Langsung ke konten utama

Butuh Konsultan Hukum Perusahaan ? Saya Punya Teman Ahlinya

Sore ini hujan turun membasahi bumi. Ditemani secangkir kopi hangat sambil scroll hp. 

Coba buka Whatsapp yang sepertinya banyak pesan masuk yang belum sempat saya baca. Setelah itu, saya jadi teringat ketika saya terakhir bekerja di JDL Express Indonesia, seorang teman pernah bercerita kepada saya bahwa beliau selepas dari perusahaan ini akan fokus sebagai pengacara.

Sempat juga beliau pesan, untuk bisa bantu jasa konsultan hukum beliau ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pendamping jasa konsultan hukum. Beliau tahu saya banyak data prospek di corporate, manatahu di antara corporate tersebut ada yang sedang membutuhkan jasa tersebut. Waktu itu saya hanya bilang, akan siap membantu selepas saya sudah full di rumah ya.

Hari ini merupakan hari ketiga saya full di rumah. Sebenarnya banyak penawaran yang datang dari beberapa ekspedisi sebagai corporate sales, namun untuk saat ini saya memilih untuk "memenjarakan diri" di rumah, sambil belajar fokus, salurkan hobi dagang saham dan ngeblog serta pelajari beberapa hal lainnya.

Kembali lagi kepada teman saya tadi. Nama panggilannya Surya.

Foto di samping merupakan foto terakhir kami bertemu, saat saya terakhir bekerja di perusahaan tersebut.

Ini perusahaan kedua kami berkarir bersama, sebelumnya di perusahaan ekspedisi juga. 

Beliau tim legal saya corporate sales, namun bedanya di perusahaan ini beliau sudah naik sebagai legal manager. MasyaAllah Tabarakallah.

Dahulunya tidak begitu dekat, hanya perlu di saat saya butuh Draft Perjanjian Kerjasama dengan klien. 

Namun, di kala pada sales lain PKS mereka dengan klien, Surya yang antar ke ruang mereka, sedangkan saya jemput sendiri ke ruangan Surya.

Beliau lebih dahulu dua minggu masuk di JDL Express Indonesia dibandingkan saya sendiri. Namun sebenarnya waktu itu saya bisa dahulu, namun lebih memilih untuk menunda mulai bekerja, karena masih harus menyelesaikan "training" waktu itu.

Karena saya tahu beliau sudah masuk, makanya saya menolak 2 Overing Letter dari perusahaan lainnya dan memilih berkarir bersama beliau.

Surya merintis firma hukum One Law Strategic Legal Solution, nama websitenya adalah onelaw.id.  

Kantor hukumnya ekspertis pada bidang hukum secara umum, hukum perusahaan, dan hukum kepailitan pada khususnya. 

Beliau dan tim juga pernah fokus melakukan pencegahan dari adanya sengketa atau permasalahan dari perusahaan, namun penangganan perkara yang telah mereka tangani bukan hanya terkait dengan kebutuhan korporasi semata, melainkan juga melingkupi kebutuhan perusahaan dari sengketa-sengketa yang mungkin akan dihadapi perusahaan.

Beberapa Scope penanganan yang juga Surya dan tim bisa bantu yaitu: perizinan, perjanjian dengan pihak ketiga, ketenagakerjaan, aset, perselisihan hukum dan kekayaan intelektual.

Surya pernah jelaskan kepada saya, bahwa dua hal umum yang bisa di bantu oleh pengacara :

1. Legal Drafting dan Legal Opinion

Hal ini semacam melakukan perancangan dan peninjauan terhadap : Perjanjian, Ketenagakerjaan, Pendapat Hukum, Teguran Hukum, Klarifikasi Hukum, dan Peraturan Perusahaan.

2. Legal Advice 

Kalau hal ini pemberian nasihat dan konsultan hukum terhadap dampak hukum dari suatu kebijakan dan atau atas permasalahan hukum yang dihadapi, serta kegiatan monitoring dan penanganan perizinan perusahaan.

Pada poin satu, saya pernah mendapatkan pengalaman. Klien sebuah perusahaan leasing saat saya masih bekerja di salah satu perusahaan ekspedisi di Kota Padang, mereka hampir setiap minggu kirim dokumen. Jenis dokumen tersebut berdasarkan informasi dari karyawan perusahaan yang mempercayakan pengiriman mereka kepada kami pada saat itu, adalah Surat Somasi.   

