Riset Keyword Untuk Sebuah Tulisan

Hari libur kali ini, dimanfaatkan dengan belajar riset keyword untuk bahan tulisan di blog. Blog yang telah saya bangun di monetize dengan google adsense dan beberapa affiliate. Setidaknya apa yang sudah dipelajari hari ini, dengan dituliskan di blog menjadi melekat dalam ingatan, dan siapa tahu juga bermanfaat bagi pengunjung setia blog personal Riky Perdana.

Blog yang sudah terbangun banyak yang berisi artikel tentang apa pun alias gado-gado. Ke depan masing-masing blog tersebut akan difokuskan untuk niche tertentu. Blog ini, karena memang blog personal makanya akan selamanya tetap sebagai blog gado-gado. Tentunya, isinya masih seputar yang punya blog dong ya..

Mencari Keyword turunan dengan www.ubersuggest.io/ 

Web ini memberikan kemudahan bagi pengunjung yang mencari keyword turunan. Keyword turunan yang dimaksud yaitu keyword yang selama ini di searching oleh pengunjung di seacrh engine dengan tambahan kata yang melekat pada keyword utama. Misal keyword utama tentang saham, maka keyword turunannya bisa saja saham online, saham murah, saham bca, atau saham mandiri dan lain-lain.

Menggunakan web ini sangat mudah, cukup mengetikkan keyword utama. Kemudian sebelah kiri bawahnya pilih web dan sebelah kanan bawah klik Indonesia. Setelah itu klik suggest, tunggu beberapa detik, maka akan keluar keyword turunan.

Setelah keyword turunan keluar kemudian klik View as text, dan copy seluruh tulisan yang keluar dari kotak tersebut. seluruh keyword yang telah di copy kemudian paste kan di notepad kemudian simpan ditempat yang mudah diingat. Setelah itu, buka google keyword planner. Begini tampilannya ..

Nah, untuk masuk harus punya akun gmail ya, setelah masuk baru pilih Get Seacrh Volume and Trends. Setelah itu, pilih Choose File. Upload file yang kita simpan di notepad tadi. Trus, tinggal upload deh, dengan tekan kotak biru yang bertuliskan get search volume. Maka, akan kelihatan grafik dan angka-angka seputar hasil pencarian keyword utama dan turunan. Grafik dan angka-angka tersebut memperlihatkan rata-rata pencarian orang-orang di search engine google terkait dengan keyword tersebut,kemudian bagaimana dengan tingkat kompetisi dari keyword tersebut. Yang dimaksud dengan keyword kompetisi ini adalah seberapa banyak orang-orang menulis tentang keyword yang di cari tersebut, seperti gambar di bawah ini:

Untuk memudahkan melakukan filter terhadap data-data yang dibutuhkan, tekan download dan simpan dalam bentuk excel CSV. Kemudian akan tersimpan otomatis dan tinggal klik hasilnya dalam bentuk excel tersebut.

Sekarang, bagaimana memilih keyword turunan yang akan digunakan. Pilihlah yang avg monthly searches yang besar dari 1000 dan kurang dari 1 juta. Pilih competition yang medium atau low, kalau pilih yang high, kita akan sulit bersaing. Untuk Suggested bid, itu merupakan gambaran biaya iklan yang dikeluarkan oleh si pemasang iklan untuk keyword tersebut di google adwords.

Nah, trus untuk apa perlunya riset keyword? 

Untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi dari google adsense, sebaiknya menggunakan riset keyword kemudian buatlah tulisan sesuai dengan riset keyword yang kita dapatkan. Sehingga, ketika pengunjung yang datang ke blog kita bisa lebih tinggi, karena sesuai dengan target pencarian pengunjung. Ketika pengunjung yang datang banyak ke blog kita, maka peluang akan terjadinya konversi klik juga akan semakin tinggi pula.

Begitu juga dengan para pemula di dunia blogging. Blogger yang ingin mendapatkan hasil dari kegiatan ngeblog, sewaktu membuat blog juga butuh riset keyword agar hasil bisa maksimal.

Meskipun agak sedikit ribet, namun ini bukanlah penghalang sobat untuk bisa ngeblog.Tidak melakukan riset keyword juga tak mengapa. Yang penting ngeblog saja dan rutin posting, itu sudah alhamdulillah. Kan, ngeblog bukan saja sekedar di monetize tapi juga untuk menyalurkan hobi menulis bukan ? Akan lebih baik lagi, ngeblog adalah hobi, yang sekaligus bisa di monetize dengan maksimal untuk mendapatkan tambahan dollar ke kantong. Bagaimana menurut sobat?

Tidak ada komentar:

Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)

Diberdayakan oleh Blogger.