SAP Express pada tahun 2020 ini, menargetkan perolehan bisnis baru dari konter retail bisa tembus 1000 konter. Banyak strategi yang dilakukan untuk mencapai target penambahan agen retail 1000 konter tersebut.
Salah satu strateginya adalah menambah Divisi Telesales. Sembari juga menggerakkan Field sales di seluruh cabang untuk berfokus juga dalam pencarian agen retail baru.
Disisi divisi Retail sendiri juga ditambah SDM jadi 3 kali lipat, bahkan juga ada divisi baru yang fokus untuk menyusun strategi penambahan agen retail, research dan maintenance agen retail. Disamping itu divisi marketing juga di perkuat pendanaannya untuk membuat program marketing, termasuk melakukan promosi di Facebook Ads dan Google Adwords.
Kebetulan divisi marketing di awal program ruang kerjanya berdekatan dengan ruangan kerja kami sebagai sales korporat. Saya jadi sedikit lebih tahu untuk di awal mereka melakukan promosi.
Ada salah satu pic-nya juga dekat dengan saya. Di awal program, mereka merancang iklan di Facebook Ads. Copywriting-nya pada saat itu masih sangat sederhana, tujuan awalnya kala itu hanya melihat interest masyarakat dan trial sembari menemukan pola yang tepat.
Baca Juga : Jadi Jago Jualan Di Facebook
Di awal pasang iklan facebook ads, lumayan peroleh leads per harinya. Dicoba untuk menargetkan kota-kota besar di Indonesia, sampai per hari pernah dapatkan leads sampai ratusan calon agen retail.
Tanpa menyia-nyiakan data yang di peroleh, tim marketing pun menyusun dan membuat sebuah database dalam format website. Nama leads tersebut juga di urut berdasarkan kota dan langsung dipasangkan dengan field sales di cabang. Kisaran total sales yang akan melakukan follow up untuk data tersebut adalah 120 orang se Indonesia.
Program ini dimulai di pertengahan Juli 2020. Sampai Agustus 2020 data yang sudah masuk kisaran 2000 data lebih. September 2020 data yang sudah masuk kisaran 6000 lebih.
Pada awal oktober 2020, tim marketing juga melakukan penambahan aktifitas promosi di Google adwords. Sehingga data pada saat ini akhir Oktober 2020 sudah masuk lebih dari 10.000 data.
Dari 10.000 data ini, dapatkan saja 10 persen yang deal dan menjadi konter retail, maka itu sudah sampai target pada tahun 2020 ini. Namun, jika dilihat dari karakteristik data yang masuk, kisaran 40 Persen masih bisa diupayakan untuk terjadi konversi menjadi konter retail. Sungguh luar biasa peranan promosi melalui Facebook Ads, apalagi ditambah dengan Google Adwords.
Jika Telesales dan field sales lebih jago lagi mengirimkan penawaran dan copywriting yang ciamik, serta bisa lakukan presentasi sempurna secara langsung maupun melalui telpon atau wa, tentu hasilnya akan lebih maksimal. Ditambah mereka juga konsisten melakukan follow up, tentu hasilnya bisa jauh melampaui target yang dicanangkan perusahaan.
Baca Juga : Cara Mendapatkan 100 Lead Facebook Ads Per Hari
Komentar
Posting Komentar
Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)