Langsung ke konten utama

Sinergi Cabang Dalam Satu Regional

Minggu ini, penulis baru saja membuat group WA khusus sales SAP Express di seluruh Sumatera. Dari cabang Aceh sampai cabang Lampung, semua salesnya di masukkan dalam Group tersebut. Padahal kami sudah ada Group sales nasional, namun itu bersifat umum, padahal kami butuh yang spesifik, sehingga bisa saling bersinergi antara cabang satu dengan cabang tetangganya. 

Seperti kami di cabang Padang, kami juga butuh bantuan dari cabang Jambi, Cabang Pekanbaru, maupun cabang Palembang dan Medan. Itu dibutuhkan karena pengiriman dari kantor-kantor yang berada di Padang, banyak juga yang berkantor wilayah atau kantor pusat di daerah tersebut. Biasanya, kalau cabang tetangga sudah disebutkan menggunakan jasa SAP Express, InsyaAllah cabangnya yang di Padang juga bakalan ikutan.

Sehingga sinergi ini sangat dibutuhkan. Apalagi saat ini kontes setiap bulan selalu ada untuk mencari sales yang mampu menjaring klien paling banyak, serta loadment Shipment terbanyak. Semakin memudahkan kami berkomunikasi, tentu akan semakin mudah pula mendapatkan klien. Ketika Padang mendapatkan klien A, mungkin cabang Pekanbaru juga bisa mendapatkan klien A cabang Pekanbaru. 

Hari ini Medan mendapatkan klien yang juga mempunyai cabang dari Aceh sampai Lampung. Maka, cabang Aceh sampai Lampung juga bisa mendapatkan klien yang sama, hanya bermodalkan referensi dari Klien Medan tersebut. Enaknya lagi, ketika satu dapat semuanya juga dapat, maka saat pengajuan di kantor pusat di Jakarta, seluruh sales Sumatera akan mendapatkan targetnya secara bersamaan. Ini sangat bagus, seragam. Bisa memboomingkan nama brand SAP Express juga di perusahaan klien tersebut. Sehubungan dengan Klien tersebut seluruh cabang Sumateranya menggunakan SAP Express, maka otomatis cabang mereka yang lainnya baik di Jawa maupun sampai ke Papua juga mengetahui, Sehingga cabang SAP di seluruh Indonesia juga bisa mendapatkan klien yang sama. 

Satu perusahaan kita keroyok bareng-bareng. Manfaat lainnya, dengan sistem seperti ini, pesaing juga sulit masuk. Cuma, ketika satu memberikan pelayanan kurang memuaskan, yang lain bisa juga kena imbasnya. Semua klien juga bisa putus. Makanya, masing-masing cabang juga bisa menjaga service ke kliennya masing-masing.

Penulis sangat senang bisa menambah teman, apalagi dengan group khusus seperti ini kita bisa lebih bebas. Lebih bebas yang positif ya, bukan menjelekkan atasan atau kantor pusat, namun bersinergi bersama dan berpacu untuk meningkatkan omset di masing-masing cabang.

Saling berbagi pengalaman, meskipun penulis yang paling lebih dahulu di perusahaan ini, bukan berarti penulis lebih pintar dari sales cabang lain. Mereka juga bisa lebih jago dari penulis. Saat ini cabang Padang belum bisa dapatkan klien A, sedangkan cabang lain bisa. Tentu cabang lain tersebut lebih mahir mengolah sehingga klien A tersebut bisa mempercayakan kiriman mereka kepada SAP Express. Nah, itu lah yang menjadi pelajaran bagi penulis, sehingga penulis bisa tiru, amati dan modifikasi cara sales cabang tersebut dalam bekerja, dan bisa mencoba ke klien yang sama di Padang Sumatera Barat ini.

Itulah jaringan perusahaan, ketika semua kompak dan bersatu padu, saling memberi dan bekerjasama, maka InsyaAllah perusahaan bisa lebih cepat majunya. Di Dunia Ekspedisi, bekerja secara sendiri-sendiri tidak lah mungkin, sangat diperlukan kerjasama sebuah team yang solit. Sehingga, kiriman dari masyarakat bisa dengan cepat sampai, mereka terlayani dan sangat puas dengan layanan kita. Ketika kepuasan dari klien di dapat, maka InsyaAllah omset akan mengalir deras, dan akan berujung pada peningkatan keuntungan pemegang saham, serta kesejahteraan karyawan.

