Langsung ke konten utama

Karyawan Yang Nampaknya Jadi Calon Terkena Dampak Lay Off Perusahaan

Pada saat saya menuliskan postingan ini, baru 25 menit yang lalu saya selesai meeting dengan calon klien yang membutuhkan jasa layanan Same Day Service, Reguler dan Fulfillment di Jakarta.

Calon klien ini saya dapatkan dari linkedin ketika salah seorang person in charge (PIC)-nya buat postingan terkait kebutuhan tersebut. Kemudian seketika saya langsung layangkan email compro, tarif fulfillment dan last mile delivery perusahaan tempat saya bekerja saat ini. 

Waktu itu, karena perusahaan saya akan melakukan Lay Off, dan saya masih bekerja di perusahaan ini, kemudian calon klien ini saya serahkan kepada sales dari induk perusahaan kami. 

Saya kira sebelumnya kami tidak akan di respon. Eh, ternyata kami mendapatkan respon yang cukup bagus dan calon kliennya ingin berdiskusi dengan saya lebih lanjut. Nah, setelah mendapatkan respon ini langsung saya share kepada teman sebagai sales di perusahaan induk kami, yang berupa perusahaan market place berwarna merah. 

Meskipun sebuah perusahaan marketplace, mereka juga menyediakan layanan Fulfillment, gudang mereka banyak dan masih bisa menampung dan melayani klien eksternal seperti calon klien saya ini.

Setelah dihubungi oleh teman, ternyata mereka telah bersepakat untuk meeting online pada hari ini jam tiga sore. Saya pun di ajak oleh teman tersebut untuk ikut dan nimbrung, minimal temani beliau. Meskipun agak telat gabung karena harus ke toilet cukup lama (hehehe), saya tetap join dan mengikuti sampai akhir meeting tersebut. 

Klien ini kelihatannya cukup besar, dan tidak terlalu besar effort yang dikeluarkan untuk melayani kebutuhan fulfillment dari perusahaan ini. InsyaAllah bisa dapat nih, sahutku dalam hati.

Di saat saya dan teman-teman akan menghadapi dampak Lay Off di akhir tahun 2022 ini, justru performa tim kami kian meningkat dan mencapai puncak tertingginya di Oktober 2022 kemaren. 

Bahkan hingga saat ini, saya terpaksa mengalihkan calon klien ke teman di ekspedisi lain. Mana yang saya rasa bisa di serahkan ke perusahaan tempat saya bekerja, mana layanan yang gak bisa kita berikan maka saya lempar ke teman di ekspedisi lainnya.

Kok gak di ambil alih oleh Dotco Express? beda, kebutuhannya di Jakarta. Sedangkan kita baru bisa cover untuk Fulfillment di Padang dan last Mile dari Padang Sumatera Barat ke seluruh Indonesia. Sedangkan kebutuhan mereka di Jakarta dan pengiriman untuk seputaran Jabodetabek saja.

Ya gitulah, sepertinya ini yang menjadi pengalaman pertama saya yang nampaknya akan menjadi calon karyawan yang akan terkena dampak Lay Off perusahaan. 

Mungkin inilah salah satunya yang membuat semangat saya dan teman-teman untuk bisa berdikari dan mendirikan perusahaan dan usaha sendiri, serta memajukannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Pertama Ganti Regulator Gas

Sudah tiga hari kami tidak bisa masak di rumah. Kompor gas di rumah tidak bisa menyala. Ketika tabung gas yang habis kami ganti, pas mau pasang tabung yang baru, selalu ada bunyi sssssssts.... Ini pertama saya mengalami hal seperti ini, biasanya pas pasang pertama keluar bunyi seperti itu, dibuka dan coba lagi pasang gak ada bunyi untuk yang kedua. Namun kali ini, sudah berkali-kali di coba tetap saja keluar bunyi mendesis dan tercium aroma gas di dapur. Regulator yang kami gunakan sejak awal pasang kompor gas di rumah bermerek Star Cam seperti gambar di atas. Produk ini sangat bagus dan gampang pasangnya, namun untuk tabung gas yang berisi 3 kilo. Ketika tabungnya bentuk pegangannya tidak sesuai ukuran lekukannya atau mungkin penyok, maka agak sulit memasang regulator tersebut yang sesuai presisi. Sehingga, saya sering meluruskan dulu gagang tabung gas, dengan memukul dengan palu atau batu. Ketika regulator gak lurus pasangnya, sering terdengar suara mendesis...issst dan tercium b

Cara Cek Kiriman Standar Express untuk Penerimanya di Padang

Saya sering kali mendapatkan telpon dari sipenerima paket Standard Express untuk penerima dalam Sumatera Barat . Tidak hanya ke nomor pribadi saya, ke kantor SAP Express yang beralamat di jl. Jhoni Anwar No. Q 8 Ulak Karang Padang juga begitu, terlebih ke nomor telpon kantor 0751-446508. Setiap kali sipenerima bilang standard express, CS SAP Express langsung bilang saja, maaf salah sambung, Ini kantor SAP Express.  Ada juga yang ngotot dan menghubungi saya kembali dari nomor telpon yang berbeda. Lalu, saya jawab lagi, maaf Bu, sudah saya sampaikan bahwa kami bukan Standard Express, tetapi kami adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Kalau yang Ibu tanyakan tadi, mohon maaf saya tidak mengetahui. Memang benar, saya belum pernah mendengar apa itu ekspedisi Standard Express, apalagi untuk posisi kantornya di Padang saya belum pernah lihat.  Kemungkinan mereka baru menggunakan vendor lokal atau nebeng kirim paket melalui ekspedisi lainnya. Saking sering kena telpon seperti itu, saya

Pengalaman Perdana Ikut Gurah Kesehatan

Tadi malam saya pertama kali mengikuti gurah kesehatan. Informasi tentang apa itu gurah dan manfaatnya sebenarnya sudah sejak se bulan yang lalu, info ini diberitahukan oleh Arif serta Ayahnya pada ku. Namun, karena sehubungan dengan bulan puasa, makanya kegiatan gurah ditiadakan pada saat itu, dan habis lebaran diadakan kembali. Kegiatan gurah kesehatan ini aku ikuti di Miftahussyifa, sebuah pondok pengobatan alternatif. Mulai dari pengobatan bio energy, totok wajah, gurah dan steam mata, gurah kesehatan serta bekam tersedia di sana, begitu juga dengan obat-obatan herbal yang di racik sendiri oleh Yayasan Miftahussyifa Bengkulu. Ketika saya bertanya ke salah satu terapisnya, yayasan Miftahusyifa ini sudah ada cabang se Sumatera dan Jawa, dan pusatnya di Bengkulu. Untuk di Padang saja stafnya kurang lebih 10 orang dengan keahlian yang berbeda-beda.  Untuk berobat pun di sini tidak ada dipungut biaya, namun hanya disediakan kotak sedekah, kita tinggal isi kotak sedekah te