Langsung ke konten utama

Dedikasi Seorang Sales Pada Kliennya

Ketika waktu libur, siapa yang mau di ganggu soal pekerjaan, tentunya kebanyakan orang pasti tidak mau kan ya?

 

Jika kita bergerak di bidang jasa, tentu klien tidak akan pernah melihat waktu kita. Mereka tidak akan peduli kamu sedang sakit atau pun sedang libur. Ya, ini bidang jasa bos. Pada bidang jasa, kita harus membuat klien merasa terlayani dengan baik, walaupun masih banyak layanan yang kita adakan perlu ditingkatkan lagi. 

 

Merasa terlayani dengan baik, minimal dengan memberikan respon yang cepat saat dihubungi. Mengangkat telpon cepat ketika di hubungi. Telpon kembali jika tadi panggilan dari klien tidak terangkat. Balas WA dengan cepat, walaupun jasa yang kita berikan masih proses atau belum selesai. 

 

Terparah, jika layanan kita masih jelek. Klien pun juga tidak mendapatkan respon yang cepat apalagi tidak baik. Ini pasti seketika itu juga klien akan berpindah ke lain hati. 

 

Saya bersyukur pada kantor saat ini, tim sales semuanya di berikan support yang lebih, termasuk di berikan tambahan personal customer service untuk membantu melayani pelanggan. Satu pelanggan di berikan satu Customer Service Dedicated dan tidak hanya satu juga di back up oleh Supervisor mereka. Jadi satu klien bisa di bantu oleh dua orang customer service (CS). 

 

Bagi saya, support yang saya terima saat ini lebih baik dari kantor sebelumnya. Wajar saja, di sini SDM paling banyak dari kantor sebelumnya. Tantangan lebih besar dan peluang pun juga terbuka sangat lebar. Meskipun persaingan sangat ketat, namun celah untuk mendapatkan ceruk market yang lebih luas InsyaAllah bisa kita dapatkan, asalkan kita selalu evaluasi diri untuk meningkatkan pelayanan dan selalu optimis. 

 

Sekali lagi, ini fasilitas tambahan. Saya bisa dikatakan sejak dahulu sudah memiliki prinsip tidak banyak bergantung kepada orang lain. Saya harus bisa mengurus semuanya sendiri. Namun, ketika support ini saya terima dari perusahaan ya tentu Alhamdulillah banget dan dimanfaatkan dengan maksimal. 

 

Meskipun begitu tentu, support seperti ini tidak bisa diharapkan 100% untuk bisa membantu kita 24 jam dalam 7 hari full. Seperti CS dedicated, mereka untuk waktu kerja 5 hari dalam seminggu, dari pukul 08.30 Wib sampai dengan pukul 17.00 Wib. Sementara kita harus melayani klien yang notabene adalah online dengan jam kerja lebih luas mungkin hampir tidak pernah libur tentunya. 

 

Bagi saya selagi saya ada urusan penting, maka saya limpahkan dan meminta bantuan CS. Minimal memberikan respon cepat saja dahulu, atau membantu untuk pengurusan administrasi klien yang belum sempat saya kerjakan yang membutuhkan deadline yang singkat. Ketika saya lagi senggang, insyaAllah saya bisa bantu langsung. 

 

Apalagi saat saya sedang presentasi dengan klien, tentu pada saat ini saya sangat low respon. Ketika ada chat WA atau call yang masuk saat seperti ini tentu saya tidak bisa angkat atau balas pada saat itu. Ketika presentasi ini sudah selesai, pasti saya akan balas atau call balik. Nah, disaat ini yang terpenting saya butuhkan support dari tim CS Dedicated kepada klien existing kami. 

 

Termasuk juga ketika Sabtu-Minggu ini, saya mengambil alih semuanya. Seperti yang pagi ini saat saya posting tulisan ini. Baru melihat WA, langsung berjejer masuk chat dari klien. Saya dengan cekatan memberikan respon dan mengatasi urusan klien yang tersendat dan memperlancar urusan mereka. 

 

Apalagi saya juga sangat suka menyimpan nomor teman-teman se Indonesia. Saya bisa langsung hubungi mereka kapan pun tanpa perantara lainnya. Sehingga urusan klien bisa selesai dalam waktu singkat. 

 

Makanya saya banyak mendapatkan feedback positif dari klien. Mereka nyaman dengan saya. Apalagi jika saya di support layanan yang maksimal dari tim operasional apalagi layanan yang ramah dan setulus hati dari tim CS Dedicated. 

 

Jika klien meresa nyaman dengan saya, bukan berarti kinerja saya yang baik. Akan tetapi lebih karena kinerja tim yang saling support dan bergairah membantu memperlancar urusan klien. 