InsyaAllah. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Cek Kiriman Standar Express untuk Penerimanya di Padang

Saya sering kali mendapatkan telpon dari sipenerima paket Standard Express untuk penerima dalam Sumatera Barat . Tidak hanya ke nomor pribadi saya, ke kantor SAP Express yang beralamat di jl. Jhoni Anwar No. Q 8 Ulak Karang Padang juga begitu, terlebih ke nomor telpon kantor 0751-446508. Setiap kali sipenerima bilang standard express, CS SAP Express langsung bilang saja, maaf salah sambung, Ini kantor SAP Express.  Ada juga yang ngotot dan menghubungi saya kembali dari nomor telpon yang berbeda. Lalu, saya jawab lagi, maaf Bu, sudah saya sampaikan bahwa kami bukan Standard Express, tetapi kami adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Kalau yang Ibu tanyakan tadi, mohon maaf saya tidak mengetahui. Memang benar, saya belum pernah mendengar apa itu ekspedisi Standard Express, apalagi untuk posisi kantornya di Padang saya belum pernah lihat.  Kemungkinan mereka baru menggunakan vendor lokal atau nebeng kirim paket melalui ekspedisi lainnya. Saking sering kena telpon seperti itu, saya

Pengalaman Pertama Ganti Regulator Gas

Sudah tiga hari kami tidak bisa masak di rumah. Kompor gas di rumah tidak bisa menyala. Ketika tabung gas yang habis kami ganti, pas mau pasang tabung yang baru, selalu ada bunyi sssssssts.... Ini pertama saya mengalami hal seperti ini, biasanya pas pasang pertama keluar bunyi seperti itu, dibuka dan coba lagi pasang gak ada bunyi untuk yang kedua. Namun kali ini, sudah berkali-kali di coba tetap saja keluar bunyi mendesis dan tercium aroma gas di dapur. Regulator yang kami gunakan sejak awal pasang kompor gas di rumah bermerek Star Cam seperti gambar di atas. Produk ini sangat bagus dan gampang pasangnya, namun untuk tabung gas yang berisi 3 kilo. Ketika tabungnya bentuk pegangannya tidak sesuai ukuran lekukannya atau mungkin penyok, maka agak sulit memasang regulator tersebut yang sesuai presisi. Sehingga, saya sering meluruskan dulu gagang tabung gas, dengan memukul dengan palu atau batu. Ketika regulator gak lurus pasangnya, sering terdengar suara mendesis...issst dan tercium b

Pengalaman Perdana Ikut Gurah Kesehatan

Tadi malam saya pertama kali mengikuti gurah kesehatan. Informasi tentang apa itu gurah dan manfaatnya sebenarnya sudah sejak se bulan yang lalu, info ini diberitahukan oleh Arif serta Ayahnya pada ku. Namun, karena sehubungan dengan bulan puasa, makanya kegiatan gurah ditiadakan pada saat itu, dan habis lebaran diadakan kembali. Kegiatan gurah kesehatan ini aku ikuti di Miftahussyifa, sebuah pondok pengobatan alternatif. Mulai dari pengobatan bio energy, totok wajah, gurah dan steam mata, gurah kesehatan serta bekam tersedia di sana, begitu juga dengan obat-obatan herbal yang di racik sendiri oleh Yayasan Miftahussyifa Bengkulu. Ketika saya bertanya ke salah satu terapisnya, yayasan Miftahusyifa ini sudah ada cabang se Sumatera dan Jawa, dan pusatnya di Bengkulu. Untuk di Padang saja stafnya kurang lebih 10 orang dengan keahlian yang berbeda-beda.  Untuk berobat pun di sini tidak ada dipungut biaya, namun hanya disediakan kotak sedekah, kita tinggal isi kotak sedekah te