Langsung ke konten utama

Bab XII. Gunakan Tujuan-tujuan Untuk Tumbuh dan Berkembang


Yang penting bukanlah dimana Anda sekarang, akan tetapi apa yang anda ingin capai.

 

Sebelum mulai ketahuilah kemana anda harus pergi

 

Image saya 10 tahun yang akan datang :

•    Pekerjaan saya 10 tahun yang akan datang :

  1. Berapa penghasilan yang diinginkan ?
  2. Tanggung jawab apa yang saya inginkan ?
  3. Kekuasaan apa yang saya inginkan ?
  4. Prestasi apa yang saya harapkan di pelajaran saya?

•    Rumah 10 tahun yang akan datang :

  1. Taraf kehidupan yang bagaimana yang saya inginkan ?
  2. Rumah yang bagaimana yang saya inginkan ?
  3. Liburan yang bagaimana yang saya inginkan ?
  4. Bantuan keuangan yang bagaimana yang saya ingin berikan kepada anak-anak saya?

•    Hubungan social 10 tahun yang akan datang :

  1. Teman-teman bagaimana yang saya inginkan ?
  2. Kelompok social bagaimana yang ingin saya masuki?

 

Kita semua mempunyai hasrat dan keinginan. Kita semua ingin melaksanakan apa yang kita suka melaksanakannya. Akan tetapi hanya beberapa saja diantara kita yang mengikuti keinginan dari hasrat kita tersebut.

 

5 hal yang dapat membunuh hasrat dan keinginan sukses anda :

  1. Kurang menghargai diri sendiri >> saya ingin jadi sleeping investor, tetapi saya belum bisa.
  2. Ingin aman dan terjamin >> harus ada jaminan dimana saja kita berada
  3. Persaingan >> bidang tersebut sudah jenuh dan banyak pesaing
  4. Didikte oleh orang tuanya >> saya ingin menjadi itu, akan tetapi orang tua ingin saya menjadi ini.
  5. Tanggung jawab keluarga >> saya telah bekeluarga gak bisa.

 

Untuk mengembangkan kekuatan untuk maju ialah melaksanakan apa yang anda inginkan. 

 

Orang yang sukses memusatkan perhatiannya semata-mata kepada satu tujuan, inilah yang membangkitkan tenaga.

 

Untuk melaksanakan sesuatu yang berhasil, kita harus membuat rencana pelaksanaan yang berhasil.

 

Dr. Burch >> yang paling baik untuk cepat mati ialah pensiun dan tidak berbuat apa-apa. Tiap orang harus mencurahkan perhatian kepada kehidupan, justru supaya tetap hidup. 

 

Tiap-tiap hasil yang besar adalah gabungan dari hasil-hasil yang kecil.

 

Cara selangkah demi selangkah merupakan satu-satunya cara yang baik, logis dan tepat untuk mencapai tujuan kita.

 

Ingatlah selalu, “apakah pekerjaan ini membawa saya pada tujuan saya?” jika tidak maka tinggalkan lah.
 

Putuskanlah hal-hal khusus apa yang ingin anda laksanakan untuk membuat anda lebih produktif. Dengan cara buatlah catatan-catatan mengenai apa-apa yang ingin anda laksanakan selama 30 hari berikutnya. Buatlah dan periksa kemajuan yang anda capai, dan buatlah lagi tujuan 30 hari berikutnya.

 

Kita harus melakukan investasi untuk capai tujuan kita :

  1. Investasi pendidikan. Bisnis memperhatikan kemampuan bukan gelar. Pendidikan yang sebenarnya adalah pendidikan yang mengembangkan daya pikiran anda. Tinggi rendah daya pendidikan seseorang diukur dengan taraf perkembangan dan kreatifitas daya pikirnya.  Kemampuan berfikir kita dalam arti yang sebenarnya.
  2. Jadilah pencetus gagasan. Pendidikan membantu anda membentuk pikiran anda, dan melapangkan, melatih pikiran menghadapi situasi-situasi baru dan memecahkan masalah.

