Apa Beda Sales dan Marketing

Kebanyakan orang sudah menanyakan sebagai apa kamu dikantor? biasanya saya jawab sebagai marketing. 

Sebelumnya saya sendiri menganggap Marketing dan Sales merupakan suatu hal yang sama, namun sebenarnya berbeda. Marketing skopnya lebih luas dari pada sales. Sebenarnya yang dimaksud dengan marketing adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang yang bertujuan untuk memuaskan konsumen. Sedangkan sales merupakan kegiatan yang hanya fokus pada menjual produk, dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk saja.

Dalam Strategi Marketing, terdapat 4P bahkan ada yang menambahkan sampai 7P, yang terdiri dari product (produk), price (harga), place(tempat), promotion (promosi), process (proses), people (orang), Physical evidence (bukti fisik)Sedangkan sales hanya menjadi salah satu bagian dari promotion (promosi)sehingga tidak memperhatikan faktor lain yang dapat menunjang pemasaran. (http://executivemarketingclub.blogspot.com)

Lebih rinci dalam blog pribadi Hendrik Ronald (hendrikronald.com), perbedaan bagian pemasaran (marketing) dan sales, yaitu :

Bagian pemasaran selalu berorientasi ke:
1. Perencanaan laba, bukan hanya asal menghasilkan penjualan namun harus dengan cara yang se-efisien mungkin

2. Memikirkan jangka panjang, sehingga perencanaannya harus memikirkan ancaman yang mungkin timbul, trend yang berjalan di masyarakat, kesempatan yang akan didapatkan di masa depan

3. Selalu memikirkan jenis pelanggan yang luas dan perbedaan segmentasi pasar serta berusaha mempertemukan kebutuhan pengguna dengan yang dapat dipenuhi oleh produknya

4. Membentuk sistem yang baik untuk mempermudah penanganan analisis pasar, perencanaan dan kontrol.

Sedangkan bagian penjualan selalu berorientasi ke:

1. Pencapaian target penjualan bulan atau kuartal yang sedang dijalaninya

2. Jangka pendek, yang penting pelanggan membeli dan menambah persediaan saat ditawarkan / presentasi penjualan

3. Mementingkan ke individu pelanggan, karena perorangan di pelanggan tersebut yang memegang keputusan untuk membeli atau tidak

4. Selalu menganggap tugas lapangan lebih penting daripada tugas kantor. Sehingga tidak mengherankan bila laporan, data dan kertas kerja lainnya sering terlambat tiba di meja atasannya. Terlebih-lebih bila pihak pemasaran yang memintanya.

Untuk poin pada bagian penjualan saya sering lakukan nih..laporan harian dan mingguan sering saya tumpuk dan telat diserahkan..hehehe..Keasyikan di lapangan terus mungkin..

Nah, jadi sudah jelas bahwa profesiku sebagai Sales dan sedikit mengambil pekerjaan di bagian marketing. Mungkin lebih lengkapnya Sales & Marketing aja deh..

Tidak ada komentar:

Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)

Diberdayakan oleh Blogger.