Langsung ke konten utama

Ide Yang Disepelekan

Setiap karyawan memang dituntut untuk kerja maksimal di kantornya. Tentunya tidak hanya kerja asalan dan cepat selesai saja, akan tetapi kerja dengan serius dan sungguh-sungguh. Sehingga tidak terjadi persoalan bagi perusahaan dan kliennya di kemudian hari. 

Kerja bukan hanya sekedar mengerjakan kerjaan yang rutinitas saja, namun karyawan juga harus mengimprovisasi diri sehingga muncul ide atau gagasan untuk lebih bisa memudahkan pekerjaan yang dilaksanakan pada saat ini. Ide dan gagasan yang muncul tersebut tentunya bisa memberikan efek yang maksimal kepada perusahaan. Apakah dalam bentuk sistem kerja yang lebih efektif dan hemat anggaran, atau memberikan efek pada pelayanan yang lebih power full kepada pelanggan misalnya.

Ada salah satu contoh ide dalam bidang collection disebuah perusahaan ekspedisi. Biasanya pembayaran invoice pelanggan di transfer ke rekening BCA dan sekarang menggunakan rekening virtual di Bank Mandiri. Bagi finance di pusat,mungkin entah malas ngecek satu-satu transaksi dari ribuan klien se Indonesia, sehingga outstanding pembayaran di pusat menjadi membengkak. Padahal klien sudah melakukan pembayaran dengan trasnfer ke nomor rekening yang tertera pada invoice. 

Ya, mau tak mau pihak pusat tentunya menyalahkan cabang, karena outstanding pembayaran yang tinggi. Cabang tentu tidak mau di salahkan karena klien sudah ngaku bayar. Namun, konfirmasi pembayaran tidak pernah disampaikan oleh klien ke cabang. Maka, dari itu muncul sebuah ide untuk memberikan sedikit pengarahan kepada klien di invoice yang akan diserahkan untuk bulan berjalan selanjutnya.

Alhamdulillah, ide yang selama ini diabaikan, memang dulu pernah dilakukan, namun terhenti mungkin karena terlalu sibuk atau mungkin agak sedikit malas menambahkan sedikit tambahan di kertas invoice...entahlah. Namun, yang pasti ide yang pernah disepelekan tersebut membuat efek positif bagi perkembangan bidang collection di perusahaan ekspedisi tersebut.

Nah, sebagai karyawan, tunjukkan ide dan gagasan kreatifmu untuk memajukan perusahaan ya...kalau perusahaan tempatmu bekerja tambah maju, tentu akan berefek padamu juga sobat, kesejahteraan karyawan juga akan semakin meningkat. Akan tetapi, ketika perusahaan sudah semakin maju dan mendapatkan keuntungan yang besar, namun tidak memberikan efek positif kepadamu...hm...Terlalu...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Cek Kiriman Standar Express untuk Penerimanya di Padang

Saya sering kali mendapatkan telpon dari sipenerima paket Standard Express untuk penerima dalam Sumatera Barat . Tidak hanya ke nomor pribadi saya, ke kantor SAP Express yang beralamat di jl. Jhoni Anwar No. Q 8 Ulak Karang Padang juga begitu, terlebih ke nomor telpon kantor 0751-446508. Setiap kali sipenerima bilang standard express, CS SAP Express langsung bilang saja, maaf salah sambung, Ini kantor SAP Express.  Ada juga yang ngotot dan menghubungi saya kembali dari nomor telpon yang berbeda. Lalu, saya jawab lagi, maaf Bu, sudah saya sampaikan bahwa kami bukan Standard Express, tetapi kami adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Kalau yang Ibu tanyakan tadi, mohon maaf saya tidak mengetahui. Memang benar, saya belum pernah mendengar apa itu ekspedisi Standard Express, apalagi untuk posisi kantornya di Padang saya belum pernah lihat.  Kemungkinan mereka baru menggunakan vendor lokal atau nebeng kirim paket melalui ekspedisi lainnya. Saking sering kena telpon seperti itu, saya

Pengalaman Pertama Ganti Regulator Gas

Sudah tiga hari kami tidak bisa masak di rumah. Kompor gas di rumah tidak bisa menyala. Ketika tabung gas yang habis kami ganti, pas mau pasang tabung yang baru, selalu ada bunyi sssssssts.... Ini pertama saya mengalami hal seperti ini, biasanya pas pasang pertama keluar bunyi seperti itu, dibuka dan coba lagi pasang gak ada bunyi untuk yang kedua. Namun kali ini, sudah berkali-kali di coba tetap saja keluar bunyi mendesis dan tercium aroma gas di dapur. Regulator yang kami gunakan sejak awal pasang kompor gas di rumah bermerek Star Cam seperti gambar di atas. Produk ini sangat bagus dan gampang pasangnya, namun untuk tabung gas yang berisi 3 kilo. Ketika tabungnya bentuk pegangannya tidak sesuai ukuran lekukannya atau mungkin penyok, maka agak sulit memasang regulator tersebut yang sesuai presisi. Sehingga, saya sering meluruskan dulu gagang tabung gas, dengan memukul dengan palu atau batu. Ketika regulator gak lurus pasangnya, sering terdengar suara mendesis...issst dan tercium b

Pengalaman Perdana Ikut Gurah Kesehatan

Tadi malam saya pertama kali mengikuti gurah kesehatan. Informasi tentang apa itu gurah dan manfaatnya sebenarnya sudah sejak se bulan yang lalu, info ini diberitahukan oleh Arif serta Ayahnya pada ku. Namun, karena sehubungan dengan bulan puasa, makanya kegiatan gurah ditiadakan pada saat itu, dan habis lebaran diadakan kembali. Kegiatan gurah kesehatan ini aku ikuti di Miftahussyifa, sebuah pondok pengobatan alternatif. Mulai dari pengobatan bio energy, totok wajah, gurah dan steam mata, gurah kesehatan serta bekam tersedia di sana, begitu juga dengan obat-obatan herbal yang di racik sendiri oleh Yayasan Miftahussyifa Bengkulu. Ketika saya bertanya ke salah satu terapisnya, yayasan Miftahusyifa ini sudah ada cabang se Sumatera dan Jawa, dan pusatnya di Bengkulu. Untuk di Padang saja stafnya kurang lebih 10 orang dengan keahlian yang berbeda-beda.  Untuk berobat pun di sini tidak ada dipungut biaya, namun hanya disediakan kotak sedekah, kita tinggal isi kotak sedekah te