Langsung ke konten utama

Rangking Dua Semester Awal 2019 Dari Seluruh Sales Cabang Se Indonesia

Biasanya jika sudah memasuki bulan Juni, ini merupakan bulan terakhir untuk penilaian tahap pertama atas kinerja seluruh sales di perusahaanku pada semester pertama. Mulai dari Januari hingga Juni, nanti pada awal bulan juli akan keluar rapor penilaian kinerja seluruh sales, termasuk sales di kantor pusat.

Jika penilaian kinerja bagus, maka akan diteruskan kontraknya, terutama bagi sales baru. Untuk sales senior atau yang sudah tetap, ini termasuk penentuan kenaikan gaji, tambahan insentif atau pun tambahan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan. 

Namun sebaliknya, jika kinerja tidak memuaskan, untuk karyawan yang masih kontrak bisa diputus kontraknya, apalagi yang masih dibawah 3 bulan yang berposisi sebagai magang, tentu tidak bisa dilanjutkan ke kontrak. Termasuk sales yang sudah tetap, bisa di turunkan fasilitasnya, atau penurunan tunjangan. Ya, begitulah.

Meskipun bulan Juni 2019 ini belum habis, baru 2 orang yang sudah melampaui target, yaitu sales SAP Express Surabaya dan saya. Alhamdulillah. Ini dari segi jumlah penambahan klien baru dengan persentase pencapaianku 132 %, sedangkan sales Surabaya mencapai 192%. Jika di total omset, Alhamdulillah omset perolehanku yang paling tinggi se Indonesia, diantara seluruh sales cabang SAP Express.

Untuk mencapai posisi pertama di waktu yang tinggal 20 hari kurang ini rasanya imposible. Begitu juga yang di bawahku juga agak sulit menyalip perolehan penambahan klien baru yang berhasil ku capai di semester awal 2019 ini. Karena angka perolehan yang sangat jauh berbeda, antara diriku dan sales Surabaya dan juga antara aku dan orang yang nomor tiga di bawah perolehanku.

Untuk menyalip posisi nomor satu sampai akhir tahun 2019 ini InsyaAllah bisa ku lakukan. Tinggal konsisten saja dengan planning dan cara kerja yang selama ini sudah ku terapkan sejak tahun 2017. Semetser awal ini pun aku juga gak maksimal kerjanya, namun kenapa klien ku lebih banyak bertambah, karena prospekan klien yang ku lakukan sejak 2015 sampai 2018 ada yang baru bergabung Januari-Mei 2019 kemaren. Sejak 2015 ku masukkan penawaran, 2016 dan 2017 ku ulangi lagi dengan penawaran yang lebih update, baru tahun 2019 ini mereka menggunakan jasa perusahaan kami.

Mengejar rangking pertama, ku gak bisa santai lagi, dan juga karena stok prospek sudah mulai menipis. Aku harus memperbanyak lead dan calon klien yang akan di garap. Selain itu, dari sekarang ku juga harus mengirimkan penawaran lebih banyak lagi dari sebelumnya, serta door to door kembali.

Kegiatan prospek harus lebih diperbanyak, pasang iklan juga lebih intens lagi baik offline atau pun online. Meminta referensi dari klien eksisting juga tidak ketinggalan harus dirutinkan kembali.

Sebenarnya banyak cara yang bisa ku terapkan untuk ke depan. Cara-caranya nanti akan ku posting satu persatu di blog ini ya, agar teman-teman sales di perusahaanku bisa mencontohnya dan menerapkan cara ini di cabangnya masing-masing. Atau pun kalau ada sales ekspedisi lainnya silahkan mencoba cara ini. Toh, rezeki masing-masing juga sudah di tetapkan Allah Swt. 

Dengan berbagai, hati dan pikiranku tambah plong, dan semoga rezeki ku juga semakin lancar juga. Aamiin. hehehe.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Pertama Ganti Regulator Gas

Sudah tiga hari kami tidak bisa masak di rumah. Kompor gas di rumah tidak bisa menyala. Ketika tabung gas yang habis kami ganti, pas mau pasang tabung yang baru, selalu ada bunyi sssssssts.... Ini pertama saya mengalami hal seperti ini, biasanya pas pasang pertama keluar bunyi seperti itu, dibuka dan coba lagi pasang gak ada bunyi untuk yang kedua. Namun kali ini, sudah berkali-kali di coba tetap saja keluar bunyi mendesis dan tercium aroma gas di dapur. Regulator yang kami gunakan sejak awal pasang kompor gas di rumah bermerek Star Cam seperti gambar di atas. Produk ini sangat bagus dan gampang pasangnya, namun untuk tabung gas yang berisi 3 kilo. Ketika tabungnya bentuk pegangannya tidak sesuai ukuran lekukannya atau mungkin penyok, maka agak sulit memasang regulator tersebut yang sesuai presisi. Sehingga, saya sering meluruskan dulu gagang tabung gas, dengan memukul dengan palu atau batu. Ketika regulator gak lurus pasangnya, sering terdengar suara mendesis...issst dan tercium b

Cara Cek Kiriman Standar Express untuk Penerimanya di Padang

Saya sering kali mendapatkan telpon dari sipenerima paket Standard Express untuk penerima dalam Sumatera Barat . Tidak hanya ke nomor pribadi saya, ke kantor SAP Express yang beralamat di jl. Jhoni Anwar No. Q 8 Ulak Karang Padang juga begitu, terlebih ke nomor telpon kantor 0751-446508. Setiap kali sipenerima bilang standard express, CS SAP Express langsung bilang saja, maaf salah sambung, Ini kantor SAP Express.  Ada juga yang ngotot dan menghubungi saya kembali dari nomor telpon yang berbeda. Lalu, saya jawab lagi, maaf Bu, sudah saya sampaikan bahwa kami bukan Standard Express, tetapi kami adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Kalau yang Ibu tanyakan tadi, mohon maaf saya tidak mengetahui. Memang benar, saya belum pernah mendengar apa itu ekspedisi Standard Express, apalagi untuk posisi kantornya di Padang saya belum pernah lihat.  Kemungkinan mereka baru menggunakan vendor lokal atau nebeng kirim paket melalui ekspedisi lainnya. Saking sering kena telpon seperti itu, saya

Pengalaman Perdana Ikut Gurah Kesehatan

Tadi malam saya pertama kali mengikuti gurah kesehatan. Informasi tentang apa itu gurah dan manfaatnya sebenarnya sudah sejak se bulan yang lalu, info ini diberitahukan oleh Arif serta Ayahnya pada ku. Namun, karena sehubungan dengan bulan puasa, makanya kegiatan gurah ditiadakan pada saat itu, dan habis lebaran diadakan kembali. Kegiatan gurah kesehatan ini aku ikuti di Miftahussyifa, sebuah pondok pengobatan alternatif. Mulai dari pengobatan bio energy, totok wajah, gurah dan steam mata, gurah kesehatan serta bekam tersedia di sana, begitu juga dengan obat-obatan herbal yang di racik sendiri oleh Yayasan Miftahussyifa Bengkulu. Ketika saya bertanya ke salah satu terapisnya, yayasan Miftahusyifa ini sudah ada cabang se Sumatera dan Jawa, dan pusatnya di Bengkulu. Untuk di Padang saja stafnya kurang lebih 10 orang dengan keahlian yang berbeda-beda.  Untuk berobat pun di sini tidak ada dipungut biaya, namun hanya disediakan kotak sedekah, kita tinggal isi kotak sedekah te