Kuasai Segalanya, Sebelum Jualan...

Menjadi seorang sales adalah profesi yang menyenangkan bagiku. Apalagi bidang usaha yang kita tawarkan kepada konsumen merupakan sesuatu hal yang baru. Inilah pertama kali bagiku berkecimpung di dunia usaha ini. Mungkin, ketika tidak ada penawaran atau bertemu dengan yang merekrut tentunya aku tidak akan pernah mengetahui betapa besarnya potensi penghasilan di usaha ini. Usaha apakah itu?, tentunya pembaca bisa melihat dari tulisan-tulisan sebelumnya yang sudah saya posting pada blog ini.

Sesuatu hal yang semestinya ku lakukan, sebelum mendatangi klien untuk penawaran awal adalah mempelajari sistem secara full. Rasanya telah banyak yang ku ketahui dari informasi kepala cabang. Namun, dari bagian IT aku terlena. Banyak informasi berharga yang tidak ku ketahui dari sana. Ternyata, kelebihan yang paling berharga dan banyak dibutuhkan oleh klien adalah pada bagian IT ini. Padahal sudah ratusan surat penawaran ku antarkan ke berbagai perusahaan. 

Seandainya kelebihan pada bagian IT ini aku ketahui sejak awal, maka bentuk format penawaran yang ku buat, tentunya lebih dahsyat lagi dan pastinya akan mendatangkan klien lebih cepat. Ya, sebagai pendatang baru pada usaha ini, strategi banting harga merupakan sebuah hal yang lumrah. Sejatinya, hal tersebut tidak perlu ku lakukan, jika kelebihan-kelebihan perusahaan secara maksimal ku ketahui. 

Tidak bermaksud mengkambing hitamkan diri atau senior di kantor. Menjadi sebuah pelajaran berharga tersendiri. Seorang sales harus lebih cepat untuk mengetahui semua hal tersebut. Apalagi ini sebagai bagian pendukung untuk jualan.

Semakin banyak kita berinteraksi dari klien, semakin banyak masukan dan menjadikan kita lebih mengenal perusahaan dan produk yang kita jual. Asalkan kita dapat merekam masukan tersebut dan mempelajari lebih detail tentangnya. Yuk, lebih dekat lagi dengan bagian atau divisi lainnya. Lontarkan pertanyaan mengenai bagian tugasnya, siapa tahu ada yang menyangkut dengan kerjaan kita. #Semangatkerja..    

Tidak ada komentar:

Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)

Diberdayakan oleh Blogger.