Langsung ke konten utama

Metode Pasang Iklan Online SAP Express Padang

Beberapa waktu ini, saya melakukan sebuah project untuk pasang iklan SAP Express. Iklan yang ku pasang pertama ini adalah iklan untuk ngajak masyarakat agar berinvestasi untuk menjadi agen retail SAP Express di Sumatera Barat.

Iklan ini ku pasang di Fanspage SAP Express Padang, kemudian ku pasang Facebook Ads, Bunyi Iklannya, " Siapa lagi yang akan membuka jasa ekspedisi dari rumahnya?. " Di bawah tulisan tersebut ditambahkan Fee sampai 25% per transaksi pengiriman dan info lebih lanjut hubungi nomor HP WA pribadiku.

Iklan ini ku pasang selama 4 hari dan menargetkan untuk masyarakat dalam Sumatera Barat. Dari penargetan ini, biaya yang aku keluarkan hanya sebesar Rp. 56.000,- saja.

Setelah ku coba, alhamdulillah ada dua yang meminta penjelasan namun belum serius nampaknya via messenger. Efek positifnya, fanspage SAP Express banyak yang ngelike dan banyak yang bisa diundang untuk menyukai atau mengikuti fanspage SAP Express ini. Ini saja dulu sudah alhamdulillah banget.

Nah, tapi ada satu orang Ibu-Ibu yang langsung call ke kantor SAP Express. Semoga besok Jumat, 5 Juli 2019 bisa ku temui dan ditanyakan dari mana Ibu tersebut tahu dan menanyakan perihal untuk investasi menjadi agen retail SAP Express Padang. Jika Ibu tersebut mendapat info di Facebook, maka sudah bisa di pastikan yang bersangkutan adalah hasil dari pemasangan iklan tersebut.

Pasang iklan di FB Ads sebenarnya sudah dua kali ku lakukan. Pertama di Fanspage pribadi yang berjudul "Fashion Of Your Choice," dimana fanspage tersebut menjual produk fashion khusus link mengarah ke link eccomerce seperti di Bibli, Zalora, Lazada, Shoppe dan lain-lain. Jika ada yang nge-klik link tersebut dan membeli produk di sana, Alhamdulillah ku bisa mendapatkan fee. 

Dari pasang iklan tersebut alhamdulillah, aku pecah telur dan mendapatkan fee walau tidak seberapa. Ada beberapa pelajaran yang ku dapatkan dari pasang iklan tersebut:

1. Aku salah memasang link generate, harusnya pasang link spesifik produk. Karena banyak yang nanya, dan ada juga yang nge-klik langsung. Namun sayang link hanya mengarah ke akun utama Lazada, bukan langsung ke link produk tersebut. Sehingga ini menjadi potensi kehilangan omset.

2. Ada banyak yang komen, menanyakan harga dan ongkir. Ini sebenarnya bisa saja ku ladeni. Minta alamat lengkapnya, kemudian infokan harganya terus minta yang bersangkutan transfer ke rekening ku. Setelah di transfer lalu ku pesan melalui link affiliate ku di Lazada. Untuk alamat pengiriman langsung saja ku buatkan ke alamat pemesan. Aku dapat Fee dari Affiliate, kemudian ku juga bisa dapat selisih harga. Namun, kelemahannya ketika nantinya barang yang di pesankan langsung tidak sesuai dengan harapan, maka aku akan kena getahnya. Orang merasa ketipu dan kecewa dengan pelayananku. Padahal ketika ini ku lakukan, maka aku jatuhnya sebagai Dropshipper jadinya.

3. Aku harusnya memasang iklan atau link yang fee nya lebih besar. Contoh : Jika ku pasang iklan " Taktik Jualan Tanpa Penolakan, " ketika ada yang klik dan membeli produk tersebut tentu fee nya bisa lebih gede dan aku bisa balik modal dari pemasangan iklan di Fb Ads tersebut.

Ini InsyaAllah jika dicoba lagi, dan belajar dari kesalahan, InsyaAllah bisa mendatangkan hasil yang lumayan juga nih. Nanti ku akan coba lagi dan ku posting hasilnya ya di blog ini, InsyaAllah.

Adapun hasil evaluasi dari pasang iklan investasi menjadi agen retail SAP Express adalah :

1. Aku salah menset target usia. Pertama pasang sudah pas targetnya, namun entah kendala apa target usia berubah menjadi 18+ - 65 tahun. Padahal idealnya adalah 30-45 tahun. 

2. Nomor handphone harusnya ku pasang link yang mengarah ke WA ku langsung. Sehingga, ketika mereka tertarik dan nge-klik gambar dan link, maka akan mengarah ke WA dan bisa ku jawab langsung. Sehingg lebih terkesan fast respon dan aku juga bisa mendapatkan tambahan data base. Yang ngebaca iklan tersebut ternyata 99% banyak dari Handphone, sehingga wajar saja mereka agak kesulitan untuk memberikan respon atau feedback kepadaku.

Intinya pelajaran yang telah ku dapatkan :

1. Untuk pasang iklan mencari Investor Agen Retail memang lebih bagus fokus di Facebook, IG dan follow up by email atau WA. Untuk penjelasan lengkap bisa saja buat di blog atau website pribadi. Produk ini sifatnya, perlu di beritahukan ke khalayak ramai. Produk bagus, jika tidak diberitahukan, orang mana yang akan mau ikut.

