Ternyata Ikan Patin Gurih Juga

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

" Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa bannaar (Yaa Allah, Berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka) "

Begitulah ku lantunkan doa sebelum memulai makan siang di hari ini. Menu makan siang sekarang adalah gulai ikan patin. Bukan aku yang masak sendiri, juga bukan adik yang masak. Kami membeli sambal saja di rumah makan dekat rumah. Rasanya, baru beberapa kali ini aku makan masakan yang sama, yakninya gulai ikan patin dari rumah makan yang sama.

***

Dahulu aku tidak menyukai ikan patin. Pernah salah seorang family dari suami tante, memasak tempoyak ikan patin. Karena tampilannya hancur dan kurang bagus dilihat aku sendiri tidak selera memakannya, apalagi di campur duren lagi pada saat itu. Itu pertama kali aku tidak menyukai ikan patin, meskipun belum pernah mencicipinya satu kali pun. 

Ketika ku melihat banyak yang pesan ikan patin di rumah makan langganan ku tersebut, ku juga tertarik mencobanya. Uih, MasyaAllah rasanya sungguh sangat lezat ternyata. Ah, baru tahu ternyata ikan patin dagingnya enak dan masakannya luar biasa, sungguh enaknya. Tidak ada rasa amis sedikit pun. Gurih dan empuk. Pantes saja, selalu cepat habis masakan ikan patin di rumah makan langganan ku ini.

Ikan ini ternyata mempunyai sifat omnivora atau pemakan segala, dengan habitat asli di sungai dan muara besar. Kepala ikan ini bisa diolah jadi bistik, kulitnya bisa dijadikan kerupuk. Untuk jeroannya juga bisa dimanfaatkan untuk membuat tepung ikan sebagai bahan baku pembuatan pelet.

Dibalik gampangnya budidaya ikan Patin ini dan semua bagian tubuhnya bisa dimanfaatkan. Patin juga mempunyai khasiat yang banyak ternyata. Nih, saya jabarkan khasiat ikan patin ya...

1. Sumber kalori yang akan membuat tubuh menjadi enerjik dan senantiasa segar bugar.
2. Sumber protein yang bagus untuk pembentukan dan pertumbuhan otot.
3. Mengandung kalsium yang bagus untuk mencegah penyakit peradangan persendian.
4. Memiliki kandungan lemak tak jenuh yang mampu mengatasi penyakit kolesterol
5. Bisa melancarkan peredaran darah
6. Bisa mencegah penyakit jantung
7. Bisa mencegah penyakit periodontal (penyakit yang dapat menyerang gusi dan gigi). Ini biasanya diakibatkan oleh kurangnya konsumsi kalsium dan fosfor. Dampaknya gigi bisa copot.
8. Bisa membantu menghaluskan kulit dan mengatasi stress, karena memiliki kandungan Vitamin D. Vitamin D juga bisa memicu keluarnya hormon serotin yang membuat seseorang merasa senang dan tidak stress. Jika perasaan selalu senang dan tidak stress tentu kulit juga menjadi halus dan bersinar.
9. Sebagai anti kanker juga
10. Menurunkan berat badan dan meningkatkan imunitas

Untung saya sudah menyukai ikan patin. Semoga bisa mendapatkan khasiat dari ikan patin tersebut. Sudah enak di makan, bergizi pula. Jangan lupa baca doa sebelum makan ya sobat...

Tidak ada komentar:

Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)

Diberdayakan oleh Blogger.