Langsung ke konten utama

Kuncinya Pribadi yang Memikat

Minggu, 28 Agustus 2016.

Sebulan sekali biasanya ku memanfaatkan waktu untuk melakukan service motor. Adapun tempat melakukan service motor yaitu bengkel "Win Service" yang terletak di dekat rumahku di jalan Parak Kerakah Padang. Bukan karena dekat, mengingat ada beberapa bengkel juga yang ku lewati saat menuju bengkel langganan ku tersebut. 

Bengkel tersebut hampir buka setiap hari, Jumat hari libur nya. Selain hari jumat, puluhan motor berjejer di sana untuk dilakukan service atau perbaikan apa pun. Buka jam delapan pagi sampai pukul lima sore. Lima orang karyawan siap sedia membantu pak Win untuk melakukan perbaikan motor di sana. 

Hari ini ku kira telat datang ke bengkel, padahal waktu sudah menunjukkan pukul delapan pagi. Sewaktu sampai di sana ternyata aku orang yang datang pertama, walaupun pertama datang rasanya, ternyata sudah 3 motor yang parkir di sana untuk dilakukan perbaikan. Motor yang mau diservice sudah parkir, padahal bengkel masih tutup, baru satu orang mekanik saja yang sudah datang.

Ya, biasanya hari Minggu, sampai 30 motor yang menunggu sentuhan mekanik di sana. Meskipun rela mengantre dari pagi menghabiskan waktu menunggu, tidak lah mengapa. Padahal bengkel tersebut tidak pula memiliki kursi tunggu yang nyaman seperti tempat service bagus lainnya. Kalau ada tambahan modal bagi pak win ini, mungkin tempat servicenya bisa lebih bagus dan lebih besar.

Pak Win orangnya ramah,  asyik juga diajak bercerita. Tak hayal setiap pelanggan yang lalu lintas di depan bengkelnya selalu menyapa beliau. Banyak juga pelanggan yang menitipkan motor di sana untuk dilakukan service, kemudian nanti siang atau sore mereka jemput lagi. Tak jarang pula Pak Win dan anggotanya yang mengantarkan langsung motor tersebut ke rumah pelanggan. 

Harga onderdir di sana standar lah harganya menurut ku, hampir sama dengan yang lain. Namun, sentuhan dari pribadi pak Win dan Anggota mekaniknya lah yang membuat pelanggan betah dan selalu kembali ke sana.

Beliau sambil memperbaiki motor pelanggan juga senang mengobrol dengan pelanggan, saking terbukanya dengan pelanggan beliau ngomong apa adanya, termasuk berapa biaya service. Biasanya beliau mematok jasa service dengan harga yang murah. Terkadang, jika onderdil sedang kosong, beliau bersedia membelikan langsung di tempat suplier beliau. Ada juga ketika motor yang kemaren di perbaiki, kemudian terjadi kendala lagi. Pelanggan berbalik lagi ke tempat beliau dan beliau lakukan perbaikan dan tidak menarik biaya apa pun lagi. 

Dalam berbisnis terkadang pembeli melihat siapa yang menjualnya, bukan produknya apa. Jika penjualnya ramah, pelayanannya bagus dan sikapnya juga baik, maka akan banyak pengunjung atau pembeli yang melakukan pembelian pada penjual tersebut. Dan bisnisnya juga akan bertahan lebih lama dan bisa jadi semakin maju.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Cek Kiriman Standar Express untuk Penerimanya di Padang

Saya sering kali mendapatkan telpon dari sipenerima paket Standard Express untuk penerima dalam Sumatera Barat . Tidak hanya ke nomor pribadi saya, ke kantor SAP Express yang beralamat di jl. Jhoni Anwar No. Q 8 Ulak Karang Padang juga begitu, terlebih ke nomor telpon kantor 0751-446508. Setiap kali sipenerima bilang standard express, CS SAP Express langsung bilang saja, maaf salah sambung, Ini kantor SAP Express.  Ada juga yang ngotot dan menghubungi saya kembali dari nomor telpon yang berbeda. Lalu, saya jawab lagi, maaf Bu, sudah saya sampaikan bahwa kami bukan Standard Express, tetapi kami adalah SAP Express (Satria Antaran Prima). Kalau yang Ibu tanyakan tadi, mohon maaf saya tidak mengetahui. Memang benar, saya belum pernah mendengar apa itu ekspedisi Standard Express, apalagi untuk posisi kantornya di Padang saya belum pernah lihat.  Kemungkinan mereka baru menggunakan vendor lokal atau nebeng kirim paket melalui ekspedisi lainnya. Saking sering kena telpon seperti itu, saya

Pengalaman Pertama Ganti Regulator Gas

Sudah tiga hari kami tidak bisa masak di rumah. Kompor gas di rumah tidak bisa menyala. Ketika tabung gas yang habis kami ganti, pas mau pasang tabung yang baru, selalu ada bunyi sssssssts.... Ini pertama saya mengalami hal seperti ini, biasanya pas pasang pertama keluar bunyi seperti itu, dibuka dan coba lagi pasang gak ada bunyi untuk yang kedua. Namun kali ini, sudah berkali-kali di coba tetap saja keluar bunyi mendesis dan tercium aroma gas di dapur. Regulator yang kami gunakan sejak awal pasang kompor gas di rumah bermerek Star Cam seperti gambar di atas. Produk ini sangat bagus dan gampang pasangnya, namun untuk tabung gas yang berisi 3 kilo. Ketika tabungnya bentuk pegangannya tidak sesuai ukuran lekukannya atau mungkin penyok, maka agak sulit memasang regulator tersebut yang sesuai presisi. Sehingga, saya sering meluruskan dulu gagang tabung gas, dengan memukul dengan palu atau batu. Ketika regulator gak lurus pasangnya, sering terdengar suara mendesis...issst dan tercium b

Pengalaman Perdana Ikut Gurah Kesehatan

Tadi malam saya pertama kali mengikuti gurah kesehatan. Informasi tentang apa itu gurah dan manfaatnya sebenarnya sudah sejak se bulan yang lalu, info ini diberitahukan oleh Arif serta Ayahnya pada ku. Namun, karena sehubungan dengan bulan puasa, makanya kegiatan gurah ditiadakan pada saat itu, dan habis lebaran diadakan kembali. Kegiatan gurah kesehatan ini aku ikuti di Miftahussyifa, sebuah pondok pengobatan alternatif. Mulai dari pengobatan bio energy, totok wajah, gurah dan steam mata, gurah kesehatan serta bekam tersedia di sana, begitu juga dengan obat-obatan herbal yang di racik sendiri oleh Yayasan Miftahussyifa Bengkulu. Ketika saya bertanya ke salah satu terapisnya, yayasan Miftahusyifa ini sudah ada cabang se Sumatera dan Jawa, dan pusatnya di Bengkulu. Untuk di Padang saja stafnya kurang lebih 10 orang dengan keahlian yang berbeda-beda.  Untuk berobat pun di sini tidak ada dipungut biaya, namun hanya disediakan kotak sedekah, kita tinggal isi kotak sedekah te