Akibat Suatu Penundaan

Semoga menjadi pelajaran bagimu teman dan bagi saya sendiri. Ya, luar biasa sebuah akibat dari suatu penundaan suatu kegiatan, bisa jadi lebih baik dan bisa jadi lebih buruk. Namun, kebanyakan lebih buruknya dari pada baiknya.

Seorang teman kuliah dahulu yang sekarang bekerja di Jakarta. Beliau merayakan lebaran di Padang se keluarga. Kakak beserta suami dan anaknya telah lebih dahulu berangkat kembali ke Jakarta selepas lebaran di Padang. Sementara temanku ini, mengambil cuti sampai tanggal 24 Juli dan Senin pada 27 Juli kembali masuk kantor. Beserta Ayah dan Ibu beliau kan kembali ke Jakarta dalam rencana di awal.

Biasanya ketika mau mudik, tentunya kita memesan tiket baik bus, kereta api atau pun pesawat di awal waktu, termasuk tiket balik. Namun, teman ini lucu banget. Beberapa kali sering balik ke Padang, tidak pernah mengambil tiket pesawat di awal waktu, seringnya mepet terus. Kebiasaan ini terulang keberapa kalinya sampai akan balik ke Jakarta. Ternyata, tiket pesawat dari Padang ke Jakarta sampai tanggal 28 Juli 2015 sudah habis terjual semua. Seandainya selasa yang lalu (21 Juli 2015) beliau jadi mengambil tiket pesawat, tentunya beliau bisa berangkat sesuai dengan waktu yang beliau rencanakan. 

Karena melakukan penundaan dan baru hari ini mencari tiket pesawat dari Padang ke Jakarta, Akhirnya terpaksa beliau tidak bisa berangkat langsung dari Bandara Internasional Minangkabau menuju Bandara Cengkareng. Beliau akhirnya dapat tiket pesawat hari Minggu (26 Juli) pagi dari Jambi ke Jakarta. Beliau mesti naik travel dulu 12 jam ke kota Jambi dan naik pesawat dari Bandara Jambi ke Jakarta. Ayah dan Ibunya terpaksa berangkat hari selasa (28 Juli) dan itu pun harus transit terlebih dahulu ke Batam. Dari pada tidak masuk kantor atau telat pada senin tanggal 27 juli, lebih baik mengambil penerbangan tersebut. Sebenarnya ada dua pilihan, pilihan satunya lagi berangkat via Pekanbaru. Karena dari segi waktu yang mepet dan harga lebih murah Jambi ke Jakarta, beliau pilih yang ini. 

Nah, luar biasanya efek dari suatu penundaan. Memang harga dapat lebih murah, namun membawa kerepotan tersendiri, serta jadwal menjadi berantakan.

Hidup semuanya harus terencana, setiap pekerjaan yang telah di jadwalkan, laksanakanlah secara langsung dan tanpa penundaan, dengan menunda, pekerjaan berikutnya pasti banyak terbengkalai. Mungkin ada cerita dari teman yang pernah menunda pekerjaan?

Tidak ada komentar:

Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)

Diberdayakan oleh Blogger.