Langsung ke konten utama

Sepucuk Surat Pengakuan

Setiap tindakan yang dilakukan pasti akan ada sebuah konsekuensi. Terlepas apakah tindakan tersebut baik atau buruk, pasti akan ada efek yang akan terjadi sesudahnya. Misalkan, ketika kita dahulu pernah melakukan tindakan yang tidak terpuji, oke lah beberapa hal akan kita dapatkan, tapi yakinlah itu akan sirna lebih cepat dari waktu kita mendapatkannya. Jika tindakan yang kita lakukan adalah baik, maka rentetan peristiwa sesudahnya akan berentet baik semuanya. Jika dihubungkan dengan rezeki, maka percepatan akan menjadi ber kali lipat, mungkin bisa mengalahkan angka deret hitung atau pun malah melampaui angka di deret ukur.

Hidup adalah pilihan. So, meskipun hidup adalah pilihan, maka pilihlah tindakan yang terbaik. Jangan pilih sebaliknya, karena sudah banyak contoh yang telah merasakan bagaimana masuk dalam sebuah keadaan yang tidak bagus. Jangan sampai Anda mencoba masuk ke dalam lobang yang sama untuk keadaan yang tidak bagus tersebut.

Dari segi bergaul, sejak dibangku kuliah, senior, dosen atau pun ustad sekalipun sudah menekankan untuk bergaul dengan sahabat yang baik. Boleh bergaul dengan siapa saja, tetapi ingat salah memilih sahabat akan ada konsekuensinya bagi hidup Anda. Ketika anda bersahabat dengan orang yang selalu mengeluh, maka Anda akan menjadi orang pengeluh. Jika Anda berteman dengan orang yang sholeh, pintar, suka menulis, membaca atau mengisi waktu dengan baik, maka Anda juga akan menjadi orang yang sholeh dan sama seperti sahabat Anda tersebut. Masih melekat dalam ingatan, Kang Hari seorang Motivator saat mengikuti training sales dahulu pernah mengatakan. Rezeki Anda untuk ke depannya akan ditentukan oleh lima orang sahabat Anda. Jika sahabat Anda yang pertama gajinya 10 Juta, sahabat kedua 4 juta, sahabat ketiga 8 juta, sehabat keempat 20 juta dan sahabat kelima cuma 2 juta. Maka, bisa ditebak berapa penghasilan Anda. Penghasilan Anda adalah 8,8 juta. Dapatnya darimana? Penghasilan kelima sahabat Anda di tambahkan dan dibagi lima. Nah, jika Anda bersahabat dengan orang yang sholeh, pebisnis, dan punya penghasilan gede, maka Anda juga mendapatkan penghasilan yang gede.

Mengejar Dunia diharuskan, bahkan kita harus menjadi "orang kaya" yang identik dengan mengejar dunia. Cuma, bagaimana kita mengejar dunia tersebut, apakah dengan cara yang Allah tunjukkan atau menghalalkan segala cara? Jika tujuan utama mengejar dunia melupakan akhirat maka, sungguh luar biasanya energi yang kita habiskan, namun yang kita dapatkan tidak lah seberapa. Mau coba? saran saya sudah lah. Nah, alangkah luar biasa ketika orientasi kita mengejar akhirat. Ketika akhirat menjadi tujuan, maka dunia akan mengikutinya, dan yang akan kita dapatkan pun tidak tanggung-tangung.   

Setiap manusia punya sejarah perjalanan hidup yang berbeda-beda, pasti akan pernah memilih pilihan yang salah yang akhirnya membawa ke situasi yang merugikan. Tapi, apakah setelah memilih pilihan yang salah dia akan tersadar dan kembali ke jalan yang sebenarnya? Ada yang tersadar secara cepat ada pula yang tersadar dengan butuh waktu yang lama. Semua tergantung kasih sayang Allah padanya. 

Banyak yang tersadar kemudian meninggalkan segala tingkah dan pola, serta pilihan yang telah pernah mereka ambil dahulu, meskipun konsekuensinya dia harus memulai dari awal dan tertatih untuk menapaki jalan hidup yang baru. Ketika orang yang seperti ini mengambil hikmah dari kejadian yang pernah dia alami, maka akan banyak pengalaman yang mereka dapatkan, dengan bimbingan dan sahabat yang tepat, serta tuntunan dari Allah Swt dengan keimanan yang tinggi kepadaNya, InsyaAllah tidak akan masuk kedalam lubang yang sama, dan mungkin bisa menginspirasi orang lain dan menjadi "harapan baru". Sahabat yang tepat merupakan sesuatu yang mahal, yang saling mengingatkan, saling memotivasi, mengkritik dengan kritik yang konstruktif merupakan sesuatu yang terindah untuk menapaki jalan nan berliku ke depannya. 

