Komitmen Menjaga Service

Saya sebagai sales, sering berdebat dengan kawan di bagian Operasional. Perdebatan kami sering berkisar seputar menjaga service, terutama untuk pengantaran yang bisa lebih cepat dan aman. Selama ini, produk yang dijual, ada yang reguler, ada yang ODS, ada yang SDS. Namun, antara ODS dan Reguler sama saja untuk segi servicenya, beda di harga saja. Ini tentu merugikan customer, bayar mahal, namun servicenya sama saja.

Saya sudah bilang sejak awal, jika ada produk ODS namanya yang kita jual, maka kita butuh komitmen menjaga servicenya. Misalkan, service ODS harus diberangkatkan langsung ke tujuan, tanpa transit. Misalkan kiriman ODS ke Jambi dan Pekanbaru, maka jika ada paket/dokumen tujuan Jambi dan Pekanbaru jangan pula diterbangkan ke Jakarta, tapi langsung via darat ke Jambi dan Pekanbaru langsung. Padang ke Jambi dan Padang ke Pekanbaru bisa semalam saja dengan mobil atau via darat. Maka, jika kiriman ODS, mau tak mau harus kita berangkatkan via darat walau hanya ada satu dokumen atau 1 Kg saja.

Memang ini terkesan rugi, namun ketika kita sudah meluncurkan sebuah produk dengan pelayanan tertentu, maka kita juga harus komitmen melaksanakannya. Sudah kita terima kiriman ODS customer, namun moda transportasi pengiriman sama saja dengan moda transportasi produk reguler. Ini bisa dikatakan tidak komitmen dengan produk yang dijual. Maka ini bisa merusak nama perusahaan. Kalau begini, lebih baik tidak usah dibuat produk ODS. 

Alasan dari operasional sering terkait dengan biaya. Saya seorang sales juga tersinggung akan hal itu. Bagi saya, biarlah rugi sedikit di awal ketimbang orang tidak percaya lagi sama kita. Atau lebih baik hilangkan produk tersebut di price list alias tak usah dijual lagi. Bagaimana bisa dapat kiriman banyak, sementara kita tidak konsisten dengan Service.  Pengalaman saya selama ini, jika kita berhasil menjaga service, loadment tentu akan meningkat dan kerugian bisa berbuah menjadi keuntungan tanpa batas. 

Masih mau berdebat lagi soal komitmen Service? silahkan Anda cari klien sendiri...

1 komentar:

Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)

Diberdayakan oleh Blogger.