Langsung ke konten utama

Training Sales Baru Cabang By Phone

Pada Oktober 2020 ini ada enam sales baru Join ke SAP Express.  Lima dari cabang SAP Express di Sumatera yaitu Dua di Pekanbaru, Satu di Pangkal Pinang, Satu di Bengkulu dan Satu di Lampung, serta Satu dari Cilegon. 


Untuk training di awal seperti biasa, saya pandu melalui telepon. Sehari sebelum training seluruh bahan yang diperlukan saya kirimkan dahulu by WA atau Email. Bahan tersebut saya minta di baca dulu dan catat jika ada yang ingin ditanyakan. Baru kemudian saya training by Phone sesuai waktu yang di tentukan.


Waktu training di awal ini biasanya sekitar 30 menit saja. Jika di paksakan lebih dari itu biasanya mereka juga belum tergambar secara detail. Pokok-pokok tugas saja yang dijabarkan, serta produk dengan batasan tarif diskon maksimal dan ketentuan yang berlaku terkait 3 produk yang ingin di pasarkan di cabang masing-masing.


Selain itu juga disampaikan terkait administrasi, serta kelengkapan bahan jualan gimana prosedur meminta ke pusat jika sudah habis stok di cabang. 


Untuk tugas pokok sales SAP Express ada tiga, yaitu Perolehan bisnis baru, Maintenance klien Existing, dan Collection.


Untuk Perolehan bisnis baru ada 3 produk yang bisa di pasarkan sales SAP Express, yaitu Klien Korporat, Klien Sahabat Satria, dan Agen/ Konter Retail.


Adapun untuk Maintenance klien existing yang perlu di lakukan adalah memberitahukan bahwa PIC sales sudah berganti dan mengusahakan bagaimana supaya klien tersebut maksimal pengirimannya ke SAP Express, bahkan kalau perlu 100 % pengiriman mereka semuanya ke SAP Express.


Collection, Sales juga di tuntut agar piutang perusahaan bisa tertagih 100% dan tepat waktu. Sales juga harus bisa bekerjasama dengan finance dan tim collection cabang serta deskcall, sehingga bisa mencapai target collection sesuai data outstanding penagihan yang keluar setiap minggunya.


Selama perjalanan sales baru tersebut ke depannya, mereka juga akan berkoordinasi terus dengan saya. Saya harus selalu ready untuk membantu mereka jika ada kendala di lapangan. Termasuk memberikan mereka leads calon klien untuk omset cabang mereka.


Meskipun saya di Jakarta, dan mereka di cabang mereka masing-masing, saya masih bisa memberikan mereka leads calon klien, baik berasal dari sales-sales kantor pusat atau cabang lainnya se Indonesia yang diinfokan melalui saya dan saya teruskan ke mereka, atau dari data yang saya dapatkan sendiri.


Terkadang melalui postingan mengenai SAP Express di Blog, saya sering mendapatkan leads dari sini. Banyak klien yang langsung WA baik ingin bermitra sebagai agen/konter retail SAP Express atau yang ingin menjadi klien korporat.


Memang idealnya untuk sebuah training bagi sales baru minimal 2-3 hari di dalam kelas, atau beberapa hari tandem di lapangan. Namun karena keterbatasan waktu dan jarak hal tersebut tidak bisa di lakukan. Namun, melalui koordinasi langsung dan belajar sambil jalan rerata mereka Alhamdulillah berhasil semua. Intinya jika mereka sering bertanya dan inisiatif tinggi InsyaAllah mereka bisa sukses.


Setiap Minggu juga ada zoom meeting untuk memantau perkembangan mereka setiap minggunya.  Baik dari saya ataupun langsung dari GM sales. 


