Ide Yang Disepelekan

Setiap karyawan memang dituntut untuk kerja maksimal di kantornya. Tentunya tidak hanya kerja asalan dan cepat selesai saja, akan tetapi kerja dengan serius dan sungguh-sungguh. Sehingga tidak terjadi persoalan bagi perusahaan dan kliennya di kemudian hari. 

Kerja bukan hanya sekedar mengerjakan kerjaan yang rutinitas saja, namun karyawan juga harus mengimprovisasi diri sehingga muncul ide atau gagasan untuk lebih bisa memudahkan pekerjaan yang dilaksanakan pada saat ini. Ide dan gagasan yang muncul tersebut tentunya bisa memberikan efek yang maksimal kepada perusahaan. Apakah dalam bentuk sistem kerja yang lebih efektif dan hemat anggaran, atau memberikan efek pada pelayanan yang lebih power full kepada pelanggan misalnya.

Ada salah satu contoh ide dalam bidang collection disebuah perusahaan ekspedisi. Biasanya pembayaran invoice pelanggan di transfer ke rekening BCA dan sekarang menggunakan rekening virtual di Bank Mandiri. Bagi finance di pusat,mungkin entah malas ngecek satu-satu transaksi dari ribuan klien se Indonesia, sehingga outstanding pembayaran di pusat menjadi membengkak. Padahal klien sudah melakukan pembayaran dengan trasnfer ke nomor rekening yang tertera pada invoice. 

Ya, mau tak mau pihak pusat tentunya menyalahkan cabang, karena outstanding pembayaran yang tinggi. Cabang tentu tidak mau di salahkan karena klien sudah ngaku bayar. Namun, konfirmasi pembayaran tidak pernah disampaikan oleh klien ke cabang. Maka, dari itu muncul sebuah ide untuk memberikan sedikit pengarahan kepada klien di invoice yang akan diserahkan untuk bulan berjalan selanjutnya.

Alhamdulillah, ide yang selama ini diabaikan, memang dulu pernah dilakukan, namun terhenti mungkin karena terlalu sibuk atau mungkin agak sedikit malas menambahkan sedikit tambahan di kertas invoice...entahlah. Namun, yang pasti ide yang pernah disepelekan tersebut membuat efek positif bagi perkembangan bidang collection di perusahaan ekspedisi tersebut.

Nah, sebagai karyawan, tunjukkan ide dan gagasan kreatifmu untuk memajukan perusahaan ya...kalau perusahaan tempatmu bekerja tambah maju, tentu akan berefek padamu juga sobat, kesejahteraan karyawan juga akan semakin meningkat. Akan tetapi, ketika perusahaan sudah semakin maju dan mendapatkan keuntungan yang besar, namun tidak memberikan efek positif kepadamu...hm...Terlalu...

Tidak ada komentar:

Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)

Diberdayakan oleh Blogger.