Ketika waktu libur, siapa yang mau di ganggu soal pekerjaan, tentunya kebanyakan orang pasti tidak mau kan ya?
Jika kita bergerak di bidang jasa, tentu klien tidak akan pernah melihat waktu kita. Mereka tidak akan peduli kamu sedang sakit atau pun sedang libur. Ya, ini bidang jasa bos. Pada bidang jasa, kita harus membuat klien merasa terlayani dengan baik, walaupun masih banyak layanan yang kita adakan perlu ditingkatkan lagi.
Merasa terlayani dengan baik, minimal dengan memberikan respon yang cepat saat dihubungi. Mengangkat telpon cepat ketika di hubungi. Telpon kembali jika tadi panggilan dari klien tidak terangkat. Balas WA dengan cepat, walaupun jasa yang kita berikan masih proses atau belum selesai.
Terparah, jika layanan kita masih jelek. Klien pun juga tidak mendapatkan respon yang cepat apalagi tidak baik. Ini pasti seketika itu juga klien akan berpindah ke lain hati.
Saya bersyukur pada kantor saat ini, tim sales semuanya di berikan support yang lebih, termasuk di berikan tambahan personal customer service untuk membantu melayani pelanggan. Satu pelanggan di berikan satu Customer Service Dedicated dan tidak hanya satu juga di back up oleh Supervisor mereka. Jadi satu klien bisa di bantu oleh dua orang customer service (CS).
Bagi saya, support yang saya terima saat ini lebih baik dari kantor sebelumnya. Wajar saja, di sini SDM paling banyak dari kantor sebelumnya. Tantangan lebih besar dan peluang pun juga terbuka sangat lebar. Meskipun persaingan sangat ketat, namun celah untuk mendapatkan ceruk market yang lebih luas InsyaAllah bisa kita dapatkan, asalkan kita selalu evaluasi diri untuk meningkatkan pelayanan dan selalu optimis.
Sekali lagi, ini fasilitas tambahan. Saya bisa dikatakan sejak dahulu sudah memiliki prinsip tidak banyak bergantung kepada orang lain. Saya harus bisa mengurus semuanya sendiri. Namun, ketika support ini saya terima dari perusahaan ya tentu Alhamdulillah banget dan dimanfaatkan dengan maksimal.
Meskipun begitu tentu, support seperti ini tidak bisa diharapkan 100% untuk bisa membantu kita 24 jam dalam 7 hari full. Seperti CS dedicated, mereka untuk waktu kerja 5 hari dalam seminggu, dari pukul 08.30 Wib sampai dengan pukul 17.00 Wib. Sementara kita harus melayani klien yang notabene adalah online dengan jam kerja lebih luas mungkin hampir tidak pernah libur tentunya.
Bagi saya selagi saya ada urusan penting, maka saya limpahkan dan meminta bantuan CS. Minimal memberikan respon cepat saja dahulu, atau membantu untuk pengurusan administrasi klien yang belum sempat saya kerjakan yang membutuhkan deadline yang singkat. Ketika saya lagi senggang, insyaAllah saya bisa bantu langsung.
Apalagi saat saya sedang presentasi dengan klien, tentu pada saat ini saya sangat low respon. Ketika ada chat WA atau call yang masuk saat seperti ini tentu saya tidak bisa angkat atau balas pada saat itu. Ketika presentasi ini sudah selesai, pasti saya akan balas atau call balik. Nah, disaat ini yang terpenting saya butuhkan support dari tim CS Dedicated kepada klien existing kami.
Termasuk juga ketika Sabtu-Minggu ini, saya mengambil alih semuanya. Seperti yang pagi ini saat saya posting tulisan ini. Baru melihat WA, langsung berjejer masuk chat dari klien. Saya dengan cekatan memberikan respon dan mengatasi urusan klien yang tersendat dan memperlancar urusan mereka.
Apalagi saya juga sangat suka menyimpan nomor teman-teman se Indonesia. Saya bisa langsung hubungi mereka kapan pun tanpa perantara lainnya. Sehingga urusan klien bisa selesai dalam waktu singkat.
Makanya saya banyak mendapatkan feedback positif dari klien. Mereka nyaman dengan saya. Apalagi jika saya di support layanan yang maksimal dari tim operasional apalagi layanan yang ramah dan setulus hati dari tim CS Dedicated.
Jika klien meresa nyaman dengan saya, bukan berarti kinerja saya yang baik. Akan tetapi lebih karena kinerja tim yang saling support dan bergairah membantu memperlancar urusan klien.
Walaupun begitu dimata klien, sales adalah representative perusahaan. Ketika mereka nyaman dan puas dengan perusahaan maka mereka akan berikan feedback yang bagus pada salesnya.
Dibalik itu semua, tantangan terbesar untuk membuat klien merasa puas adalah di tangan sales. Mereka yang membantu mengkoordinir semua lini untuk bisa saling bekerja sama hingga tercapainya target. Jika tim support bagus, namun tidak dibantu sales untuk monitor dan dikoordinir dengan baik, tetap saja akan terjadi hambatan. Pasti. Jadi, sales sangat berperan penting dalam hal ini.
Jika support yang saya dapatkan lebih maksimal lagi, tentu saya lebih optimis perolehan bisnis baru bisa ditingkatkan menjadi berkali-kali lipat.
Baca Juga : Trik Bisa Bicara Di Depan Umum
Komentar
Posting Komentar
Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)