Belum Paham, Berujung Lapse

Hari ini, hampir 3 bulan salah satu nasabahku polisnya sudah tidak aktif (lapse). Sudah sejak lama sebenarnya aku ingin bertemu dengan nasabah ini, namun apa daya telepon tidak diangkat, bbm tidak dibalas, setiap kesana dengan waktu yang berbeda selalu nasabahnya tidak di rumah. Hingga, tanpa di duga hari ini sekitar jam 11, ku berhasil bertemu dengan nasabah tersebut secara langsung.

Tanpa basa basi panjang, ku lontarkan berbagai pertanyaan seputar kondisi polis-nya yang terpaksa lapse. Ternyata, beliau masih banyak yang kurang paham dengan polis yang beliau ambil dan nasabah tersebut juga tidak berterus terang dengan agen.

Akhirnya, sudah 2 jam ku jelaskan kembali panjang lebar, sampai-sampai ada sebuah pertanyaan yang baru 1 orang yang bertanya dari puluhan nasabah yang telah ku prospek. Untung, sedikit ilmu investasi sudah ku pelajari, akhirnya beliau pun paham.

Bagaimana cara klaim serta syarat dan ketentuan klaim, produk apa yang nasabah ambil, cara baca polis, cara pembayaran, trauma klaim tidak di bayar, agen asuransi yang nakal, sampai cara mengaktifkan kembali polis sudah ku jelaskan panjang lebar. Alhamdulillah, akhirnya sang nasabah bersedia kembali untuk mengaktifkan polisnya.

Sebuah pelajaran berharga bagiku, nasabah sejatinya harus kita berikan pemahaman yang utuh sebelum nasabah menandatangani SPAJ, nasabah juga harus terus bertanya sampai paham betul tentang apa yang diambil, walau terkadang banyak yang segan bertanya.

Sebelum menjadi agen yang full, saya juga sudah menjadi nasabah di berbagai asuransi. Sebagai nasabah, saya sangat senang apabila ada agen atau perusahaan yang menghubungi saya untuk sebuah penawaran kontrak asuransi. Jika produknya bagus dan memang sesuai dengan kebutuhan saya serta ada budget..hehehe, maka saya akan ambil. Itu pun dengan berbagai pertimbangan salah satunya perusahaan asuransinya sendiri.

Saya akui, masih banyak masyarakat yang belum paham dan sadar arti pentingnya sebuah asuransi. Sebuah tugas mulia bagi agen asuransi. Apa pun perusahaannya terus lah melakukan edukasi ke nasabah, jadilah agen profesional dengan mengutamakan intergritas, serta terus tambah ilmu anda. Semoga ke depan, masyarakat kita bertambah kepemilikan asuransi-nya.

Tidak ada komentar:

Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)

Diberdayakan oleh Blogger.