Promosi Jabatan yang Terhambat

InsyaAllah dalam tahun ini kantor cabang SAP Express Pasaman Barat akan segera di Buka. Ada salah seorang kurir senior di sana yang akan direncanakan untuk menjadi pimpinan cabang di Pasaman Barat. Tapi, sayang hal tersebut bakalan tidak akan terjadi.

Sobat Blog Riky, Kejujuran teramat sangat penting dalam hidup ini. Ketika sekali kita berbohong, maka selanjutnya orang akan sulit percaya lagi ke kita. Setiap perkataan dan tindak tanduk kita sudah di ragukan orang, rusak lah kredebilitas kita di mata manusia.

Hal itulah yang di lakukan oleh yang bersangkutan. Banyak paket yang ditembak dengan status palsu. Barang belum di antar, namun laporan di tembak berhasil. Ketika terjadi komplen baru yang bersangkutan langsung mengantarkan paket tersebut. Ini sebuah tindakan pemalsuan status yang sangat berat sangsinya dari perusahaan. 

Sangsi terberat adalah pelaporan kepada polis, jika ternyata yang bersangkutan banyak melakukan hal tersebut dan sangat merugikan klien dan perusahaan. Sangsi dibawahnya pemecatan langsung. Ketika kurir sudah membohongi perusahaan, ini tidak layak lagi untuk dipertahankan. 

Itulah perusahaan ekspedisi, 100 % bergantung kepada manusianya. Ketika manusia tersebut amanah, InsyaAllah perusahaan akan berjaya, ketika perusahaan untung, tentu kesejahteraan karyawan juga akan mengikut. Namun, ketika karyawan sudah tidak jujur, maka otomatis klien juga sudah meragukan perusahaan. Ketika perusahaan di putus klien, maka omset akan berkurang, bahkan tidak ada lagi sama sekali.Omset berkurang, bahkan tak ada, tentu perusahaan akan mengurangi karyawan, bahkan juga bisa tutup. Hal ini membuat 2000 lebih pengangguran. Hanya gara-gara segelintir orang yang tidak bisa menjaga amanah dengan baik.

Dikarenakan yang bersangkutan melakukan kesalahan fatal yang bisa mengakibatkan ketidakpercayaan klien kepada SAP Express, maka mau tidak mau yang bersangkutan harus di pecat. Iya, gara-gara satu orang ini bisa berakibat fatal bagi perusahaan dan cabang SAP Express Sumatera Barat.

Lho, penulis gak malu apa, menceritakan keburukan temannya di perusahaan?

Ngapain malu sobat, ini adalah bukti sportifitas dan kredibilitas perusahaan ke klien. Ketika ada SDM melakukan kesalahan dan melanggar kode etik sebagai seorang karyawan, tentu tindakan tegas harus dijatuhkan. Ini akan menjadi pelajaran berharga kepada karyawan yang lainnya. Dan kami pun bisa mengevaluasi diri, bagaimana mencegah agar hal tersebut tidak terjadi lagi. Bagaimana menemukan mekanisme kontrol yang ketat, sehingga tidak ada celah sedikit pun untuk karyawan yang lain melakukan hal yang demikian.

Nah, jika yang bersangkutan bekerja amanah, tentu saat ini sudah mendapatkan promosi. Tentu yang bersangkutan juga sudah mendapatkan kenaikan gaji dan berbagai fasilitas lainnya yang kantor sediakan. Tapi, apa dikata. Karena sebuah kejujuran yang tergadaikan, semuanya sudah hilang dan beralih ke orang lain.

Tidak ada komentar:

Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)

Diberdayakan oleh Blogger.