Langsung ke konten utama

Pihak Ekspedisi Penentu Utama Suksesnya Kiriman COD (Part 2)

Bacaan Sebelumnya : Pihak Ekspedisi Penentu Utama Suksesnya Kiriman COD (Part 1)


CS Internal Cabang
 

Sedapat mungkin CS internal cabang untuk melakukan penarikan data setiap pagi. Data yang di tarik adalah data pengiriman yang masih proses atau undelivered.


Data yang di tarik ini kemudian di informasikan ke tim divisi lain, termasuk kurir. Sehingga kurir juga tahu ini ternyata paket sudah lama dan harus cepat di sukseskan. Atau setidaknya kurir di ingatkan ada kendala untuk pangantaran paket yang belum berhasil ini? Dengan begitu tidak ada paket yang terlalu lama masih dalam status proses.


Tim CS internal cabang juga harus sampaikan ke cabang tujuan atau CS dedicated klien soal kondisi yang membuat pengantaran suatu paket terkendala, sehingga CS Dedicated bisa memberikan Solusi atau minimal bisa memberitahukan kepada sipengirim atas kondisi yang sedang terjadi. Manatahu sipengirim pun juga bisa memberikan Solusi yang di butuhkan. 

 

Baca Juga : Cara Cepat Jago Whats App Marketing


Saya yakin sipengirim akan sangat senang menerima info ini, mereka tidak akan “mengupat” jika ada kendala seperti ini. Feedback yang CS internal cabang berikan akan menjadi masukan juga buat mereka. Seller butuh tingkat keberhasilan COD yang tinggi. Tentu untuk membuat itu terjadi komunikasi yang lancar adalah Solusi kongkrit.


CS Dedicated atau Eksternal Cabang


Customer Service ini yang bertugas untuk mengkomunikasikan langsung ke pihak sipenerima atau sipengirim selain melalui sales langsung. 


CS Dedicated atau external cabang ini sangat dituntut untuk agresif, selain memiliki jiwa melayani dengan setulus hati yang sangat tinggi.


CS ini juga bisa menghubungi sipenerima saat kurir pada hari itu membawa paket COD tersebut. Dengan turun gunungnya CS Dedicated atau Eksternal ini akan menambah daya dobrak dan memudahkan kurir di lapangan.
Ketika semua komukasi lancar dan informasi dapat diterima lengkap, proses pengantaran akan berjalan lancar.


Tim Sales


Sales yang mengetahui semuanya tentang profil sipengirim atau seller. Apa kebutuhan seller, sales yang lebih mengetahui itu semua.


Sales juga dituntut melakukan breakdown kebutuhan seller kepada tim operasional perusahaan ekspedisi.  Jika ada informasi yang kurang, maka juga akan berpengaruh pada layanan perusahaan kepada klien. 


Sebagai contoh, klien COD pasti membutuhkan target keberhasilan yang tinggi. Jika ini tidak diketahui oleh cabang, maka cabang bisa saja langsung melakukan return sebelum diupayakan lebih maksimal dalam pengantaran paket tersebut. 


Banyak kasus yang saya dapatkan dari klien, bahwa baru satu kali pengantaran, sipenerima belum pernah dihubungi dan paket langsung return. Padahal sipenerima sangat membutuhkan paket COD tersebut. Karena mereka baru mengenal seller, makanya mereka memesan paket dengan layanan COD.

 

Baca Juga :

 

Daftar Menjadi Klien COD SAP Express Wilayah DKI Jakarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Pertama Ganti Regulator Gas

Sudah tiga hari kami tidak bisa masak di rumah. Kompor gas di rumah tidak bisa menyala. Ketika tabung gas yang habis kami ganti, pas mau pasang tabung yang baru, selalu ada bunyi sssssssts.... Ini pertama saya mengalami hal seperti ini, biasanya pas pasang pertama keluar bunyi seperti itu, dibuka dan coba lagi pasang gak ada bunyi untuk yang kedua. Namun kali ini, sudah berkali-kali di coba tetap saja keluar bunyi mendesis dan tercium aroma gas di dapur. Regulator yang kami gunakan sejak awal pasang kompor gas di rumah bermerek Star Cam seperti gambar di atas. Produk ini sangat bagus dan gampang pasangnya, namun untuk tabung gas yang berisi 3 kilo. Ketika tabungnya bentuk pegangannya tidak sesuai ukuran lekukannya atau mungkin penyok, maka agak sulit memasang regulator tersebut yang sesuai presisi. Sehingga, saya sering meluruskan dulu gagang tabung gas, dengan memukul dengan palu atau batu. Ketika regulator gak lurus pasangnya, sering terdengar suara mendesis...issst dan tercium b

Cara Cek Kiriman Standar Express untuk Penerimanya di Padang

Saya sering kali mendapatkan telpon dari sipenerima paket Standard Express untuk penerima dalam Sumatera Barat . Tidak hanya ke nomor pribadi saya, ke kantor SAP Express yang beralamat di jl. Jhoni Anwar No. Q 8 Ulak Karang Padang juga begitu, terlebih ke nomor telpon kantor 0751-446508. Setiap kali sipenerima bilang standard express, CS SAP Express langsung bilang saja, maaf salah sambung, Ini kantor SAP Express.  Ada juga yang ngotot dan menghubungi saya kembali dari nomor telpon yang berbeda. Lalu, saya jawab lagi, maaf Bu, sudah saya sampaikan bahwa kami bukan Standard Express, tetapi kami adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Kalau yang Ibu tanyakan tadi, mohon maaf saya tidak mengetahui. Memang benar, saya belum pernah mendengar apa itu ekspedisi Standard Express, apalagi untuk posisi kantornya di Padang saya belum pernah lihat.  Kemungkinan mereka baru menggunakan vendor lokal atau nebeng kirim paket melalui ekspedisi lainnya. Saking sering kena telpon seperti itu, saya

Pengalaman Perdana Ikut Gurah Kesehatan

Tadi malam saya pertama kali mengikuti gurah kesehatan. Informasi tentang apa itu gurah dan manfaatnya sebenarnya sudah sejak se bulan yang lalu, info ini diberitahukan oleh Arif serta Ayahnya pada ku. Namun, karena sehubungan dengan bulan puasa, makanya kegiatan gurah ditiadakan pada saat itu, dan habis lebaran diadakan kembali. Kegiatan gurah kesehatan ini aku ikuti di Miftahussyifa, sebuah pondok pengobatan alternatif. Mulai dari pengobatan bio energy, totok wajah, gurah dan steam mata, gurah kesehatan serta bekam tersedia di sana, begitu juga dengan obat-obatan herbal yang di racik sendiri oleh Yayasan Miftahussyifa Bengkulu. Ketika saya bertanya ke salah satu terapisnya, yayasan Miftahusyifa ini sudah ada cabang se Sumatera dan Jawa, dan pusatnya di Bengkulu. Untuk di Padang saja stafnya kurang lebih 10 orang dengan keahlian yang berbeda-beda.  Untuk berobat pun di sini tidak ada dipungut biaya, namun hanya disediakan kotak sedekah, kita tinggal isi kotak sedekah te