Langsung ke konten utama

Mengembangkan Berfikir Kreatif - Bab V Buku Berfikir dan Berjiwa Besar



Beberapa cara untuk memperkembangkan dan memperkuat berfikir kreatif kita.
 

Kuncinya adalah  yakin dan percayalah bahwa itu bisa dilaksanakan. Dalam melaksanakan apa saja, kita harus percaya bahwa hal itu bisa dilaksanakan. Percaya bahwa sesuatu bisa dilaksanakan, membuat pikiran bergerak untuk mendapatkan cara dan jalan untuk melaksanakannya.


Jika anda yakin sesuatu tak mungkin, maka pikiran anda akan memberikan bukti-bukti, mengapa itu tidak mungkin. Akan tetapi kalau anda percaya, dan betul-betul percaya, bahwa sesuatu itu mungkin dan bisa di laksanakan, maka pikiran anda akan membantu anda untuk mendapatkan cara-cara melaksanakannya.
 

Ada dua saran untuk membantu meningkatkan kreatif anda melalui keyakinan

  1. Hapuskan kata yang tidak mungkin
  2. Ingatkan akan sesuatu hal khusus yang anda inginkan, tapi tak kesampaian. Buatkan daftar dari alasan-alasan mengapa anda tidak bisa melaksanakannya.


Pikiran kita masih cenderung memusatkan ke apa sebabnya kita tidak bisa, bukannya mengapa saya bisa.


Tiga jalan untuk membuang cara berfikir tradisional :

  1. Bersedia menerima gagasan
  2. Jadikanlah orang yang suka mengadakan eksperimen
  3. Jadilah orang yang progresif – Bagaimana kita bisa melaksanakannya ini bisa lebih baik daripada dahulu.

 

Kapasitas (kemampuan) merupakan sikap berfikir.

Jumlah hal yang bisa saya laksanakan tergantung kepada yang saya fikir bisa saya laksanakan.

Sangat menguntungkan untuk melaksanakan pekerjaan lebih baik dan lebih banyak :

  1. Sungguh-sungguhlah berhasrat untuk mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan pekerjaan yang lebih banyak.
  2. Pusatkan perhatian anda kepada hal, “ bagaimana saya bisa berbuat lebih banyak?”


 

Orang yang banyak waktu senggang adalah partner yang tidak efektif.

 

Makin besar seseorang itu, makin ia memberikan kesempatan dan semangat kepada Anda untuk berbicara, makin kecil orang tersebut, makin cenderung ia untuk menceramahi anda.

 

 Orang besar memonopoli kesempatan untuk mendengar, orang kecil memonopoli kesempatan untuk berbicara.


 

Pemimpin-pemimpin paling tinggi disegala bidang kehidupan meluangkan banyak waktu untuk meminta nasihat daripada memberikan nasehat.


 

Tiga program untuk meningkatkan daya kreatif anda dengan bertanya dan mendengarkan.

  1. Berikanlah semangat kepada orang lain untuk berbicara
  2. Ujilah pendapat atau pandangan anda dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan
  3. Perhatikanlah dan pusatkan perhatian anda kepada kata-kata orang lain. 

 

Tiga cara untuk memelihara dan mengembangkan gagasan anda :

  1. Jangan melepaskan sesuatu gagasan, catat gagasan tersebut sebelum lupa
  2. Tinjau kembali gagasan tersebut, selama gagasan tersebut ada nilainya atau bisa diharapkan ada harganya. Simpanlah.
  3. Perkembangkan dan peliharalah gagasan Anda, usahakan gagasan tersebut tumbuh.


Highlight :

  • Percaya dan yakinlah bahwa usaha anda bisa dilaksanakan
  • Janganlah tradisi lingkungan yang statis melumpuhkan pikiran anda
  • Setiap hari bertanyalah kepada diri sendiri, bagaimana saya bisa melakukan dengan lebih baik.
  • Bertanya dan dengarkanlah, perbanyak mendengar
  • Perluas pikiran anda, bersemangatlah. Bergaul dengan orang-orang yang mendapatkan gagasan baru.