Untuk produk knowledge sebenarnya juga bisa di pelajari dari masing-masing kacab mereka di cabang atau pun langsung dari tim operasional mereka. Namun, yang terpenting yang saya berikan adalah materi di sisi sales, bagaimana celah untuk bisa mendapatkan  bisnis baru sesuai dengan ketentuan perusahaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Pertama Ganti Regulator Gas

Sudah tiga hari kami tidak bisa masak di rumah. Kompor gas di rumah tidak bisa menyala. Ketika tabung gas yang habis kami ganti, pas mau pasang tabung yang baru, selalu ada bunyi sssssssts.... Ini pertama saya mengalami hal seperti ini, biasanya pas pasang pertama keluar bunyi seperti itu, dibuka dan coba lagi pasang gak ada bunyi untuk yang kedua. Namun kali ini, sudah berkali-kali di coba tetap saja keluar bunyi mendesis dan tercium aroma gas di dapur. Regulator yang kami gunakan sejak awal pasang kompor gas di rumah bermerek Star Cam seperti gambar di atas. Produk ini sangat bagus dan gampang pasangnya, namun untuk tabung gas yang berisi 3 kilo. Ketika tabungnya bentuk pegangannya tidak sesuai ukuran lekukannya atau mungkin penyok, maka agak sulit memasang regulator tersebut yang sesuai presisi. Sehingga, saya sering meluruskan dulu gagang tabung gas, dengan memukul dengan palu atau batu. Ketika regulator gak lurus pasangnya, sering terdengar suara mendesis...issst dan tercium b

Cara Cek Kiriman Standar Express untuk Penerimanya di Padang

Saya sering kali mendapatkan telpon dari sipenerima paket Standard Express untuk penerima dalam Sumatera Barat . Tidak hanya ke nomor pribadi saya, ke kantor SAP Express yang beralamat di jl. Jhoni Anwar No. Q 8 Ulak Karang Padang juga begitu, terlebih ke nomor telpon kantor 0751-446508. Setiap kali sipenerima bilang standard express, CS SAP Express langsung bilang saja, maaf salah sambung, Ini kantor SAP Express.  Ada juga yang ngotot dan menghubungi saya kembali dari nomor telpon yang berbeda. Lalu, saya jawab lagi, maaf Bu, sudah saya sampaikan bahwa kami bukan Standard Express, tetapi kami adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Kalau yang Ibu tanyakan tadi, mohon maaf saya tidak mengetahui. Memang benar, saya belum pernah mendengar apa itu ekspedisi Standard Express, apalagi untuk posisi kantornya di Padang saya belum pernah lihat.  Kemungkinan mereka baru menggunakan vendor lokal atau nebeng kirim paket melalui ekspedisi lainnya. Saking sering kena telpon seperti itu, saya

Pengalaman Perdana Ikut Gurah Kesehatan

Tadi malam saya pertama kali mengikuti gurah kesehatan. Informasi tentang apa itu gurah dan manfaatnya sebenarnya sudah sejak se bulan yang lalu, info ini diberitahukan oleh Arif serta Ayahnya pada ku. Namun, karena sehubungan dengan bulan puasa, makanya kegiatan gurah ditiadakan pada saat itu, dan habis lebaran diadakan kembali. Kegiatan gurah kesehatan ini aku ikuti di Miftahussyifa, sebuah pondok pengobatan alternatif. Mulai dari pengobatan bio energy, totok wajah, gurah dan steam mata, gurah kesehatan serta bekam tersedia di sana, begitu juga dengan obat-obatan herbal yang di racik sendiri oleh Yayasan Miftahussyifa Bengkulu. Ketika saya bertanya ke salah satu terapisnya, yayasan Miftahusyifa ini sudah ada cabang se Sumatera dan Jawa, dan pusatnya di Bengkulu. Untuk di Padang saja stafnya kurang lebih 10 orang dengan keahlian yang berbeda-beda.  Untuk berobat pun di sini tidak ada dipungut biaya, namun hanya disediakan kotak sedekah, kita tinggal isi kotak sedekah te