Sebulan terakhir, saya menemukan sebuah pola untuk bisa deal pengiriman suatu instansi pemerintah. Kebutuhan pengiriman mereka juga sudah kita identifikasi sejak lama. Dari kebutuhan tersebut, sudah dibuatkan solusi terbaik untuk layanan yang bisa diberikan untuk pengiriman dokumen/paket mereka.
Sudah puluhan presentasi yang kita lakukan, Alhamdulillah 100% sangat tertarik dan membenarkan bahwa problem yang kita sampaikan disaat awal presentasi merupakan problem yang mereka hadapi. Saat kita sampaikan solusinya melalui layanan yang ditawarkan, mereka sangat butuhkan layanan kita ini.
Slide presentasi yang saya siapkan, bersama contoh dan panduan dashboard menjadi bahan pendukung untuk mendealkan kami sebagai vendor jasa pengiriman instansi pemerintah tersebut.
Sekarang tantangannya adalah visit dan ketemu langsung dengan Person In Charge (PIC) mereka. Ditengah keterbatasan waktu dan masa pandemi sehingga tidak mudah untuk berjumpa pada masing-masing kantor.
Baca Juga : Semakin Membuat Nyaman Saat Visit
Ada yang sudah kami sampai di kantor mereka, kita di tolak oleh security secara langsung. Yang paling lucunya di salah satu kantor Kita diizinkan masuk dan bertemu dengan PIC.
Namun pada saat di dalam kantor ketika di meja resepsionis, kita di halangi untuk bisa bertemu. Lucunya, ketika kita masih berupaya negosiasi untuk bisa bertemu, tanpa disadari PIC nya keluar sendiri.
Ternyata PIC-nya sudah di infokan dari security di luar bahwa ada yang mencari beliau. Akhirnya securitynya pun hanya diam seribu bahasa, dan kita bisa bebas presentasi dengan lancar.
Teman saya yang mendampingi pada saat itu, ketika selesai presentasi dan berjalan keluar menuju parkiran mobil, ketawa ngakak.
Saya pun jadi optimis, perusahaan kami InsyaAllah bisa mendapatkan pengiriman mereka, dan seluruh kantor mereka di Indonesia.
Tinggal kami bagaimana bisa bertemu dan presentasi langsung di hadapan PIC dan pejabat pembuat komitmen mereka.
Saya rasa, ketika kita buatkan catatan atau panduan teknis untuk mendapatkan klien instansi pemerintah ini, dan diinfokan ke seluruh sales cabang. InsyaAllah seluruh cabang akan bisa surplus neraca keuangan nya dan perusahaan akan bisa mendapatkan untung yang gede.
Cabang pun juga bisa menjadi profit center, yang selama ini biasanya di perusahaan ekspedisi cabang hanya sebagai operasional dan profit center hanya berasal dari kantor pusat mereka saja.
Baca Juga : Kunci Sukses Multitasking
Komentar
Posting Komentar
Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)