Sejak minggu kedua Juli 2020 ini, management SAP Express sudah memberlakukan aturan yang sangat ketat bagi semua sales. Baik sales cabang di kantor pusat maupun sales di seluruh cabang se Indonesia.
Sebelumnya pada awal Juni 2020, aturan reward secara resmi sudah di release juga. Termasuk juga dengan fasilitas pendukung seperti BBM, tol, Parkir, serta Allowance serta Komisi.
Bagi kami semua sales akan diberikan kesempatan pada dua bulan ke depan ini, Agustus dan September 2020. Nantinya penilaian akan dilakukan pada minggu pertama dan kedua Oktober 2020. Siapa yang bisa mencapai target di kesempatan terakhir ini maka mereka akan bisa dilanjutkan perjuangannya untuk di tahun 2021. Bagi yang tidak, maka perjuangan berakhir sampai di Oktober 2020 ini saja. Mereka harus rela untuk say goodbye kepada SAP express.
Langkah ini harus diambil management agar target di tahun 2020 ini bisa tercapai. Reward yang memonya sudah keluar dahuluan, ini merupakan kesempatan yang sangat besar untuk mendapatkan tambahan penghasilan bagi sales. Ini reward yang lebih besar dari memo sebelum-sebelumnya. Jika ini juga tidak bisa lebih memotivasi si sang sales, maka aturan kesempatan terakhir pun keluar.
Semua sales di SAP Express harus bisa mencapai 15 bisnis baru, baik itu Klien Kredit, Agen Retail atau pun klien Sahabat Satria. Selain itu, sales juga diminta untuk bisa memberikan volume (kg) shipment sesuai target yang diberikan, masing-masing sales berbeda, tergantung lama kerja di SAP Express. Target terakhir adalah menuntaskan piutang perusahaan kepada klien. Tagihan-tagihan pengiriman SAP Express kepada klien harus segera di urus atau di tagih, semuanya di akhir september 2020 sudah harus hilang di data outstanding.
Bagi semua sales cabang terkhusus 10 orang yang mencapai prestasi terendah pada bulan-bulan sebelumnya, harus menandatangani selembar surat pernyataan di atas materai 6000. Jika 3 target di atas tidak tercapai maka mereka bersedia di pindahkan ke cabang SAP Express terjauh atau ke kantor pusat, jika tidak mau mereka harus bersedia mengundurkan diri.
Wow, gimana ya rasanya. Tapi itulah dunia sales, siap bersedia bekerja di bawah tekanan.
Bagi sales sih, terutama tim saya sudah terbiasa dengan hal ini. Namun, bagi tim di divisi lain harusnya juga di terapkan hal yang sama. Jika mereka tidak mencapai target KPI mereka masing-masing, maka mereka harus juga untuk mendapatkan Kesempatan Terakhir seperti yang kami di sales dapatkan.
Dengan begitu lebih fair. Ini pastinya, kita masing-masing di tuntut untuk bekerja dengan maksimal semuanya. Dengan adanya kesempatan terakhir ini di semua divisi, pasti kinerja perusahaan juga akan semakin baik. Tingkat kesalahan akan menjadi semakin kecil terutama di Operasional dan delivery.
Anggap saja, si sales berhasil, yang ditandai dengan semakin banyak bisnis baru, namun jika di operasional juga tidak menerapkan adanya "Kesempatan Terakhir" tentu perusahaan juga tidak bisa berjalan bagus. Klien pun juga akan mental semua.
Ya, itulah. Tidak tertutup kemungkinan ada juga yang lebih bersemangat kerja jadinya, namun ada juga yang pesimis dan pasrah akan keadaan. Namun bagaimana pun kesempatan 60 hari ke depan, masih sangat banyak yang bisa dilakukan. Jika semuanya berfikiran positif menerima akan hal ini, insyaAllah mereka bisa Growth, namun bagi yang berfikiran negatif hari-hari ke depan akan semakin muram baginya, dan tentu tidak akan ada lagi kesempatan berikutnya.
