Masak Pangek Ikan Dulu...

Malam ini adalah jumat malam, bertepatan dengan hari Raya Idul Adha 1438 H. Kegiatan potong hewan qurbannya akan dilaksanakan besok. Alhamdulillah kembali dapat kepercayaan lagi untuk bantu panitia qurban di komplek rumah ku. 

Hari ini tidak ada kegiatan yang berarti, palingan cuma beres-beres rumah dan habisin lontong buatan Ibu...hehehe...

Oya, sibungsu Yana, kami antar menjelang maghrib tadi ke pool family raya, karena harus bertugas di Jambi, selama seminggu untuk bantu sementara kakaknya menjaga si bayi Adit. Maklum, nenek dan kakeknya Adit harus ke Padang buat selesaikan urusan dalam seminggu ke depan, setelah itu akan balik lagi ke Jambi menemani Adit, dan orang tuanya.

Malam ini saya baru belajar buat pangek ikan, maklum dahulu hanya bermodalkan masakan orang tua, sekarang nampaknya gak bisa diharapkan lagi, karena orang tua harus hijrah sementara ke Jambi. Kondisi yang memaksa harus mandiri banget.

Ternyata memasak pangek tidak terlalu sulit. Bahan yang perlu disiapkan, yaitu : Ikan, Cabe giling halus, Daun salam 2 lembar, daun jeruk 2 lembar, daun ruku-ruku, serai sebesar jari telunjuk, daun kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe yang dihaluskan, asam kandis 1 biji, lengkuas yang di haluskan, garam, royco sapi, dan gula merah secukupnya...

Cara buatnya, pertama masukkan air putih ke dalam kuali pengorengan sekitar 3 gelas ukuran biasa, kemudian masukan 1 sendok makan cabe giling halus kemudian dikacau. Setelah itu, masukkan daun salam 2 lembar, daun jeruk 2 lembar, serai, daun kunyit selembar, asam kandis dan daun ruku-ruku. Sementara itu, giling halus/diblender bawang merah 5 siung, bawang putih 2 siung, jahe seukuran ibu jari dan lengkuas ukuran sepertiga ibu jari. Setelah diblender langsung masukan dalam kuali dan diaduk terus sampai airnya agak berkurang/ agak mengental dari jumlah semula. Ikan sisiak yang telah bersih kita masukkan, mungkin sekitar 8 potong tipis dengan ukuran 5 cm x 3 cm atau bisa juga menggunakan ikan taneman yang kecil atau ikan laut lainnya. Kemudian beri taburan garam setengah sendok makan, tambah royco sapi secukupnya dan tambahkan gula secukupnya, agar tidak terlalu pedas. Biarkan sampai ikannya matang, atau kuah lebih kental. Selesai deh...

Besok mau masak apa lagi ya? yang jelas akan berhubungan dengan daging sapi pastinya...

Tidak ada komentar:

Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)

Diberdayakan oleh Blogger.