Langsung ke konten utama

Daftar Hitam Pelanggan Cash On Delivery se Indonesia

Beberapa waktu yang lalu saya dapat info bahwa ada sebuah website yang bernama daftarhitamcod.com. Link ini saya dapatkan dari group klien, yang terdapat 5900 member yang sebagian besar jualan online dan banyak juga yang memberikan layanan  Cash On Delivery (COD).

Wajar saja jika ada web seperti ini, apalagi yang mengalami kerugian yang cukup besar adalah pebisnis online. Siapa tidak akan kesal, ketika mereka kena PHP atas pemesanan barang yang tiba-tiba saja mereka cancel atau tolak.

Resiko Pebisnis Online yang Memberikan Layanan COD

Menurut hemat penulis, layanan COD ini memberikan keuntungan bagi sipemilik bisnis online dan si customer. Di sisi customer mereka menerima paket dulu baru bayar, sehingga bisa terhindar dari penipuan. Sedangkan disisi pemilik bisnis online, mereka bisa menambah market mereka yang bisa berpotensi membuat omset penjualan mereka meningkat.

Namun disisi lainnya ada beberapa kelemahan sistem COD yang bisa merugikan sipemilik bisnis online, salah satunya mendapatkan customer yang nakal.

Sepengetahuan penulis sendiri, hampir semua pebisnis online menerima penolakan pengiriman paket pada layanan COD. Jika penolakan ini murni kesalahan dari si pemilik bisnis online sendiri wajar lah ya, seperti paket tidak sesuai pesanan, paket rusak, atau paket tidak bisa digunakan. Hal ini sangat bisa diterima.

Ada case yang sebenarnya tidak dapat diterima, yaitu ketika customer sudah memesan paket namun ketika paket sudah sampai di tujuan langsung di tolak atau cancel. Bahkan, ada yang menjawab tidak ada uang. Kalau pun ada iktikat baik dari customer bahwa mereka baru ada uang beberapa hari kemudian, ini tidak mengapa, masih bisa di tolerir oleh sipengirim. Ada juga yang memesan paket sampai beberapa pcs, namun akhirnya menolak dengan alasan, kemaren saya hanya coba-coba. 

Pada postingan kali ini saya hanya ingin menyampaikan. Ketika ada postingan iklan online, coba lah customer untuk lebih berfikiran rasional. Jika memang butuh dengan paket atau tawaran dari iklan online tersebut dan ada uang silahkan pesan. Namun, jika tidak butuh dan belum ada uang, ya jangan di pesan dulu. Karena maaf, saya bukan membela sipebisnis online. Jika paket sudah keluar gudang, maka sipebisnis online sudah pasti mengeluarkan biaya yang namanya ongkir. Kemudian jika sampai paket tersebut tidak jadi diambil, pasti juga sipebisnis online juga akan mengeluarkan biaya tambahan ongkir return. Sehingga mereka mengalami kerugian yang cukup besar.

Jika ada yang membatalkan pesanan karena harga paket COD sangat mahal. Wajar, harga paket yang dipesan via COD lebih mahal dengan paket yang di bayar secara langsung. Karena dipebisnis online mengeluarkan biaya lebih besar kepada perusahaan ekspedisi untuk layanan ini, dibandingkan dengan layanan biasa. Diluar biaya tersebut, pasti juga ada biaya iklan dan operasional serta lainnya.    

So, berikan kesempatan bagi pebisnis online untuk menjualkan paketnya. Toh, mereka menggunakan layanan COD ini juga untuk membuat Anda nyaman sebagai customer mereka. 

Buat kita sebagai customer, ketika menerima penawaran menarik, sekali lagi jangan langsung pencet tombol pesan. Coba di cek dulu, apakah produk tersebut memang kita butuhkan untuk saat ini dan apakah memang sudah ada budgetnya. Jika memang butuh dan ada budget silahkan pesan.