2. Untuk produk yang dibutuhkan banget, seperti iklan " Jasa Pengiriman Motor Terbaik Rute Padang ke Jakarta misalkan," ini memang cocok untuk di pasang iklan melalui Blog atau Website. Karena ketika ada orang yang butuh, mereka otomatis akan cari di Google. Jika mereka cari di Google kita banyak ngulas tentang pengiriman motor tersebut, tentu rating di Google kita yang terbaik dan terpajang di halaman teratas hasil pencarian mbah Google. 

Memang banyak orang yang mengirimkan motornya dengan SAP Express pada bulan Juni sampai Awal Juli 2019 ini. Yang bertanya pun juga sudah sangat banyak. Paling jauh yang bertanya pengiriman dari Padang ke Jember. Paling sering Jakarta, Pekanbaru dan Batam. 

Oya, satu lagi termasuk jika ingin meningkatkan brand, posting review atau iklan perusahaan kita melalui blog atau website juga bagus, karena bisa memudahkan orang yang kita tawarkan kerjasama untuk mencek atau melihat ulasan tentang perusahaan kita diinternet. Begitu juga, pembahasan-pembahasan negatif tentang perusahaan kita pun bisa terpinggirkan jadinya, karena ulasan kita jauh lebih banyak dan lebih dulu post nya ketimbang ulasan-ulasan negatif tersebut.

Demikian postingan sore kali ini sobat, semoga bermanfaat ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Pertama Ganti Regulator Gas

Sudah tiga hari kami tidak bisa masak di rumah. Kompor gas di rumah tidak bisa menyala. Ketika tabung gas yang habis kami ganti, pas mau pasang tabung yang baru, selalu ada bunyi sssssssts.... Ini pertama saya mengalami hal seperti ini, biasanya pas pasang pertama keluar bunyi seperti itu, dibuka dan coba lagi pasang gak ada bunyi untuk yang kedua. Namun kali ini, sudah berkali-kali di coba tetap saja keluar bunyi mendesis dan tercium aroma gas di dapur. Regulator yang kami gunakan sejak awal pasang kompor gas di rumah bermerek Star Cam seperti gambar di atas. Produk ini sangat bagus dan gampang pasangnya, namun untuk tabung gas yang berisi 3 kilo. Ketika tabungnya bentuk pegangannya tidak sesuai ukuran lekukannya atau mungkin penyok, maka agak sulit memasang regulator tersebut yang sesuai presisi. Sehingga, saya sering meluruskan dulu gagang tabung gas, dengan memukul dengan palu atau batu. Ketika regulator gak lurus pasangnya, sering terdengar suara mendesis...issst dan tercium b

Cara Cek Kiriman Standar Express untuk Penerimanya di Padang

Saya sering kali mendapatkan telpon dari sipenerima paket Standard Express untuk penerima dalam Sumatera Barat . Tidak hanya ke nomor pribadi saya, ke kantor SAP Express yang beralamat di jl. Jhoni Anwar No. Q 8 Ulak Karang Padang juga begitu, terlebih ke nomor telpon kantor 0751-446508. Setiap kali sipenerima bilang standard express, CS SAP Express langsung bilang saja, maaf salah sambung, Ini kantor SAP Express.  Ada juga yang ngotot dan menghubungi saya kembali dari nomor telpon yang berbeda. Lalu, saya jawab lagi, maaf Bu, sudah saya sampaikan bahwa kami bukan Standard Express, tetapi kami adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Kalau yang Ibu tanyakan tadi, mohon maaf saya tidak mengetahui. Memang benar, saya belum pernah mendengar apa itu ekspedisi Standard Express, apalagi untuk posisi kantornya di Padang saya belum pernah lihat.  Kemungkinan mereka baru menggunakan vendor lokal atau nebeng kirim paket melalui ekspedisi lainnya. Saking sering kena telpon seperti itu, saya

Pengalaman Perdana Ikut Gurah Kesehatan

Tadi malam saya pertama kali mengikuti gurah kesehatan. Informasi tentang apa itu gurah dan manfaatnya sebenarnya sudah sejak se bulan yang lalu, info ini diberitahukan oleh Arif serta Ayahnya pada ku. Namun, karena sehubungan dengan bulan puasa, makanya kegiatan gurah ditiadakan pada saat itu, dan habis lebaran diadakan kembali. Kegiatan gurah kesehatan ini aku ikuti di Miftahussyifa, sebuah pondok pengobatan alternatif. Mulai dari pengobatan bio energy, totok wajah, gurah dan steam mata, gurah kesehatan serta bekam tersedia di sana, begitu juga dengan obat-obatan herbal yang di racik sendiri oleh Yayasan Miftahussyifa Bengkulu. Ketika saya bertanya ke salah satu terapisnya, yayasan Miftahusyifa ini sudah ada cabang se Sumatera dan Jawa, dan pusatnya di Bengkulu. Untuk di Padang saja stafnya kurang lebih 10 orang dengan keahlian yang berbeda-beda.  Untuk berobat pun di sini tidak ada dipungut biaya, namun hanya disediakan kotak sedekah, kita tinggal isi kotak sedekah te