Langsung ke konten utama

Postingan

Dotco Express, Tingkatkan Sistem IT Untuk Pengiriman Dokumen Dalam Jumlah Banyak

Berkaca dari pengalaman sebelumnya di beberapa perusahaan ekspedisi, salah satu market yang kami sasar adalah kiriman dokumen perkantoran.  Biasanya pengiriman dokumen perkantoran ini sangat banyak untuk sekali kirim. Ada pengiriman untuk internal mereka, namun lebih banyak lagi ke customer atau pihak eksternal mereka. Pernah suatu ketika, di perusahaan ekspedisi lama tempat kami pernah berkarir diamanahkan dalam satu pengiriman lebih dari ribuan dokumen. Tidak semua ekspedisi yang bisa melakukan input dalam satu hari tersebut. Pastinya mereka akan meminta softcopy pengiriman, jika input manual maka pengiriman tidak akan bisa terlaksana pada hari tersebut. Mereka akan butuh beberapa hari hanya untuk melakukan penginputan dokumen saja. Dahulu kami memiliki cara dan teknik agar bisa melakukan penginputan ribuan dokumen dengan manual, lengkap dengan nomor surat (jika ada), pic pengirim serta divisi yang melakukan pengiriman pada klien tersebut. Syukur-syukur jika ada softcopy tentu pengin

Perkenalan Pertama Dengan Pak Willi Founder dan Direktur Utama Dotco Express - Pt. Bangkit Logistik Indonesia

Suatu hari di masa silam, masih sebagai agen sebuah perusahaan asuransi. Saya blank , tidak tahu mau hendak ke mana. Setelah penolakan berkali-kali di pagi sampai siang hari itu. Kebetulan pada saat itu saya sudah berada di dekat Jalan Juanda. Jadi teringat satu klien saat di bank sebelum saya berjuang di perusahaan asuransi. Dari posisi pada saat itu,  jarak ke sana palingan sekitar 10 menit dengan motor. Cus langsung saja saya meluncur ke sana, minimal adem kan diri dari panasnya sengitan matahari. Akhirnya saya bertemu dengan klien lama di perbankan, dia pun juga sudah mengetahui bahwa saat ini saya sudah di asuransi dan resign dari bank. Sambil berbincang-bincang dan mengali informasi dari beliau, siapa kira-kira yang bisa saya dekati untuk jualan asuransi. Sambil berbincang, datang lah seorang lelaki ke kantor tersebut. “Put, seperti biasa,” sambil memberikan sebuah kartu kredit ke klien saya tersebut, dan beliau pun langsung mengambil kursi di depan saya. Akhirnya saya dikenalkan

Memulai Usaha Jasa Ekspedisi Bersama Dua Orang Rekan

Bismillah, pada Juli 2022 resmi berdiri sebuah perusahaan dengan nama Pt. Bangkit Logistik Indonesia, dengan mengusung Brand “Dotco Express.” Perusahaan ini bergerak di bidang ekspedisi, logistik, mailroom dan fulfillment. Saya bersama kedua orang teman, yaitu Wili dan Dimos, berupaya mendirikan perusahaan ini untuk membantu membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya, serta menjadi sarana bagi kami untuk membangun kampung halaman. Bagi saya dan dimos, bagaimana kami bisa kembali ke kampung dengan usaha sendiri, serta dekat dengan orang tua kami masing-masing. Pengalaman pak Wili sudah puluhan tahun di dunia kurir, memulai dari kurir dan staf operasional sampai amanah terakhir beliau sebagai kepala cabang yang pernah menghandle 120 orang lebih karyawan, dan membawahi sampai 7 sub cabang sebuah brand ekspedisi di Sumatera Barat. Ada 4 perusahaan ekspedisi yang pernah di percayai kepada beliau. Sedangkan Dimos, memulai karir dari sebuah ekspedisi TIKI, hingga pernah di perusahaan agregator