Sebelumnya pada awal Juni 2020, aturan reward secara resmi sudah di release juga. Termasuk juga dengan fasilitas pendukung seperti BBM, tol, Parkir, serta Allowance serta Komisi.
Bagi kami semua sales akan diberikan kesempatan pada dua bulan ke depan ini, Agustus dan September 2020. Nantinya penilaian akan dilakukan pada minggu pertama dan kedua Oktober 2020. Siapa yang bisa mencapai target di kesempatan terakhir ini maka mereka akan bisa dilanjutkan perjuangannya untuk di tahun 2021. Bagi yang tidak, maka perjuangan berakhir sampai di Oktober 2020 ini saja. Mereka harus rela untuk say goodbye kepada SAP express.
Langkah ini harus diambil management agar target di tahun 2020 ini bisa tercapai. Reward yang memonya sudah keluar dahuluan, ini merupakan kesempatan yang sangat besar untuk mendapatkan tambahan penghasilan bagi sales. Ini reward yang lebih besar dari memo sebelum-sebelumnya. Jika ini juga tidak bisa lebih memotivasi si sang sales, maka aturan kesempatan terakhir pun keluar.
Semua sales di SAP Express harus bisa mencapai 15 bisnis baru, baik itu Klien Kredit, Agen Retail atau pun klien Sahabat Satria. Selain itu, sales juga diminta untuk bisa memberikan volume (kg) shipment sesuai target yang diberikan, masing-masing sales berbeda, tergantung lama kerja di SAP Express. Target terakhir adalah menuntaskan piutang perusahaan kepada klien. Tagihan-tagihan pengiriman SAP Express kepada klien harus segera di urus atau di tagih, semuanya di akhir september 2020 sudah harus hilang di data outstanding.
Bagi semua sales cabang terkhusus 10 orang yang mencapai prestasi terendah pada bulan-bulan sebelumnya, harus menandatangani selembar surat pernyataan di atas materai 6000. Jika 3 target di atas tidak tercapai maka mereka bersedia di pindahkan ke cabang SAP Express terjauh atau ke kantor pusat, jika tidak mau mereka harus bersedia mengundurkan diri.
Wow, gimana ya rasanya. Tapi itulah dunia sales, siap bersedia bekerja di bawah tekanan.
Bagi sales sih, terutama tim saya sudah terbiasa dengan hal ini. Namun, bagi tim di divisi lain harusnya juga di terapkan hal yang sama. Jika mereka tidak mencapai target KPI mereka masing-masing, maka mereka harus juga untuk mendapatkan Kesempatan Terakhir seperti yang kami di sales dapatkan.
Dengan begitu lebih fair. Ini pastinya, kita masing-masing di tuntut untuk bekerja dengan maksimal semuanya. Dengan adanya kesempatan terakhir ini di semua divisi, pasti kinerja perusahaan juga akan semakin baik. Tingkat kesalahan akan menjadi semakin kecil terutama di Operasional dan delivery.
Anggap saja, si sales berhasil, yang ditandai dengan semakin banyak bisnis baru, namun jika di operasional juga tidak menerapkan adanya "Kesempatan Terakhir" tentu perusahaan juga tidak bisa berjalan bagus. Klien pun juga akan mental semua.
Ya, itulah. Tidak tertutup kemungkinan ada juga yang lebih bersemangat kerja jadinya, namun ada juga yang pesimis dan pasrah akan keadaan. Namun bagaimana pun kesempatan 60 hari ke depan, masih sangat banyak yang bisa dilakukan. Jika semuanya berfikiran positif menerima akan hal ini, insyaAllah mereka bisa Growth, namun bagi yang berfikiran negatif hari-hari ke depan akan semakin muram baginya, dan tentu tidak akan ada lagi kesempatan berikutnya.
Komentar
Posting Komentar
Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)