Yuk, mari sahabat bergaulah dengan orang yang tepat, agar bisa saling mengingatkan, saling memotivasi, mengingatkan kita selalu beribadah kepada Allah Swt., saling berlomba untuk kemajuan masing-masing sesuai bidang yang digeluti. Apabila suatu saat kita ditegur atau diingatkan, maka yakinlah itu sebuah kasih sayang seseorang kepada sahabatnya. Ada sebuah perhatian di sana, agar kita senantiasa berjalan di pilihan yang tepat, pilihan yang lurus sesuai tuntunan Allah swt dan RasulNya. Itu lah sebuah kado yang terindah.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Cek Kiriman Standar Express untuk Penerimanya di Padang

Saya sering kali mendapatkan telpon dari sipenerima paket Standard Express untuk penerima dalam Sumatera Barat . Tidak hanya ke nomor pribadi saya, ke kantor SAP Express yang beralamat di jl. Jhoni Anwar No. Q 8 Ulak Karang Padang juga begitu, terlebih ke nomor telpon kantor 0751-446508. Setiap kali sipenerima bilang standard express, CS SAP Express langsung bilang saja, maaf salah sambung, Ini kantor SAP Express.  Ada juga yang ngotot dan menghubungi saya kembali dari nomor telpon yang berbeda. Lalu, saya jawab lagi, maaf Bu, sudah saya sampaikan bahwa kami bukan Standard Express, tetapi kami adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Kalau yang Ibu tanyakan tadi, mohon maaf saya tidak mengetahui. Memang benar, saya belum pernah mendengar apa itu ekspedisi Standard Express, apalagi untuk posisi kantornya di Padang saya belum pernah lihat.  Kemungkinan mereka baru menggunakan vendor lokal atau nebeng kirim paket melalui ekspedisi lainnya. Saking sering kena telpon seperti itu, saya

Pengalaman Pertama Ganti Regulator Gas

Sudah tiga hari kami tidak bisa masak di rumah. Kompor gas di rumah tidak bisa menyala. Ketika tabung gas yang habis kami ganti, pas mau pasang tabung yang baru, selalu ada bunyi sssssssts.... Ini pertama saya mengalami hal seperti ini, biasanya pas pasang pertama keluar bunyi seperti itu, dibuka dan coba lagi pasang gak ada bunyi untuk yang kedua. Namun kali ini, sudah berkali-kali di coba tetap saja keluar bunyi mendesis dan tercium aroma gas di dapur. Regulator yang kami gunakan sejak awal pasang kompor gas di rumah bermerek Star Cam seperti gambar di atas. Produk ini sangat bagus dan gampang pasangnya, namun untuk tabung gas yang berisi 3 kilo. Ketika tabungnya bentuk pegangannya tidak sesuai ukuran lekukannya atau mungkin penyok, maka agak sulit memasang regulator tersebut yang sesuai presisi. Sehingga, saya sering meluruskan dulu gagang tabung gas, dengan memukul dengan palu atau batu. Ketika regulator gak lurus pasangnya, sering terdengar suara mendesis...issst dan tercium b

Pengalaman Perdana Ikut Gurah Kesehatan

Tadi malam saya pertama kali mengikuti gurah kesehatan. Informasi tentang apa itu gurah dan manfaatnya sebenarnya sudah sejak se bulan yang lalu, info ini diberitahukan oleh Arif serta Ayahnya pada ku. Namun, karena sehubungan dengan bulan puasa, makanya kegiatan gurah ditiadakan pada saat itu, dan habis lebaran diadakan kembali. Kegiatan gurah kesehatan ini aku ikuti di Miftahussyifa, sebuah pondok pengobatan alternatif. Mulai dari pengobatan bio energy, totok wajah, gurah dan steam mata, gurah kesehatan serta bekam tersedia di sana, begitu juga dengan obat-obatan herbal yang di racik sendiri oleh Yayasan Miftahussyifa Bengkulu. Ketika saya bertanya ke salah satu terapisnya, yayasan Miftahusyifa ini sudah ada cabang se Sumatera dan Jawa, dan pusatnya di Bengkulu. Untuk di Padang saja stafnya kurang lebih 10 orang dengan keahlian yang berbeda-beda.  Untuk berobat pun di sini tidak ada dipungut biaya, namun hanya disediakan kotak sedekah, kita tinggal isi kotak sedekah te