Sudah beberapa waktu ini, saya dan team ganti strategi dalam menggaet klien Di SAP Express Padang. Selama ini mencoba Door to Door, termasuk beberapa kali ke daerah. Setelah di evaluasi, untuk saat ini tidak mungkin lagi menggunakan cara lama seperti dahulu. Karena disamping klien sudah banyak, tingginya target penambahan klien sudah tidak memungkinkan lagi untuk menggunakan cara Door to Door.
Tidak hanya target penambahan jumlah klien, target melebarkan sayap sampai ke pelosok daerah juga ada. Keterbatasan waktu dan SDM termasuk anggaran harus dibatasi, membuat kami berfikir ulang dan menyusun strategi baru dalam menambah klien dengan jumlah yang lebih banyak dalam waktu yang singkat.
Saya pribadi memiliki gagasan untuk memuat surat penawaran per hari kerja minimal 5 penawaran saja. Penawaran ini nantinya dikirimkan melalui kurir, dan tunggu respon dari si calon klien. Ketika dirasa sudah lama tidak ada respon, maka saya pun melayangkan penawaran kedua dengan redaksi bahasa yang berbeda. Tidak tertutup kemungkinan akan ada juga penawaran dengan harga yang lebih kompetitif.
Beberapa kali dicoba, alhamdulillah cara ini menunjukkan hasil. Meskipun persentase peluang closing-nya masih kecil namun sudah membuahkan closing-an saja sudah syukur Alhamdulillah. Cara ini ternyata ampuh untuk beberapa kantor instansi terutama perbankan.
Berdasarkan hasil yang cukup bagus di awal permulaan, saya dan team selalu bersemangat mencoba cara ini, dan sembari selalu memperbaharui data calon prospek dan memperbaiki copy writing dalam penawaran tersebut.
Bayangkan saja, SAP Express belum memiliki kantor penjualan, hanya bermodalnya sebuah penawaran saja yang dibuat di Padang, sudah bisa menggarap beberapa klien di Kabupaten. Mungkin berbeda dengan perusahaan ekspedisi pada umumnya, yang membuka kantor cabang dahulu di kabupaten baru ada klien yang gabung.
Sejak awal ekspedisi SAP Express di Padang, selalu ada klien dulu baru kantor cabang dibuka. Karena budget perusahaan terbatas, memaksa kita untuk berfikir lebih kreatif untuk mengembangkan cabang. Dana terbatas namun omset fantastis dan keuntungan pun bombastis, tidak ada promosi yang mengeluarkan biaya satu rupiah pun.
Alhamdulillah, berkat izin Allah Swt sampai per 31 Oktober 2018 SAP Cabang Padang masih bertengger sebagai cabang dengan omset tertinggi diantara seluruh cabang SAP Express di Indonesia.
Ya, selalu mencoba cara baru, improvisasi, evaluasi cara setiap langkah yang digunakan, kemudian ambil pelajaran berharga dari sana. Selalu mengasah kreatifitas tiada henti untuk menciptakan strategi baru dalam memenangkan persaingan.
Improve or Die, jika tidak kita yang selalu berbenah meramu strategi, meningkatkan pelayanan, maka kita tidak akan bisa menang menghadapi pertarungan. Ketika kita tidak menang dalam pertarungan ini, maka kita tidak hanya berjalan ditempat, namun perusahaan bisa juga mati tergilas, oleh ganasnya tingkat persaingan di dunia ekspedisi.
Komentar
Posting Komentar
Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)