Ada Apa Dengan Buku Tamu Toko ?


Apakah yang dimaksud buku tamu yang diisi saat kita datang sebagai tamu disebuah kondangan?

Kalau yang ini mungkin fungsinya untuk mencek berapa orang yang datang, dan mungkin juga siapa yang ngasih amplop atau tidak..hehehe..belum pengalaman juga sih..

Buku tamu (guest book) yang terpasang di web atau blog ?

Buku tamu bagi pengunjung web atau blog, untuk meninggalkan pesan kepada pemilik web atau blog, sedangkan bagi pemilik web atau blog untuk mendapatkan umpan balik dari pengunjung setianya. 

Namun, kalau buku tamu untuk toko atau kantor?

Minggu ini, ada dua tempat yang menggunakan buku tamu di toko atau di kantor yang pernah saya jumpai. Satu kantor pusat dari AET tour travel dan satu kantor cabang samsung di Padang.

Bagi AET Tour & Travel, buku tamu tidak hanya sekedar untuk melihat tingkat kunjungan ke kantor, namun, lebih dari itu. Sarana buku tamu yang disediakan jika dimanfaatkan secara optimal, bisa menjadi sumber tambahan data base yang luar biasa dan tidak hanya sekedar administrasi kantor. 

AET Tour & Travel merupakan usaha yang menyediakan jasa penjualan tiket pesawat, umroh dan perjalanan. Jika ada pengunjung ke kantor tersebut, biasanya resepsionis memesankan untuk mengisi buku tamu pada pengunjung. Dalam buku tamu tersebut, terdapat nama, nomor hp pengunjung, dari instansi apa dan keperluan apa. Nah, dengan memberikan arahan kepada tamu untuk senantiasa mengisi buku tamu, ini bisa menjadi data tersendiri untuk sumber penjualan AET selanjutnya. Data tersebut, bisa dimanfaatkan AET untuk mengirim informasi terkait penjualan produk AET apa pun. Melakukan follow up pun secara langsung akan lebih baik lagi. 

Satu lagi, kantor Samsung Cabang Padang. Ketika penulis kesana untuk menemui pimpinan cabang, security meminta kita untuk menunggu konfirmasi dari pimpinan cabang atau yang kita temui di sana apa bersedia ditemui atau lain kali. Sembari menunggu, kita diminta untuk mengisi buku tamu yang tersedia. Satu hal yang berbeda dari AET Tour & Travel. Kantor Samsung ini mungkin untuk administrasi saja (lantai 2), yang di lantai satu baru pelayanan terhadap kerusakan handphone merek Samsung. Pemanfaatan buku tamu, hanya sekedar catatan administrasi kantor saja. Setidaknya, saya bisa melakukan Spamming di buku tamu tersebut..hehe..Riky Perdana dari Prudential datang menemui pimpinan cabang, jadi yang akan berkunjung setelahnya pun mungkin akan mengira pimpinan cabangnya udah diprospek orang prudential..yang lain gak usah masuk lagi..hehe.


Tidak ada komentar:

Mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar untuk tulisan ini..
(maaf untuk tidak menyertakan link aktif dan spam)

Diberdayakan oleh Blogger.