Postingan Sebelumnya : Poin Penting bab IV Buku Berfikir dan Berjiwa Besar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Cek Kiriman Standar Express untuk Penerimanya di Padang

Saya sering kali mendapatkan telpon dari sipenerima paket Standard Express untuk penerima dalam Sumatera Barat . Tidak hanya ke nomor pribadi saya, ke kantor SAP Express yang beralamat di jl. Jhoni Anwar No. Q 8 Ulak Karang Padang juga begitu, terlebih ke nomor telpon kantor 0751-446508. Setiap kali sipenerima bilang standard express, CS SAP Express langsung bilang saja, maaf salah sambung, Ini kantor SAP Express.  Ada juga yang ngotot dan menghubungi saya kembali dari nomor telpon yang berbeda. Lalu, saya jawab lagi, maaf Bu, sudah saya sampaikan bahwa kami bukan Standard Express, tetapi kami adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Kalau yang Ibu tanyakan tadi, mohon maaf saya tidak mengetahui. Memang benar, saya belum pernah mendengar apa itu ekspedisi Standard Express, apalagi untuk posisi kantornya di Padang saya belum pernah lihat.  Kemungkinan mereka baru menggunakan vendor lokal atau nebeng kirim paket melalui ekspedisi lainnya. Saking sering kena telpon seperti itu, saya

Pengalaman Pertama Ganti Regulator Gas

Sudah tiga hari kami tidak bisa masak di rumah. Kompor gas di rumah tidak bisa menyala. Ketika tabung gas yang habis kami ganti, pas mau pasang tabung yang baru, selalu ada bunyi sssssssts.... Ini pertama saya mengalami hal seperti ini, biasanya pas pasang pertama keluar bunyi seperti itu, dibuka dan coba lagi pasang gak ada bunyi untuk yang kedua. Namun kali ini, sudah berkali-kali di coba tetap saja keluar bunyi mendesis dan tercium aroma gas di dapur. Regulator yang kami gunakan sejak awal pasang kompor gas di rumah bermerek Star Cam seperti gambar di atas. Produk ini sangat bagus dan gampang pasangnya, namun untuk tabung gas yang berisi 3 kilo. Ketika tabungnya bentuk pegangannya tidak sesuai ukuran lekukannya atau mungkin penyok, maka agak sulit memasang regulator tersebut yang sesuai presisi. Sehingga, saya sering meluruskan dulu gagang tabung gas, dengan memukul dengan palu atau batu. Ketika regulator gak lurus pasangnya, sering terdengar suara mendesis...issst dan tercium b

Pengalaman Perdana Ikut Gurah Kesehatan

Tadi malam saya pertama kali mengikuti gurah kesehatan. Informasi tentang apa itu gurah dan manfaatnya sebenarnya sudah sejak se bulan yang lalu, info ini diberitahukan oleh Arif serta Ayahnya pada ku. Namun, karena sehubungan dengan bulan puasa, makanya kegiatan gurah ditiadakan pada saat itu, dan habis lebaran diadakan kembali. Kegiatan gurah kesehatan ini aku ikuti di Miftahussyifa, sebuah pondok pengobatan alternatif. Mulai dari pengobatan bio energy, totok wajah, gurah dan steam mata, gurah kesehatan serta bekam tersedia di sana, begitu juga dengan obat-obatan herbal yang di racik sendiri oleh Yayasan Miftahussyifa Bengkulu. Ketika saya bertanya ke salah satu terapisnya, yayasan Miftahusyifa ini sudah ada cabang se Sumatera dan Jawa, dan pusatnya di Bengkulu. Untuk di Padang saja stafnya kurang lebih 10 orang dengan keahlian yang berbeda-beda.  Untuk berobat pun di sini tidak ada dipungut biaya, namun hanya disediakan kotak sedekah, kita tinggal isi kotak sedekah te