itu ekspedisi Standard Express, apalagi untuk posisi kantornya di Padang saya belum pernah lihat.  Kemungkinan mereka baru menggunakan vendor lokal atau nebeng kirim paket melalui ekspedisi lainnya. Saking sering kena telpon seperti itu, saya

Pengalaman Perdana Ikut Gurah Kesehatan

Tadi malam saya pertama kali mengikuti gurah kesehatan. Informasi tentang apa itu gurah dan manfaatnya sebenarnya sudah sejak se bulan yang lalu, info ini diberitahukan oleh Arif serta Ayahnya pada ku. Namun, karena sehubungan dengan bulan puasa, makanya kegiatan gurah ditiadakan pada saat itu, dan habis lebaran diadakan kembali. Kegiatan gurah kesehatan ini aku ikuti di Miftahussyifa, sebuah pondok pengobatan alternatif. Mulai dari pengobatan bio energy, totok wajah, gurah dan steam mata, gurah kesehatan serta bekam tersedia di sana, begitu juga dengan obat-obatan herbal yang di racik sendiri oleh Yayasan Miftahussyifa Bengkulu. Ketika saya bertanya ke salah satu terapisnya, yayasan Miftahusyifa ini sudah ada cabang se Sumatera dan Jawa, dan pusatnya di Bengkulu. Untuk di Padang saja stafnya kurang lebih 10 orang dengan keahlian yang berbeda-beda.  Untuk berobat pun di sini tidak ada dipungut biaya, namun hanya disediakan kotak sedekah, kita tinggal isi kotak sedekah te