Pada Oktober 2020 ini ada enam sales baru Join ke SAP Express. Lima dari cabang SAP Express di Sumatera yaitu Dua di Pekanbaru, Satu di Pangkal Pinang, Satu di Bengkulu dan Satu di Lampung, serta Satu dari Cilegon.
Untuk training di awal seperti biasa, saya pandu melalui telepon. Sehari sebelum training seluruh bahan yang diperlukan saya kirimkan dahulu by WA atau Email. Bahan tersebut saya minta di baca dulu dan catat jika ada yang ingin ditanyakan. Baru kemudian saya training by Phone sesuai waktu yang di tentukan.
Waktu training di awal ini biasanya sekitar 30 menit saja. Jika di paksakan lebih dari itu biasanya mereka juga belum tergambar secara detail. Pokok-pokok tugas saja yang dijabarkan, serta produk dengan batasan tarif diskon maksimal dan ketentuan yang berlaku terkait 3 produk yang ingin di pasarkan di cabang masing-masing.
Selain itu juga disampaikan terkait administrasi, serta kelengkapan bahan jualan gimana prosedur meminta ke pusat jika sudah habis stok di cabang.
Untuk tugas pokok sales SAP Express ada tiga, yaitu Perolehan bisnis baru, Maintenance klien Existing, dan Collection.
Untuk Perolehan bisnis baru ada 3 produk yang bisa di pasarkan sales SAP Express, yaitu Klien Korporat, Klien Sahabat Satria, dan Agen/ Konter Retail.
Adapun untuk Maintenance klien existing yang perlu di lakukan adalah memberitahukan bahwa PIC sales sudah berganti dan mengusahakan bagaimana supaya klien tersebut maksimal pengirimannya ke SAP Express, bahkan kalau perlu 100 % pengiriman mereka semuanya ke SAP Express.
Collection, Sales juga di tuntut agar piutang perusahaan bisa tertagih 100% dan tepat waktu. Sales juga harus bisa bekerjasama dengan finance dan tim collection cabang serta deskcall, sehingga bisa mencapai target collection sesuai data outstanding penagihan yang keluar setiap minggunya.
Selama perjalanan sales baru tersebut ke depannya, mereka juga akan berkoordinasi terus dengan saya. Saya harus selalu ready untuk membantu mereka jika ada kendala di lapangan. Termasuk memberikan mereka leads calon klien untuk omset cabang mereka.
Meskipun saya di Jakarta, dan mereka di cabang mereka masing-masing, saya masih bisa memberikan mereka leads calon klien, baik berasal dari sales-sales kantor pusat atau cabang lainnya se Indonesia yang diinfokan melalui saya dan saya teruskan ke mereka, atau dari data yang saya dapatkan sendiri.
Terkadang melalui postingan mengenai SAP Express di Blog, saya sering mendapatkan leads dari sini. Banyak klien yang langsung WA baik ingin bermitra sebagai agen/konter retail SAP Express atau yang ingin menjadi klien korporat.
Memang idealnya untuk sebuah training bagi sales baru minimal 2-3 hari di dalam kelas, atau beberapa hari tandem di lapangan. Namun karena keterbatasan waktu dan jarak hal tersebut tidak bisa di lakukan. Namun, melalui koordinasi langsung dan belajar sambil jalan rerata mereka Alhamdulillah berhasil semua. Intinya jika mereka sering bertanya dan inisiatif tinggi InsyaAllah mereka bisa sukses.
Setiap Minggu juga ada zoom meeting untuk memantau perkembangan mereka setiap minggunya. Baik dari saya ataupun langsung dari GM sales.
Untuk produk knowledge sebenarnya juga bisa di pelajari dari masing-masing kacab mereka di cabang atau pun langsung dari tim operasional mereka. Namun, yang terpenting yang saya berikan adalah materi di sisi sales, bagaimana celah untuk bisa mendapatkan bisnis baru sesuai dengan ketentuan perusahaan.
Komentar
Posting Komentar
Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)