Langsung ke konten utama

Pihak Ekspedisi Penentu Utama Suksesnya Kiriman COD (Part 1)

Salah satu resiko dalam layanan Cash On Delivery (COD) yang diadakan oleh Seller buat seluruh customernya adalah resiko return (paket kembali).


Return ini juga banyak diakibatkan oleh customer yang tidak konsisten dalam melakukan pemesanan. Mereka mungkin di awal tertarik oleh iklan yang di pasang oleh seller. Namun ketertarikan mereka tidak diimbangi oleh kondisi budget uang belanja yang mereka  miliki. Dalam artian mereka belum ada budget untuk membeli produk tersebut, karena iklan yang menarik si customer langsung klik pesan saja tanpa pikirkan ada atau belum budget untuk beli produk tersebut.


Ketertarikan untuk beli produk di sisi customer ini, juga bisa diakibatkan kurang diimbangi oleh antara rasa ingin memiliki dengan kebutuhan. Rerata iklan menarik yang di pasang seller memunculkan keinginan banyak dari customer. Rasa keinginan ini terkadang lebih tinggi dan mengalahkan bisikan hati yang belum tentu butuh untuk produk tersebut.


Produk return ternyata juga banyak diakibatkan oleh ekspedisi yang asal dalam pengantaran produk dengan layanan COD tersebut.


Kurir


Bagi kurir yang tidak ada bonus dari pengantaran COD, ini yang paling banyak asal dalam pengantaran produk COD.

 
Resiko pengirim COD di tangan kurir adalah resiko terbesar. Mereka selain ada potensi ancaman di perjalanan, resiko uang palsu dan kehilangan uang akibat kececer juga sangat tinggi. 


Dengan adanya Fee COD, ini yang akan menambah semangat kurir dalam membuat keberhasilan pengantaran paket COD.


Apalagi ada support dari tim operasional kantor untuk memberikan bantuan dalam menghubungi sipenerima sebelum paket diantarkan. Terkadang di dalam perjalanan kurir terkendala sinyal atau pulsa saat menghubungi sipenerima paket. Dengan bantuan CS atau tim lainnya bisa menunjang keberhasilan kurir dalam pengantaran.
Termasuk bagi customer yang susah banget untuk dihubungi. 

 

Ketika kurir memberikan info hambatan di lapangan kemudian langsung di eksekusi oleh pihak operasional kantor. Tim Support memberitahukan kepada sipengirim tentang hambatan ini. Info yang disampaikan oleh tim support cabang ekspedisi pasti sangat dinanti oleh sipengirim. Apalagi jika ada kendala, tentu sipengirim butuh info ini lebih cepat. Mereka pun bisa langsung hubungi kembali sipenerima untuk hambatan yang terjadi. 

 

Sistem kerjasama ini tentunya akan membuahkan hasil dengan tingkat keberhasilan pengantaran paket COD yang tinggi.


Leader Kurir


Atasan dari kurir langsung adalah leadernya.


Biasanya leader kurir yang membantu sortir paket cod, ini di bawa oleh siapa dan paket yang ini di bawa oleh siapa. Leader kurir yang bantu memisahkan paket ke loker kurir masing-masing.


Leader yang paling tahu persis daerah pengantaran kurir dengan detail lengkap. 


Pagi leader kurir yang melakukan penginputan ke system sesuai nama kurir masing-masing. Sore ketika kurir pulang, leader yang mencek dan menerima paket yang belum berhasil. Nah, disini akan ketahuan tingkat kesuksesan kurir dalam membawa paket dalam satu hari tersebut. 


Alasan belum berhasil pengantaran juga bisa dilakukan deteksi dini. 


Dalam hal ini, leader di sarankan untuk lebih edukasi kepada kurir. Jika di dapatkan alasan pengantaran paket yang belum berhasil karena alasan yang tidak masuk akal atau alasan mengada-ngada, ini tanggungjawab leader kurir untuk melakukan pembinaan. 


