Menuju Agen Asuransi Syariah yang Ideal (2)

modal dasar sikap agen asuransi syariah..

5. Jujur dan dapat di percaya

Kejujuran merupakan modal dasar di dalam keberhasilan usaha, terutama dalam bisnis jasa keuangan sebagaimana halnya bisnis di bidang asuransi sebagai bisnis kepercayaan Trust. Salah satu ciri orang beriman adalah dia akan amanah dan jujur apabila diberikan kepercayaan dan sebaliknya orang munafik akan selalu khianat apabila diberikan kepercayaan. Agen asuransi Syariah adalah termasuk orang-orang yang beriman.

Kejujuran dan kepercayaan seseorang sering kali menjadi penentu gagal dan suksesnya seseorang menemui keberhasilan usaha. 


"Hendaklah kamu selslu berusaha menjadi orang yang benar dan jujur, karena kejujuran akan melahirkan kebaikan-kebaikan (keuntungan-keuntungan). Dan kebaikan akan menunjukkan jalan ke syurga. Jika seseorang terus berusaha menjadi orang yang jujur, maka pasti dicatat oleh Allah sebagai orang yang selalu jujur. Jauhi dusta dan menipu karena dusta itu akan melahirkan kejahatan dan kejahatan akan menunjukkan jalan ke neraka. Jika seseorang terus menerus berdusta, maka akan dicatat Allah sebagai orang yang selalu berdusta." (HR. Muafaqun Alaihi)
Agen asuransi hendaklah ketika menyampaikan atau mempresentasikan produk, ia harus menyampaikan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, dengan terbuka, dan tidak ada fakta yang di sembunyikan.

6. Sabar dan tidak panik ketika mengalami kegagalan

Seorang agen harus menanggung resiko dalam bidang marketing. Ia harus siap menghadapi kesulitan dan kepayahan, karena hidup memang diciptakan untuk itu. Akan tetapi, semua itu bertujuan baik, karena dengan kesulitan-kesulitan itulah Allah Swt., meningkatkan derajat manusia itu sendiri. 

"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjuang diantara kamu dan belum nyata siapa yang sabar." (QS. Ali-Imran : 142)
Agen asuransi syariah harus menyadari bahwa dengan bekerja bersungguh-sungguh, sabar dan tidak panik(stress) ketika mengalami suatu kegagalan Allah pasti akan memberikan suatu keberhasilan karena sifat Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. 

Selamat bekerja dalam mengedukasi masyarakat, dan sukses selalu..
sebelumnya..

Tulisan di atas diambil dari buku "Strategi Menjual Asuransi Syariah (Memahami Prinsip-prinsip dan Etika Asuransi Syariah)", Penulis Abdullah Amrin, SE, MM, yang diterbitkan oleh Quanta.

Tidak ada komentar:

Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)

Diberdayakan oleh Blogger.