Pengalaman Satu Bulan Sebagai Sales Korporat JDL Express Indonesia

Saya baru hampir satu bulan sebagai Sales Koprorat di JX yang sekarang sudah rebranding menjadi JDL Express Indonesia . Dibandingkan perusahaan lama, ada beberapa hal unik yang saya temukan di sini. Berdasarkan pengalaman saya di dunia ekspedisi yang sudah memasuki tahun ke-7, hal unik JDL Express ini saya sangat yakin akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi para mitranya. Invoice Tanpa Minimum Bisa dikatakan saat ini sudah tidak ada lagi layanan korporat di berbagai perusahaan ekspedisi tanpa minimum invoice untuk pembayaran bulanan (tempo). Apalagi ekspedisi yang sudah memiliki gerai atau retail yang banyak.  Biasanya jika ada seller atau klien yang ingin kirim namun jumlah kiriman masih sedikit, pasti akan diarahkan ke gerai atau retail mereka terdekat. Berbeda dengan JDL Express, Seller yang baru buka usaha, atau pun mau coba-coba kirim dan manfaatkan layanan JDL Express bisa mendapatkan layanan korporat tanpa minimum invoice.  Termasuk juga perkantoran atau pun perusahaan ya

Ikut Serta Kegiatan JX Mengaji

Informasi JX mengaji sudah di emailkan ke seluruh karyawan sejak senin kemaren. Kayaknya ini perusahaan seperti sekolah atau kuliah aja deh, banyak kegiatan ekstra kurikulernya. Mantap juga.  Pas banget hari ini kerjaan saya sudah selesai semua. Bagi saya yang baru belum sampai 1 bulan bergabung di ekspedisi JX, apalagi dengan posisi sebagai sales, tentu kerjaan memperbanyak kegiatan prospek. Kirim penawaran ke perusahaan A, perusahaan B, sampai perusahaan Z.  Database yang dicari diinternet sudah ditembakin penawaran semua. Tinggal tunggu respon satu per satu dan di follow up kembali pada minggu depan.  Sehubungan juga pada hari ini dalam kondisi WFH, kudu mandi tepat waktu nih. Pas juga pada pukul 16.30 – 17.30 Wib ada kegiatan JX Mengaji, sekalian ikut ah, sambil hidangkan segelas kopi hitam.  Saking getolnya tim Dynamic Culture, hampir setiap hari kirim email untuk ingatkan kegiatan JX mengaji ini. Salut deh.  Lumayan juga yang hadir ada sekitar 35 orang pada kegiatan mengaji ini.

Rebranding JX Menjadi JDL Express Indonesia

Perusahaan ekspedisi Jaya Express Transindo, yang selama ini dikenal sebagai JX sudah melakukan rebranding menjadi JDL Express Indonesia pada Senin tanggal 21 Maret 2022.  Pt. Jaya Express Transindo sendiri sudah beroperasi sejak tahun 2015.   Barry Lim selaku CEO Pt. Jaya Express Transindo dalam CEO Note yang diterbitkan pada tanggal yang sama menyampaikan beberapa poin :  JDL Express Indonesia kini berada di bawah naungan langsung JD.com dan didukung penuh oleh JD Logistics.  Dukungan kedua perusahaan JD.com dan JD logistics, JDL Express Indonesia akan mengembangkan layanan penyedia logistik dengan meningkatkan akses yang lebih luas dan pilihan layanan yang lebih lengkap bagi para pemilik bisnis online dan klien korporasi melalui layanan yang holistik.  Brand Identity yang merah menyala menjadi symbol semangat JDL Express Indonesia untuk lebih giat dan fokus melayani bisnis mitra. Perubahan brand ini tidak berdampak apapun terhadap sistem operasional, penamaan badan hukum, legal dan

Ekspedisi JX Jagoan COD Selanjutnya

Ekspedisi JX bisa menjadi alternatif pilihan bagi pengusaha online yang memberikan layanan COD kepada konsumennya. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui atau pun mendengar ekspedisi JX. Nama perusahaan JX sendiri adalah Pt. Jaya Express Transindo. Perusahaan JX sendiri merupakan sister compony dari JD.ID. Selain menangani kiriman JD.ID, JX juga membuka diri untuk bisa melayani kiriman dari berbagai kalangan, baik retail maupun korporat, termasuk kiriman dokumen atau pun paket dari perusahaan yang bukan berbasiskan jualan online saja. Ada 10 kelebihan menggunakan layanan COD JX bagi pengusaha online. Pertama, Fee COD Kompetitif Fee COD bisa ditentukan oleh pengusaha online mau dikenakan berapa. Baik 2% atau pun 3 %. Besar kecilnya Fee COD bergantung pada dua hal, pertama jumlah transaksi dan yang kedua dari berapa lama uang COD tersebut akan di transferkan oleh pihak JX kepada pengusaha online. Misalkan pengusaha online mau uang masuk tiga kali dalam seminggu, namun untuk saat ini