Perusahaan Pengelolaan Kearsipan

Suatu hari di tahun 2015, kami mendapatkan proyek pengiriman ber puluh-puluh box banyaknya. Satu box, beratnya bisa lebih dari 20 Kg. Isinya Anda tahu apa? Hanya kertas..Yups, hanya kertas. Kertas ini bukan kertas biasa lho, tapi kertas arsip dari rangkaian kegiatan operasional perusahaan tersebut. Perusahaan yang memberikan proyek pengiriman tersebut merupakan sebuah perusahaan leasing atau pembiayaan. Waktu itu, saya belum mengetahui secara detail mengenai untuk apa dan apa perlunya pengiriman kertas tersebut.

Seiring berjalan waktu, baru lah saya mengetahui dengan jelas apa yang pernah kami kirimkan setahun nan silam. Pengiriman yang dilakukan oleh perusahaan leasing tersebut adalah file arsip, baik itu arsip nasabah, arsip operasional perusahaan dan jenis lainnya, yang dikumpulkan biasanya satu sampai dua kali se tahun. Arsip tersebut di simpan disebuah gudang yang dikelola oleh pihak ketiga atau vendor. Karena, keterbatasan tempat dan SDM, makanya perusahaan leasing tersebut tidak bisa melakukan pengumpulan dan penyimpanan arsip sendiri.

Perusahaan Pengarsipan Multifiling Mitra Indonesia

Dalam setiap box yang berlabel khusus tersebut tertulis MMI semua file atau berkas di masukkan dalam kotak tersebut dan sudah ada penomoran di masing-masing kotak. Saya mengira hanya Adira Multi Finance saja yang melakukan pengiriman arsip ke sana. Pada tahun 2016, saya mendapatkan kontrak pengiriman serupa, kali ini saya di kontrak oleh Oto Multiartha Finance. Dan ketika saya melalukan prospek ke semua perusahaan leasing di Kota Padang, hampir beberapa tempat saya menemukan kotak yang serupa. Artinya, hampir semua perusahaan leasing merupakan rekanan dari perusahaan pengarsipan tersebut yang bernama Multifiling Mitra Indonesia. 

Baru kali ini, setelah saya melakukan pengecekan saham di IPOT, saya menemukan nama PT. Multifiling Mitra Indonesia , Tbk. Inilah dia perusahaan pengarsipan yang ternyata, sudah lama listing di bursa efek Indonesia. 

Saya pribadi tidak menyangka ada peluang bisnis di dunia pengarsipan, setahu saya pengarsipan mungkin hanya ada di perpustakaan daerah atau kampus. Ternyata memang ada perusahaan yang core bisnisnya di bidang pengelolaan kearsipan. Sampai saat ini saya belum mengetahui ada pesaing untuk jenis usaha dibidang arsip tersebut. Namun yang jelas, dengan core bisnis yang unik, tentunya ada peluang yang lebih besar untuk berkembangnya perusahaan ini. 

Memang kalau melihat sedikit laporan keuangan perusahaan, memang tidak lah besar dari segi aset dan pendapatan. Namun, melihat potensi perusahaan dan keahlian yang dimilikinya, serta banyaknya perusahaan yang saat ini butuh vendor untuk pengelolaan arsip, peluang yang sangat besar terpajang di depan mata.

Harga saham untuk emiten yang mempunyai kode MFMI berkisar Rp.270 per lembar pada 5 Agus 2016. Melihat peluang ke depan mungkin sangat baik untuk di koleksi. Market share yang luas, dengan persaingan yang mungkin tidak ketat, bisa dikuasai oleh MFMI. Berbeda halnya dengan perusahaan ekspedisi yang memiliki market share yang luas, namun persaingan sudah sangat terlalu ketat, yang harus memaksa untuk penurunan harga di pasaran.  

Melihat perusahaan lebih detail perlu dilakukan. Mungkin pertimbangan awal seperti yang sudah dijabarkan. Masih banyak faktor teknis lainnya, termasuk manajemen perusahaan saat ini dan kinerja laporan keuangan secara keseluruhan dalam beberapa tahun belakang.   

Tidak ada komentar:

Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)

Diberdayakan oleh Blogger.