Kita Semua Pahlawan

Hari Jumat ini bertepatan dengan tanggal 10 November 2017 dan juga merupakan hari Pahlawan. Selamat Hari Pahlawan ya sobat, semoga kita selalu bisa meneladani sifat kesatria dari para pahlawan kita terdahulu yang dengan susah payahnya merebut kemerdekaan negara Republik Indonesia ini. Dan mari kita berusaha sekuat tenaga untuk juga menjadi pahlawan bagi diri kita sendiri, keluarga, Agama Islam dan Bangsa ini ke depannya. 

Sobat, mungkin banyak orang di kantor ku mengira, bahwa hanya sales lah yang bisa dikatakan pahlawan bagi mereka. Karena melalui sales, semua klien bisa didapatkan dan mempercayakan kirimannya pada perusahaan kami. Adanya klien dan melakukan pembayaran tepat waktu, sehingga bisa membuat neraca keuangan perusahaan stabil dan bisa menghidupi 60 Karyawan pada saat ini.

Padahal, jika hanya sales saja yang bekerja tanpa bantuan 58 karyawan lainnya + Kacab juga, tentu kita tidak akan bertumbuh dengan cepat seperti sekarang. Tugas pokok dan fungsi kita masing-masing sudah ada. Kita semua mengambil peran penting di sini. Jika satu saja yang tidak masuk, maka akan mulai merusak tatanan sistem yang telah kita bangun.

Kita ini adalah sebuah team kerja. Masing-masing memiliki peran. Sama seperti apa yang pernah saya tuliskan di blog ini juga dengan judul " Ketajaman Seorang Striker. " Boleh jadi sales merupakan seorang striker jika diibaratkan dengan sebuah team sepakbola. Jika hanya sales yang menendang ke gawang dan ternyata gol. Memang dari segi nama terpajang sebagai seorang pahlawan yang berkat kerja kerasnya membuahkan kemenangan bagi team mereka. Namun perlu diingat bahwa ada 10 orang lain yang be-rmain dibelakangnya, yang berusaha juga untuk bekerja keras bagaimana bola ini bisa sampai kepada seorang striker. Jika mereka tidak berusaha dengan keras, bagaimana mungkin striker akan bisa mendapatkan bola untuk di tendangkan ke gawang lawan?

Kita semua adalah pahlawan, pahlawan bagi diri kita sendiri, bagi perusahaan dan bagi keluarga kita tentunya. Dalam sebuah perusahaan apa pun bidang dan bagiannya semuanya sangat penting dan memiliki peran yang tidak bisa diremehkan oleh siapapun.  

Boleh jadi sales hanya mencari klien, kemudian bagian Operasional bagaimana mengurusi kiriman klien bisa terdelivery dengan baik, kemudian kurir pengantaran dengan semangatnya membuat kiriman tersebut sukses dengan cepat, baik dan aman tentunya. Tanpa jiwa pahlawan dari seorang kurir pick up, bisa jadi kiriman tidak ter pick up dengan baik dan cepat. Tanpa Entri Data Processing, tentunya inputan kiriman paket/dokumen tidak terkerjakan dengan cepat dan tidak ada yang salah entri. Tanpa staf cargo, tentu paket tidak akan bisa sampai cepat dalam mengantarkan ke bandara. Tidak adanya SPV Operasional, info penerbangan pun tidak akan sampai ke tangan cabang tujuan.

Bagaimana pun juga, tidak adanya data support dan customer service yang handal kita tidak akan bisa memberikan pelayanan prima ke klien. Begitu juga tanpa adanya call center tidak adanya saling komunikasi dengan semua pegawai di kota dan kabupaten dalam sumbar. Begitu juga tanpa adanya seorang finance yang kritis dan teliti, tentu pembayaran tidak akan tertagih dengan baik. Tanpa kontrol yang baik dari seorang Branch Manager, tentu operasional tidak akan berjalan dengan semulus ini.

Nah, terlihatkan semuanya penting. Semuanya adalah pahlawan, yang memberikan segalanya untuk kemajuan perusahaan. Satu orang tidak akan bisa membuat keberhasilan jika tidak ada support dari teman-teman se team. Maka dari itu, jangan anggap pekerjaan kita tidak terlalu penting. Tanpa sumbangsih kita, belum tentu kita akan sebanyak ini lagi karyawan untuk ke depannya. Bisa saja stagnan, atau lebih parah lagi berkurang jauh dari yang sudah ada saat ini. Tentu ini tidak kita inginkan bukan?

Tidak ada komentar:

Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)

Diberdayakan oleh Blogger.