Ketika itu saya langsung tanyakan kepada Surya, jadi surat tersebut dari pengacara perusahaan ya. "Betul" kata Surya, itu merupakan salah satu produk dari firma hukum.

Ya, itulah salah seorang teman saya yang seorang Konsultan Hukum Perusahaan. Setidaknya nanti bagi yang butuh jasa konsultasi beliau atau kalau ada dari klien saya yang butuh, bisa saya rekomendasikan beliau deh.

Baca Juga : Hari Pertama Full Time Kerja Dari Rumah (Kesempatan Kedua)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Pertama Ganti Regulator Gas

Sudah tiga hari kami tidak bisa masak di rumah. Kompor gas di rumah tidak bisa menyala. Ketika tabung gas yang habis kami ganti, pas mau pasang tabung yang baru, selalu ada bunyi sssssssts.... Ini pertama saya mengalami hal seperti ini, biasanya pas pasang pertama keluar bunyi seperti itu, dibuka dan coba lagi pasang gak ada bunyi untuk yang kedua. Namun kali ini, sudah berkali-kali di coba tetap saja keluar bunyi mendesis dan tercium aroma gas di dapur. Regulator yang kami gunakan sejak awal pasang kompor gas di rumah bermerek Star Cam seperti gambar di atas. Produk ini sangat bagus dan gampang pasangnya, namun untuk tabung gas yang berisi 3 kilo. Ketika tabungnya bentuk pegangannya tidak sesuai ukuran lekukannya atau mungkin penyok, maka agak sulit memasang regulator tersebut yang sesuai presisi. Sehingga, saya sering meluruskan dulu gagang tabung gas, dengan memukul dengan palu atau batu. Ketika regulator gak lurus pasangnya, sering terdengar suara mendesis...issst dan tercium b

Cara Cek Kiriman Standar Express untuk Penerimanya di Padang

Saya sering kali mendapatkan telpon dari sipenerima paket Standard Express untuk penerima dalam Sumatera Barat . Tidak hanya ke nomor pribadi saya, ke kantor SAP Express yang beralamat di jl. Jhoni Anwar No. Q 8 Ulak Karang Padang juga begitu, terlebih ke nomor telpon kantor 0751-446508. Setiap kali sipenerima bilang standard express, CS SAP Express langsung bilang saja, maaf salah sambung, Ini kantor SAP Express.  Ada juga yang ngotot dan menghubungi saya kembali dari nomor telpon yang berbeda. Lalu, saya jawab lagi, maaf Bu, sudah saya sampaikan bahwa kami bukan Standard Express, tetapi kami adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Kalau yang Ibu tanyakan tadi, mohon maaf saya tidak mengetahui. Memang benar, saya belum pernah mendengar apa itu ekspedisi Standard Express, apalagi untuk posisi kantornya di Padang saya belum pernah lihat.  Kemungkinan mereka baru menggunakan vendor lokal atau nebeng kirim paket melalui ekspedisi lainnya. Saking sering kena telpon seperti itu, saya

Pengalaman Perdana Ikut Gurah Kesehatan

Tadi malam saya pertama kali mengikuti gurah kesehatan. Informasi tentang apa itu gurah dan manfaatnya sebenarnya sudah sejak se bulan yang lalu, info ini diberitahukan oleh Arif serta Ayahnya pada ku. Namun, karena sehubungan dengan bulan puasa, makanya kegiatan gurah ditiadakan pada saat itu, dan habis lebaran diadakan kembali. Kegiatan gurah kesehatan ini aku ikuti di Miftahussyifa, sebuah pondok pengobatan alternatif. Mulai dari pengobatan bio energy, totok wajah, gurah dan steam mata, gurah kesehatan serta bekam tersedia di sana, begitu juga dengan obat-obatan herbal yang di racik sendiri oleh Yayasan Miftahussyifa Bengkulu. Ketika saya bertanya ke salah satu terapisnya, yayasan Miftahusyifa ini sudah ada cabang se Sumatera dan Jawa, dan pusatnya di Bengkulu. Untuk di Padang saja stafnya kurang lebih 10 orang dengan keahlian yang berbeda-beda.  Untuk berobat pun di sini tidak ada dipungut biaya, namun hanya disediakan kotak sedekah, kita tinggal isi kotak sedekah te