Ingat ketika kita sudah pesan, maka ambil. Ketika kita tolak seenaknya tanpa dasar, memang itu haknya konsumen, namun disatu sisi lainnya Anda sedang mengabaikan hak sipenjual yang sudah menunaikan kewajibannya mengirimkan pesanan Anda lho ya.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Pemasaran Ala Nabi Muhammad Saw

      Komentar

      Postingan populer dari blog ini

      Pengalaman Pertama Ganti Regulator Gas

      Sudah tiga hari kami tidak bisa masak di rumah. Kompor gas di rumah tidak bisa menyala. Ketika tabung gas yang habis kami ganti, pas mau pasang tabung yang baru, selalu ada bunyi sssssssts.... Ini pertama saya mengalami hal seperti ini, biasanya pas pasang pertama keluar bunyi seperti itu, dibuka dan coba lagi pasang gak ada bunyi untuk yang kedua. Namun kali ini, sudah berkali-kali di coba tetap saja keluar bunyi mendesis dan tercium aroma gas di dapur. Regulator yang kami gunakan sejak awal pasang kompor gas di rumah bermerek Star Cam seperti gambar di atas. Produk ini sangat bagus dan gampang pasangnya, namun untuk tabung gas yang berisi 3 kilo. Ketika tabungnya bentuk pegangannya tidak sesuai ukuran lekukannya atau mungkin penyok, maka agak sulit memasang regulator tersebut yang sesuai presisi. Sehingga, saya sering meluruskan dulu gagang tabung gas, dengan memukul dengan palu atau batu. Ketika regulator gak lurus pasangnya, sering terdengar suara mendesis...issst dan tercium b

      Cara Cek Kiriman Standar Express untuk Penerimanya di Padang

      Saya sering kali mendapatkan telpon dari sipenerima paket Standard Express untuk penerima dalam Sumatera Barat . Tidak hanya ke nomor pribadi saya, ke kantor SAP Express yang beralamat di jl. Jhoni Anwar No. Q 8 Ulak Karang Padang juga begitu, terlebih ke nomor telpon kantor 0751-446508. Setiap kali sipenerima bilang standard express, CS SAP Express langsung bilang saja, maaf salah sambung, Ini kantor SAP Express.  Ada juga yang ngotot dan menghubungi saya kembali dari nomor telpon yang berbeda. Lalu, saya jawab lagi, maaf Bu, sudah saya sampaikan bahwa kami bukan Standard Express, tetapi kami adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Kalau yang Ibu tanyakan tadi, mohon maaf saya tidak mengetahui. Memang benar, saya belum pernah mendengar apa itu ekspedisi Standard Express, apalagi untuk posisi kantornya di Padang saya belum pernah lihat.  Kemungkinan mereka baru menggunakan vendor lokal atau nebeng kirim paket melalui ekspedisi lainnya. Saking sering kena telpon seperti itu, saya

      Pengalaman Perdana Ikut Gurah Kesehatan

      Tadi malam saya pertama kali mengikuti gurah kesehatan. Informasi tentang apa itu gurah dan manfaatnya sebenarnya sudah sejak se bulan yang lalu, info ini diberitahukan oleh Arif serta Ayahnya pada ku. Namun, karena sehubungan dengan bulan puasa, makanya kegiatan gurah ditiadakan pada saat itu, dan habis lebaran diadakan kembali. Kegiatan gurah kesehatan ini aku ikuti di Miftahussyifa, sebuah pondok pengobatan alternatif. Mulai dari pengobatan bio energy, totok wajah, gurah dan steam mata, gurah kesehatan serta bekam tersedia di sana, begitu juga dengan obat-obatan herbal yang di racik sendiri oleh Yayasan Miftahussyifa Bengkulu. Ketika saya bertanya ke salah satu terapisnya, yayasan Miftahusyifa ini sudah ada cabang se Sumatera dan Jawa, dan pusatnya di Bengkulu. Untuk di Padang saja stafnya kurang lebih 10 orang dengan keahlian yang berbeda-beda.  Untuk berobat pun di sini tidak ada dipungut biaya, namun hanya disediakan kotak sedekah, kita tinggal isi kotak sedekah te