Mana kurir yang produktif dan mana yang tidak, leader kurir pasti lebih tahu dahuluan dibandingkan tim  operasional lainnya termasuk pimpinan cabang masing-masing. Jika ada kurir yang sudah tidak “layak,” silahkan laporkan ke pimpinan cabang untuk dibina atau dibinasakan serta di cari yang lebih baik. Ini menyangkut nama baik perusahaan. Lebih baik hilang satu karyawan dari pada hilang satu pelanggan.

 

Baca Juga :

Pihak Ekspedisi Penentu Utama Suksesnya Kiriman COD (Part 2)

Daftar Menjadi Klien COD SAP Express Wilayah DKI Jakarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Pertama Ganti Regulator Gas

Sudah tiga hari kami tidak bisa masak di rumah. Kompor gas di rumah tidak bisa menyala. Ketika tabung gas yang habis kami ganti, pas mau pasang tabung yang baru, selalu ada bunyi sssssssts.... Ini pertama saya mengalami hal seperti ini, biasanya pas pasang pertama keluar bunyi seperti itu, dibuka dan coba lagi pasang gak ada bunyi untuk yang kedua. Namun kali ini, sudah berkali-kali di coba tetap saja keluar bunyi mendesis dan tercium aroma gas di dapur. Regulator yang kami gunakan sejak awal pasang kompor gas di rumah bermerek Star Cam seperti gambar di atas. Produk ini sangat bagus dan gampang pasangnya, namun untuk tabung gas yang berisi 3 kilo. Ketika tabungnya bentuk pegangannya tidak sesuai ukuran lekukannya atau mungkin penyok, maka agak sulit memasang regulator tersebut yang sesuai presisi. Sehingga, saya sering meluruskan dulu gagang tabung gas, dengan memukul dengan palu atau batu. Ketika regulator gak lurus pasangnya, sering terdengar suara mendesis...issst dan tercium b

Cara Cek Kiriman Standar Express untuk Penerimanya di Padang

Saya sering kali mendapatkan telpon dari sipenerima paket Standard Express untuk penerima dalam Sumatera Barat . Tidak hanya ke nomor pribadi saya, ke kantor SAP Express yang beralamat di jl. Jhoni Anwar No. Q 8 Ulak Karang Padang juga begitu, terlebih ke nomor telpon kantor 0751-446508. Setiap kali sipenerima bilang standard express, CS SAP Express langsung bilang saja, maaf salah sambung, Ini kantor SAP Express.  Ada juga yang ngotot dan menghubungi saya kembali dari nomor telpon yang berbeda. Lalu, saya jawab lagi, maaf Bu, sudah saya sampaikan bahwa kami bukan Standard Express, tetapi kami adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Kalau yang Ibu tanyakan tadi, mohon maaf saya tidak mengetahui. Memang benar, saya belum pernah mendengar apa itu ekspedisi Standard Express, apalagi untuk posisi kantornya di Padang saya belum pernah lihat.  Kemungkinan mereka baru menggunakan vendor lokal atau nebeng kirim paket melalui ekspedisi lainnya. Saking sering kena telpon seperti itu, saya

Pengalaman Perdana Ikut Gurah Kesehatan

Tadi malam saya pertama kali mengikuti gurah kesehatan. Informasi tentang apa itu gurah dan manfaatnya sebenarnya sudah sejak se bulan yang lalu, info ini diberitahukan oleh Arif serta Ayahnya pada ku. Namun, karena sehubungan dengan bulan puasa, makanya kegiatan gurah ditiadakan pada saat itu, dan habis lebaran diadakan kembali. Kegiatan gurah kesehatan ini aku ikuti di Miftahussyifa, sebuah pondok pengobatan alternatif. Mulai dari pengobatan bio energy, totok wajah, gurah dan steam mata, gurah kesehatan serta bekam tersedia di sana, begitu juga dengan obat-obatan herbal yang di racik sendiri oleh Yayasan Miftahussyifa Bengkulu. Ketika saya bertanya ke salah satu terapisnya, yayasan Miftahusyifa ini sudah ada cabang se Sumatera dan Jawa, dan pusatnya di Bengkulu. Untuk di Padang saja stafnya kurang lebih 10 orang dengan keahlian yang berbeda-beda.  Untuk berobat pun di sini tidak ada dipungut biaya, namun hanya disediakan kotak sedekah, kita tinggal isi kotak sedekah te