 

Prinsip-prinsip membangun sukses :

  1. Tetapkan tujuan yang ingin anda capai, ciptakan diri kita 10 tahun yang akan datang
  2. Susunlah rencana 10 tahun anda, tulislah apa yang ingin anda capai
  3. Serahkan diri kepada keinginan-keinginan anda
  4. Jadikanlah tujuan-tujuan anda itu pilot otomatis
  5. Capailah tujuan anda dengan maju selangkah demi selangkah sekaligus
  6. Tetapkan tujuan-tujuan 30 hari, usahakan setiap hari ada manfaatnya
  7. Ambilah jalan lain kalau satu jalan sedang buntu, tapi jangan tinggalkan tujuan anda
  8. Investasikan diri anda sendiri. Belilah hal-hal yang membangun kekuatan mental dan efisien, tanamkan pencetus-pencetus gagasan

 

Orang-orang yang berinisiatif adalah orang yang memikul dan berani mengambil tanggung jawab, dengan inisiatif ia berhasil melakukan tugas-tugas yang sulit. Semuanya, harus dihadapi dengan kepala dingin.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Pertama Ganti Regulator Gas

Sudah tiga hari kami tidak bisa masak di rumah. Kompor gas di rumah tidak bisa menyala. Ketika tabung gas yang habis kami ganti, pas mau pasang tabung yang baru, selalu ada bunyi sssssssts.... Ini pertama saya mengalami hal seperti ini, biasanya pas pasang pertama keluar bunyi seperti itu, dibuka dan coba lagi pasang gak ada bunyi untuk yang kedua. Namun kali ini, sudah berkali-kali di coba tetap saja keluar bunyi mendesis dan tercium aroma gas di dapur. Regulator yang kami gunakan sejak awal pasang kompor gas di rumah bermerek Star Cam seperti gambar di atas. Produk ini sangat bagus dan gampang pasangnya, namun untuk tabung gas yang berisi 3 kilo. Ketika tabungnya bentuk pegangannya tidak sesuai ukuran lekukannya atau mungkin penyok, maka agak sulit memasang regulator tersebut yang sesuai presisi. Sehingga, saya sering meluruskan dulu gagang tabung gas, dengan memukul dengan palu atau batu. Ketika regulator gak lurus pasangnya, sering terdengar suara mendesis...issst dan tercium b

Cara Cek Kiriman Standar Express untuk Penerimanya di Padang

Saya sering kali mendapatkan telpon dari sipenerima paket Standard Express untuk penerima dalam Sumatera Barat . Tidak hanya ke nomor pribadi saya, ke kantor SAP Express yang beralamat di jl. Jhoni Anwar No. Q 8 Ulak Karang Padang juga begitu, terlebih ke nomor telpon kantor 0751-446508. Setiap kali sipenerima bilang standard express, CS SAP Express langsung bilang saja, maaf salah sambung, Ini kantor SAP Express.  Ada juga yang ngotot dan menghubungi saya kembali dari nomor telpon yang berbeda. Lalu, saya jawab lagi, maaf Bu, sudah saya sampaikan bahwa kami bukan Standard Express, tetapi kami adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Kalau yang Ibu tanyakan tadi, mohon maaf saya tidak mengetahui. Memang benar, saya belum pernah mendengar apa itu ekspedisi Standard Express, apalagi untuk posisi kantornya di Padang saya belum pernah lihat.  Kemungkinan mereka baru menggunakan vendor lokal atau nebeng kirim paket melalui ekspedisi lainnya. Saking sering kena telpon seperti itu, saya

Pengalaman Perdana Ikut Gurah Kesehatan

Tadi malam saya pertama kali mengikuti gurah kesehatan. Informasi tentang apa itu gurah dan manfaatnya sebenarnya sudah sejak se bulan yang lalu, info ini diberitahukan oleh Arif serta Ayahnya pada ku. Namun, karena sehubungan dengan bulan puasa, makanya kegiatan gurah ditiadakan pada saat itu, dan habis lebaran diadakan kembali. Kegiatan gurah kesehatan ini aku ikuti di Miftahussyifa, sebuah pondok pengobatan alternatif. Mulai dari pengobatan bio energy, totok wajah, gurah dan steam mata, gurah kesehatan serta bekam tersedia di sana, begitu juga dengan obat-obatan herbal yang di racik sendiri oleh Yayasan Miftahussyifa Bengkulu. Ketika saya bertanya ke salah satu terapisnya, yayasan Miftahusyifa ini sudah ada cabang se Sumatera dan Jawa, dan pusatnya di Bengkulu. Untuk di Padang saja stafnya kurang lebih 10 orang dengan keahlian yang berbeda-beda.  Untuk berobat pun di sini tidak ada dipungut biaya, namun hanya disediakan kotak sedekah, kita tinggal isi kotak sedekah te