Langsung ke konten utama

Harga Minimum Pelayanan Maksimal

Bergerak di salah satu industri memaksa kita mengenal kelebihan dan kelemahan dari industri tersebut. Terlebih bagi seorang yang berprofesi sebagai ujung tombak perusahaan. Selalu mencari jalan keluar terbaik, menggali ide dan cara bagaimana bisa mempertahankan bahkan menaikkan omset dari hari ke hari, sembari mempertahankan biaya yang serendah rendahnya, namun pelayanan maksimal. Dua hal yang sulit disinergikan begitulah di industri logistik.

Dikutip dari wikipedia.com didapatkan misi dari industri logistik adalah mendapatkan barang yang tepat, pada waktu yang tepat, dengan jumlah yang tepat, kondisi yang tepat, dengan biaya terjangkau, dengan tetap memberikan kontribusi profit bagi penyedia jasa logistik.

Industri logistik, yang menjadi salah satu dari tiga bidang yang sedang dijalani saat ini, terkait perang harga masih sangat berpengaruh. Terutama di sektor farmasi dan alat berat. Titik kunci untuk menang dan leading dalam menggarap pasar pada sektor ini adalah soal harga dan layanan. Bagaimana pun kecanggihan teknologi pada sistem dalam perusahaan logistik tersebut tidak akan memberikan pengaruh bagi sektor ini. 

Jika harga murah, kapan sampai paket pun tidak begitu menjadi persoalan kecuali beberapa case tertentu, asalkan paket tersebut sampai di tujuan selamat dan tidak rusak sedikit pun. Ketika terjadi kerusakan atau kehilangan, bagaimana menunjukkan sikap tanggungjawab dan memberikan kompensasi atau penggantian senilai harga paket tersebut. Itu saja yang dipegang, maka akan aman. Pesaing akan susah merebut ceruk pasar ini. 

Ketika dalam posisi merebut potensi pasar ini, mau tidak mau banting harga harus dilakukan. Setelah mendapatkan order, menjaga kepercayaan dengan menjaga pengiriman tepat waktu, kondisi paket aman sampai tujuan, tidak terjadi mis pick up, metode pembayaran dan syarat pembayaran yang telah disepakati kedua belah pihak, serta memberikan jaminan atau garansi atas setiap kegiatan yang kita lakukan.

Berbeda dengan pasar di sektor leasing, kecanggihan teknologi berperan serta. Ketepatan waktu pengiriman menjadi nilai plus. Pada sektor ini, pengiriman dokumen menjadi sangat dominan. Kendala yang dialami hanya sekitar alamat yang tidak lengkap, dan ini lah yang menjadi tantangan terbesar bagi perusahaan logistik. Mengantarkan dokumen pada alamat yang kurang lengkap dengan batas waktu yang sempit, serta harga yang sangat murah. Meskipun harga tetap juga harus dibanting sedikit murah, namun sangat banyak celah untuk dapat menikmati keuntungan yang maksimal dari sektor ini.

Bagaimana pun masih banyak cara untuk mempertahankan biaya keluar bahkan menekan serendah-rendahnya, namun tanpa mengurangi pelayanan bahkan harus tetap dan terus maksimal. Nah, tidak hanya asal kerja dan rutinitas kerjaan semata, serasa menjadi seorang pengusaha saja. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Cek Kiriman Standar Express untuk Penerimanya di Padang

Saya sering kali mendapatkan telpon dari sipenerima paket Standard Express untuk penerima dalam Sumatera Barat . Tidak hanya ke nomor pribadi saya, ke kantor SAP Express yang beralamat di jl. Jhoni Anwar No. Q 8 Ulak Karang Padang juga begitu, terlebih ke nomor telpon kantor 0751-446508. Setiap kali sipenerima bilang standard express, CS SAP Express langsung bilang saja, maaf salah sambung, Ini kantor SAP Express.  Ada juga yang ngotot dan menghubungi saya kembali dari nomor telpon yang berbeda. Lalu, saya jawab lagi, maaf Bu, sudah saya sampaikan bahwa kami bukan Standard Express, tetapi kami adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Kalau yang Ibu tanyakan tadi, mohon maaf saya tidak mengetahui. Memang benar, saya belum pernah mendengar apa itu ekspedisi Standard Express, apalagi untuk posisi kantornya di Padang saya belum pernah lihat.  Kemungkinan mereka baru menggunakan vendor lokal atau nebeng kirim paket melalui ekspedisi lainnya. Saking sering kena telpon seperti itu, saya

Pengalaman Pertama Ganti Regulator Gas

Sudah tiga hari kami tidak bisa masak di rumah. Kompor gas di rumah tidak bisa menyala. Ketika tabung gas yang habis kami ganti, pas mau pasang tabung yang baru, selalu ada bunyi sssssssts.... Ini pertama saya mengalami hal seperti ini, biasanya pas pasang pertama keluar bunyi seperti itu, dibuka dan coba lagi pasang gak ada bunyi untuk yang kedua. Namun kali ini, sudah berkali-kali di coba tetap saja keluar bunyi mendesis dan tercium aroma gas di dapur. Regulator yang kami gunakan sejak awal pasang kompor gas di rumah bermerek Star Cam seperti gambar di atas. Produk ini sangat bagus dan gampang pasangnya, namun untuk tabung gas yang berisi 3 kilo. Ketika tabungnya bentuk pegangannya tidak sesuai ukuran lekukannya atau mungkin penyok, maka agak sulit memasang regulator tersebut yang sesuai presisi. Sehingga, saya sering meluruskan dulu gagang tabung gas, dengan memukul dengan palu atau batu. Ketika regulator gak lurus pasangnya, sering terdengar suara mendesis...issst dan tercium b

Pengalaman Perdana Ikut Gurah Kesehatan

Tadi malam saya pertama kali mengikuti gurah kesehatan. Informasi tentang apa itu gurah dan manfaatnya sebenarnya sudah sejak se bulan yang lalu, info ini diberitahukan oleh Arif serta Ayahnya pada ku. Namun, karena sehubungan dengan bulan puasa, makanya kegiatan gurah ditiadakan pada saat itu, dan habis lebaran diadakan kembali. Kegiatan gurah kesehatan ini aku ikuti di Miftahussyifa, sebuah pondok pengobatan alternatif. Mulai dari pengobatan bio energy, totok wajah, gurah dan steam mata, gurah kesehatan serta bekam tersedia di sana, begitu juga dengan obat-obatan herbal yang di racik sendiri oleh Yayasan Miftahussyifa Bengkulu. Ketika saya bertanya ke salah satu terapisnya, yayasan Miftahusyifa ini sudah ada cabang se Sumatera dan Jawa, dan pusatnya di Bengkulu. Untuk di Padang saja stafnya kurang lebih 10 orang dengan keahlian yang berbeda-beda.  Untuk berobat pun di sini tidak ada dipungut biaya, namun hanya disediakan kotak sedekah, kita tinggal isi kotak sedekah te