 

Walaupun begitu dimata klien, sales adalah representative perusahaan. Ketika mereka nyaman dan puas dengan perusahaan maka mereka akan berikan feedback yang bagus pada salesnya. 

 

Dibalik itu semua, tantangan terbesar untuk membuat klien merasa puas adalah di tangan sales. Mereka yang membantu mengkoordinir semua lini untuk bisa saling bekerja sama hingga tercapainya target. Jika tim support bagus, namun tidak dibantu sales untuk monitor dan dikoordinir dengan baik, tetap saja akan terjadi hambatan. Pasti. Jadi, sales sangat berperan penting dalam hal ini. 

 

Jika support yang saya dapatkan lebih maksimal lagi, tentu saya lebih optimis perolehan bisnis baru bisa ditingkatkan menjadi berkali-kali lipat.

 

Baca Juga : Trik Bisa Bicara Di Depan Umum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Pertama Ganti Regulator Gas

Sudah tiga hari kami tidak bisa masak di rumah. Kompor gas di rumah tidak bisa menyala. Ketika tabung gas yang habis kami ganti, pas mau pasang tabung yang baru, selalu ada bunyi sssssssts.... Ini pertama saya mengalami hal seperti ini, biasanya pas pasang pertama keluar bunyi seperti itu, dibuka dan coba lagi pasang gak ada bunyi untuk yang kedua. Namun kali ini, sudah berkali-kali di coba tetap saja keluar bunyi mendesis dan tercium aroma gas di dapur. Regulator yang kami gunakan sejak awal pasang kompor gas di rumah bermerek Star Cam seperti gambar di atas. Produk ini sangat bagus dan gampang pasangnya, namun untuk tabung gas yang berisi 3 kilo. Ketika tabungnya bentuk pegangannya tidak sesuai ukuran lekukannya atau mungkin penyok, maka agak sulit memasang regulator tersebut yang sesuai presisi. Sehingga, saya sering meluruskan dulu gagang tabung gas, dengan memukul dengan palu atau batu. Ketika regulator gak lurus pasangnya, sering terdengar suara mendesis...issst dan tercium b

Cara Cek Kiriman Standar Express untuk Penerimanya di Padang

Saya sering kali mendapatkan telpon dari sipenerima paket Standard Express untuk penerima dalam Sumatera Barat . Tidak hanya ke nomor pribadi saya, ke kantor SAP Express yang beralamat di jl. Jhoni Anwar No. Q 8 Ulak Karang Padang juga begitu, terlebih ke nomor telpon kantor 0751-446508. Setiap kali sipenerima bilang standard express, CS SAP Express langsung bilang saja, maaf salah sambung, Ini kantor SAP Express.  Ada juga yang ngotot dan menghubungi saya kembali dari nomor telpon yang berbeda. Lalu, saya jawab lagi, maaf Bu, sudah saya sampaikan bahwa kami bukan Standard Express, tetapi kami adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Kalau yang Ibu tanyakan tadi, mohon maaf saya tidak mengetahui. Memang benar, saya belum pernah mendengar apa itu ekspedisi Standard Express, apalagi untuk posisi kantornya di Padang saya belum pernah lihat.  Kemungkinan mereka baru menggunakan vendor lokal atau nebeng kirim paket melalui ekspedisi lainnya. Saking sering kena telpon seperti itu, saya

Pengalaman Perdana Ikut Gurah Kesehatan

Tadi malam saya pertama kali mengikuti gurah kesehatan. Informasi tentang apa itu gurah dan manfaatnya sebenarnya sudah sejak se bulan yang lalu, info ini diberitahukan oleh Arif serta Ayahnya pada ku. Namun, karena sehubungan dengan bulan puasa, makanya kegiatan gurah ditiadakan pada saat itu, dan habis lebaran diadakan kembali. Kegiatan gurah kesehatan ini aku ikuti di Miftahussyifa, sebuah pondok pengobatan alternatif. Mulai dari pengobatan bio energy, totok wajah, gurah dan steam mata, gurah kesehatan serta bekam tersedia di sana, begitu juga dengan obat-obatan herbal yang di racik sendiri oleh Yayasan Miftahussyifa Bengkulu. Ketika saya bertanya ke salah satu terapisnya, yayasan Miftahusyifa ini sudah ada cabang se Sumatera dan Jawa, dan pusatnya di Bengkulu. Untuk di Padang saja stafnya kurang lebih 10 orang dengan keahlian yang berbeda-beda.  Untuk berobat pun di sini tidak ada dipungut biaya, namun hanya disediakan kotak sedekah, kita tinggal isi kotak sedekah te