Sedang enak kerja, tiba-tiba telpon genggam saya berdering dari nomor yang tidak dikenal, kemudian saya jawab panggilan tersebut. Ternyata beliau seorang kurir dari “Sibiru” yang antarkan paket kiriman COD saya dari Lazada. Saya kira yang mengantarkan paket yaitu dari LEX sendiri seperti sebelum-sebelumnya ternyata lain pada pengantaran kali ini.
Alamat memang sengaja saya buatkan di rumah agar memudahkan pengambilan, saya perkiraan sampainya paket tersebut pada Sabtu atau Minggu tapi ternyata paket sampai lebih cepat satu hari. Akhirnya saya keluar dari kantor menuju ke gerbang gang rumah kontrakkan saya. Jaraknya sangat dekat kok, Cuma satu menit dengan berjalan kaki.
Sesampainya di sana, eh ternyata abang kurirnya gak ada. Saya coba call beberapa kali, ternyata gak ada jawaban. Saya kesal banget. Kalo saya batalkan pesanan gimana ya?
Ternyata kurirnya ngantarkan satu paket ke tempat lain yang jaraknya gak terlalu jauh. Ketika saya sudah kembali ke kantor, beliau menghubungi saya kembali dan memberitahukan beliau sudah di pos satpam kantor saya. Akhirnya saya keluar dan bayar uang COD kepada kurir tersebut.
Saya bisa saja melakukan transfer langsung ke Lazadanya. Namun gak bisa-bisa, dengan ATM bank Mandiri saya. Akhirnya saya menjadi senang dengan layanan COD ini. Setidaknya dengan layanan ini bisa memberikan keuntungan lebih bagi si kurir.
Namun saya sangat miris melihat banyak paket yang dipesan melalui layanan COD dan kurir pun sudah sampai di rumah sipenerima, tapi tiba-tiba saja kiriman tersebut cancel tanpa rasa bersalah sama sekali.
Padahal jika memang tidak berniat membeli jangan di pesan. Jika tidak butuh jangan di pesan. Kan kasihan, si seller sudah capek-capek membungkus kiriman tersebut. Kurir juga bersusah payah mengantarkan paket, dimana hati anda sebagai sipenerima paket. Jika Anda yang menolak paket berada di posisi seller dan kurir, bagaimana perasaan Anda? Saya yakin Anda juga akan kesal seperti mereka.
Makanya tak hayal, beberapa komunitas bisnis online mendirikan sebuah website dengan link Daftarhitamcod.com. Web ini berisi nama orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk pesanannya atau mungkin hanya sengaja “ngeprank” para pebisnis online.
Saya yakin, pebisnis online memberikan layanan COD agar memudahkan konsumen untuk memiliki produk mereka. Hargai niat baik dan usaha mereka.
Komentar
Posting Komentar
Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)