Langsung ke konten utama

Pihak Ekspedisi Penentu Utama Suksesnya Kiriman COD (Part 3)

Bacaan Sebelumnya : Pihak Ekspedisi Penentu Utama Suksesnya Kiriman COD (Part 2) 

 

Entry Data
 

Tim entry data juga turut serta bisa mempengaruhi tingkat keberhasilan pengiriman paket COD. Jika tim entri data salah input “TLC (Three Level Code)” Kode satu kota pada system ekspedisi. Maka bisa di pastikan paket ini akan jalan-jalan dulu sebelum sampai ke kota tujuan yang sebenarnya.


Makanya tim entri data juga di tuntut untuk teliti dan cermat pada saat penginputan paket ke dalam sistem ekspedisi, termasuk input nilai COD paket tersebut.


Kepala Cabang

 
Cabang merupakan ujung tombak ekspedisi. Disanalah kurir pengantaran berkantor. Jika satu cabang bermasalah dan banyak kendala dalam pengantaran, bisa jadi akan kena satu perusahaan. Karena klien jika ada kiriman satu yang bermasalah tentu akan bisa jadi memutuskan untuk tidak mau bekerjasama lagi dengan satu ekspedisi tersebut. Satu cabang saja bisa membuat putus klien, apalagi jika banyak cabang yang bermasalah, tentu akan lebih parah lagi dampaknya.


Sebagai pimpinan cabang juga harus cermat. Kesalahan terbesar di perusahaan ekspedisi adalah “manusia”nya. SDM harus selalu di edukasi dan dibina. Jika belum berubah, maka silahkan cari penggantinya yang lebih baik.


Kelemahan saat ini kebanyakan, jika kepala cabang belum bisa mendeteksi dini apa yang akan terjadi. Ini karena pimpinan cabang sering tidak evaluasi pelaksanaan System Operational Procedure (SOP) yang dijalankan anggotanya secara rutin. Ketika rutin saja dalam evaluasi dan konsisten dalam penerapan kesalahan bisa diminimalisir.


Satu lagi kelemahan terbanyak, selalu memberikan kesempatan yang lebih kepada SDM yang bermasalah. Sudah jelas si “A” ini sudah banyak melakukan kesalahan, harusnya yang bersangkutan di keluarkan dan tidak di pakai lagi dan cari yang baru. Efek lainnya turut membuat malas yang rajin dan yang baik juga akan berpotensi untuk ciptakan pelanggaran SOP.  


Ini kunci penentu tingkat keberhasilan tinggi dalam pengiriman COD di sebuah perusahaan ekspedisi. Jika masing-masing bidang ini kerja optimal, tentu akan sangat membantu seller/klien dalam pengiriman COD mereka. 


Demikian.


Baca Juga :

 

Daftar Menjadi Klien COD SAP Express Wilayah DKI Jakarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Pertama Ganti Regulator Gas

Sudah tiga hari kami tidak bisa masak di rumah. Kompor gas di rumah tidak bisa menyala. Ketika tabung gas yang habis kami ganti, pas mau pasang tabung yang baru, selalu ada bunyi sssssssts.... Ini pertama saya mengalami hal seperti ini, biasanya pas pasang pertama keluar bunyi seperti itu, dibuka dan coba lagi pasang gak ada bunyi untuk yang kedua. Namun kali ini, sudah berkali-kali di coba tetap saja keluar bunyi mendesis dan tercium aroma gas di dapur. Regulator yang kami gunakan sejak awal pasang kompor gas di rumah bermerek Star Cam seperti gambar di atas. Produk ini sangat bagus dan gampang pasangnya, namun untuk tabung gas yang berisi 3 kilo. Ketika tabungnya bentuk pegangannya tidak sesuai ukuran lekukannya atau mungkin penyok, maka agak sulit memasang regulator tersebut yang sesuai presisi. Sehingga, saya sering meluruskan dulu gagang tabung gas, dengan memukul dengan palu atau batu. Ketika regulator gak lurus pasangnya, sering terdengar suara mendesis...issst dan tercium b

Cara Cek Kiriman Standar Express untuk Penerimanya di Padang

Saya sering kali mendapatkan telpon dari sipenerima paket Standard Express untuk penerima dalam Sumatera Barat . Tidak hanya ke nomor pribadi saya, ke kantor SAP Express yang beralamat di jl. Jhoni Anwar No. Q 8 Ulak Karang Padang juga begitu, terlebih ke nomor telpon kantor 0751-446508. Setiap kali sipenerima bilang standard express, CS SAP Express langsung bilang saja, maaf salah sambung, Ini kantor SAP Express.  Ada juga yang ngotot dan menghubungi saya kembali dari nomor telpon yang berbeda. Lalu, saya jawab lagi, maaf Bu, sudah saya sampaikan bahwa kami bukan Standard Express, tetapi kami adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Kalau yang Ibu tanyakan tadi, mohon maaf saya tidak mengetahui. Memang benar, saya belum pernah mendengar apa itu ekspedisi Standard Express, apalagi untuk posisi kantornya di Padang saya belum pernah lihat.  Kemungkinan mereka baru menggunakan vendor lokal atau nebeng kirim paket melalui ekspedisi lainnya. Saking sering kena telpon seperti itu, saya

Pengalaman Perdana Ikut Gurah Kesehatan

Tadi malam saya pertama kali mengikuti gurah kesehatan. Informasi tentang apa itu gurah dan manfaatnya sebenarnya sudah sejak se bulan yang lalu, info ini diberitahukan oleh Arif serta Ayahnya pada ku. Namun, karena sehubungan dengan bulan puasa, makanya kegiatan gurah ditiadakan pada saat itu, dan habis lebaran diadakan kembali. Kegiatan gurah kesehatan ini aku ikuti di Miftahussyifa, sebuah pondok pengobatan alternatif. Mulai dari pengobatan bio energy, totok wajah, gurah dan steam mata, gurah kesehatan serta bekam tersedia di sana, begitu juga dengan obat-obatan herbal yang di racik sendiri oleh Yayasan Miftahussyifa Bengkulu. Ketika saya bertanya ke salah satu terapisnya, yayasan Miftahusyifa ini sudah ada cabang se Sumatera dan Jawa, dan pusatnya di Bengkulu. Untuk di Padang saja stafnya kurang lebih 10 orang dengan keahlian yang berbeda-beda.  Untuk berobat pun di sini tidak ada dipungut biaya, namun hanya disediakan kotak sedekah, kita tinggal isi kotak sedekah te